Mengetahui Dampak Dari Korosi

Discussion in 'General Discussion' started by Linda Nur Wakidah, Feb 27, 2019.

  1. Linda Nur Wakidah

    Linda Nur Wakidah Member

    Joined:
    Aug 29, 2017
    Messages:
    140
    Likes Received:
    17
    Trophy Points:
    18
    Mengetahui Dampak Dari Korosi - Korosi merupakan hal alami yang terjadi pada besi maupun logam lainnya, hal ini disebabkan karena reaksi kimia yang disebabkan interaksi antara besi dengan air atau oksigen.

    [​IMG]

    Dengan adanya korosi ini pasti akan merugikan sebab besi bakal menjadi rapuh dan kehilangan massa / beratnya, karenanya urusan ini bakal dihindari atau minimal diperlambat selambat mungkin. Secara umum korosibakal menimbulkan akibat buruk laksana :
    • Adanya kerugian teknis dan depresiasi
    • Efisiensi yang akan menurun
    • Apabila besi yang dipakai dalam konstruksi berkarat maka akanmeminimalisir kekuatan konstruksi bangunan
    • Appearance yang buruk
    • Karat merupakan polusi dan akan menambah biaya maintenance
    Karena banyaknya kerugian yang disebabkan dari korosi ini maka dalam bidang industri, korosi akan menjadi perhatian khusus. Laju korosi bakal sangat dianggarkan dan dicermati menggunakan perangkat yang dinamakan thickness meter / alat ukur ketebalan khusus guna mengukur ketebalan korosi pada besi.

    Apabila kerugian korosi dilihat dari segi kerugiannya maka korosi akan menimbulkan kerugian dari segi biaya yang sangat tinggi atau mahal, kerugian dari segi pemborosan sumber daya mineral yang sangat tinggi dan kerugian dari sisi keselamatan jiwa manusia pun sangat membahayakan,guna lebih detailnya berikut ialah dampak dari korosi :

    1. Kerugian Ekonomi Akibat Korosi

    Pada umumnya biaya pengendalian korosi di Indonesia berkisar antara 2 - 3,5% dari GNP (Growth National Produk) berdasarkan sumber dari biro Klasifikasi Indonesia pada tahun 1997. Yang dimaksud biaya pengendalian korosi disini adalah semua biaya yang timbul untuk menanggulangi korosi mulai dari desain sampai dengan proses pemeliharaan dan berbagai perawatannya.

    2. Pemborosan Sumber Daya Alam

    Proses korosi juga dapat diartikan sebagai proses kembalinya logam teknis ke bentuk asalnya di alam yaitu senyawa - senyawa mineral yang abadi di perut bumi. Pada lazimnya senyawa - senyawa mineral logam itu adalahikatan kimia antara bagian logam dengan bagian logam atau bagian logam denganbagian halogen laksana halnya oksigen dan belerang.

    Apabila seluruh struktur bangunan yang terdapat di dunia merasakan korosi maka akan menyebabkan sumber daya mineral yang semula berbentuk logam teknis sudah pulang menjadi produk korosi yang tersebar. Hal ini akan mengakibatkan logam atau besi tidak bisa didaur ulang guna dijadikan logam teknis kembali.

    3. Korosi Dapat Membahayakan Jiwa Manusia

    Kegagalan konstruksi bangunan yang disebabkan karena korosi tentu dapat menimbulkan bahaya bahkan dapat memakan korban jiwa. Dalam dunia pelayaran, kapal yang tenggelam sebab korosi memakan tidak sedikit korban jiwa.

    4. Estetika Menurun

    Proses korosi bakal adalahlapisan eksternal material besi atau yangtercipta dari besi sampai-sampai hal ini bakal menurunkan estetikanya.
     
  2. aerivodevan

    aerivodevan Member

    Joined:
    Aug 27, 2018
    Messages:
    42
    Likes Received:
    2
    Trophy Points:
    8
  3. Linda Nur Wakidah

    Linda Nur Wakidah Member

    Joined:
    Aug 29, 2017
    Messages:
    140
    Likes Received:
    17
    Trophy Points:
    18
    bisa kak kalo kelamaan gk ada yg ngurus :p
     
Loading...

Share This Page