Mengenali Penyebab dan Cara Mencegah Penyakit Hepatitis A

Discussion in 'Health & Medical' started by Faniditya Ramadhan, Jul 10, 2019.

  1. Faniditya Ramadhan

    Faniditya Ramadhan New Member

    Joined:
    May 29, 2019
    Messages:
    42
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    6
    [​IMG]

    Jika Anda merasa kehilangan selera makan dan mengalami diare bisa jadi Anda terkena penyakit Hepatitis A. Apa sebenarnya penyakit Hepatitis A tersebut? Penyakit Hepatitis A merupakan suatu penyakit yang ditandai dengan peradangan organ hati dan disebabkan oleh infeksi virus Hepatitis A. Virus ini tersebar melalui melalui makanan atau minuman yang kotor.

    Penyebaran virus Hepatitis A biasanya terjadi dalam lingkup keluarga. Memakan makanan yang kotor atau memakan makanan dengan tangan yang masih kotor menyebabkan virus ini mudah masuk. Mengutip dari healthline, seseorang yang tinggal di daerah yang memiliki sanitasi buruk atau sering melakukan kebiasaan yang jorok akan berisiko lebih tinggi terkena hepatitis A.

    Gejala Penyakit Hepatitis A

    Gejala penyakit Hepatitis A biasanya terjadi setelah beberapa minggu si penderita terkena infeksi penyakit tersebut. Gejala yang paling umum dan mudah terlihat dari penderita hepatitis A adalah perubahan warna mata dan kulit yang menjadi kuning.

    Selain itu, terdapat beberapa gejala dari penyakit ini diantaranya yakni demam, tidak nafsu makan, gangguan saluran pencernaan, gangguan perut, warna urine yang berubah menjadi lebih gelap, hingga badan terasa lemah dan lesu.

    Pencegahan Penyakit Hepatitis A

    Selalu menjaga kebersihan adalah kunci utama untuk mencegah penyakit hepatitis A. Dengan menerapkan kebiasaan gaya hidup yang bersih akan membuat diri Anda terhindar dari serangan virus penyakit tersebut.

    Biasakan untuk melakukan cuci tangan dengan sabun dan air setelah menggunakan kamar mandi, sebelum dan sesudah memegang makanan, hingga setelah mengganti popok buah hati Anda.

    Selain itu Anda juga harus menjamin asupan kalori dan nutrisi pada tubuh. Cobalah untuk selalu memilih makanan dan minuman yang mengandung banyak vitamin, seperti sayuran, buah-buah, dan jus segar. Hindari mengonsumsi minuman mengandung alkohol karena itu akan membebani proses kerja hati.

    Pengobatan Penyakit Hepatitis A

    Bagi Anda yang terlanjur terserang penyakit Hepatitis A sebenarnya akan sembuh dengan sendirinya karena sistem kekebalan tubuh penderita dapat membasmi virus tersebut. Pengobatan yang diberikan oleh dokter biasanya hanya untuk meringankan gejala-gejala yang dialami penderitanya hingga tubuh dalam keadaan sehat kembali.

    Penting bagi setiap penderita penyakit Hepatitis A untuk selalu menjaga kebersihan untuk mencegah penularan ke orang lain, mengingat penyakit ini sangat mudah untuk menular. Hindari juga melakukan kebiasaan berbagi handuk dengan orang lain, tidak mencampur cucian pakaian dengan milik orang lain, dan tidak berbagai sikat gigi serta alat makan dengan orang lain.

    Demikianlah beberapa hal yang bisa Anda ketahui mengenai penyakit Hepatitis A dan bagaimana cara pengobatan dan pencegahannya. Jangan lupa juga untuk periksakan diri Anda ke dokter secara teratur untuk memantau perkembangan kondisi kesehatan bila Anda terlanjur mengidap penyakit tersebut.

    Kebanyakan pengidap penyakit hepatitis A akan sembuh dalam kurun waktu dua hingga enam bulan tanpa menimbulkan masalah kesehatan yang serius. So, selalu jaga kebersihan dan membiasakan gaya hidup bersih agar terhindar dari penyakit tersebut.
     
Loading...

Share This Page