Mengenali Gejala serta Cara Menghindari Serangan Jantung

Discussion in 'Health & Medical' started by Jamal Fathul, Mar 7, 2016.

  1. Jamal Fathul

    Jamal Fathul Member

    Joined:
    Mar 23, 2015
    Messages:
    64
    Likes Received:
    13
    Trophy Points:
    8
    Serangan jantung atau infark miokardial adalah suatu keadaan dimana aliran darah ke jantung terhenti. Kondisi ini dapat mengakibatkan kematian karena bagian otot jantung mengalami kerusakan atau bahkan matinya sel- sel pada jantung. Serangan jantung kebanyakan disebabkan oleh penyumbatan pembuluh darah oleh flak yang terbentuk karena kolesterol atau zat kimia yang berasal dari asap rokok. Penyumbatan pembuluh darah ini menyebabkan aliran darah dari pembuluh darah menuju ke jantung tidak terhenti. Serangan jantung datang secara mendadak pada siapa saja. Gejala serangan jantung pada setiap orang seringkali berbeda – beda. Bahkan kadang tidak terdeteksi, ada orang yang hanya merasa tubuhnya tidak nyaman, merasa lelah, merasa mual bahkan sebagian orang mengira asam lambungnya naik. Selain gejala – gejala tersebut, masih ada beberapa gejala yang bisa dikenali ketika seseorang mengalami serangan jantung. Hal yang paling sering dialami adalah rasa sakit pada dada serta sesak nafas yang begitu berat sehingga terasa seperti terjepit. Ada juga yang merasakan panas di dada hingga menjalar ke seluruh tubuh.
    [​IMG]

    Ketika seseorang mengalami serangan jantung, tindakan yang paling tepat adalah segera membawanya ke rumah sakit. Satu jam pertama setelah mendapatkan serangan jantung, sangat menentukan keselamatan pasien. Jika pasien berhasil melalui satu jam pertamanya, maka kemungkinan bertahan hidup menjadi lebih besar. Keterlambatan dalam memberikan pertolongan pertama akan berakibat fatal pada pasien bahkan menyebabkan kematian.

    Ada bebarapa hal yang dapat kita lakukan agar terhindar dari serangan jantung yang mematikan. Biasakanlah menjalankan pola hidup sehat. Istirahat seta olah raga yang cukup dapat menjaga kondisi tubuh. makanlah makanan yang banyak mengandung omega 3 dan antioksidan yang tinggi. Makanan yang mengandung antioksidan dapat mencegah bahaya radikal bebas pada tubuh. hindari makanan yang banyak mengandung lemak jenuh yang dapat memacu naiknya kolesterol dalam darah. Selain itu, hindarilah rokok dan minuman yang mengandung alkohol. Rokok mengandung banyak zat berbahaya bagi tubuh. hal yang paling penting adalah selalu berfikiran positif, jangan stres, karena stres dapat memicu ketidakstabilan pada gerak jantung. Menjalankan pola hidup sederhana serta selalu berfikiran positif dapat membantu anda menjadi lebih stabil.
     
  2. MaxiHendra90

    MaxiHendra90 Member

    Joined:
    Jan 23, 2016
    Messages:
    197
    Likes Received:
    19
    Trophy Points:
    18
    bener gan, emang sekarang belum kerasa, tapi tetap harus hati-hati
     
  3. ZHAFRAN

    ZHAFRAN Member

    Joined:
    Mar 6, 2016
    Messages:
    57
    Likes Received:
    7
    Trophy Points:
    8
    emang bener zaman sekarang penyakit jantung juga gak kenal umur bisa tua bisa muda, saya pernah baca artikel kalau kita tiduur ngorok itu tanda-tanda kena penyakit jantung juga bener enggak ya... ????
     
  4. aldy

    aldy Member

    Joined:
    Mar 7, 2016
    Messages:
    130
    Likes Received:
    4
    Trophy Points:
    18
    terlalu kaget pada sesuatu, katanya bisa memicu serangan jantung kakak, apakah benar ?
     
  5. Tantowi

    Tantowi Active Member

    Joined:
    May 9, 2015
    Messages:
    636
    Likes Received:
    24
    Trophy Points:
    48
    Waduh gan menakitkan sekali, harus cepet ditangani yaa,,, kalo engga wah bisa lewat nyawanya
     
Loading...

Share This Page