Mengetahui Gejala Kanker Usus dan Makanan yang Bisa Mencegahnya

Discussion in 'Health & Medical' started by Josua Rifandy Siahaan, Oct 4, 2019.

  1. Josua Rifandy Siahaan

    Josua Rifandy Siahaan New Member

    Joined:
    Jul 12, 2015
    Messages:
    21
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    6
    • [​IMG]
    Gejala kanker usus biasanya ditandai dengan beberapa gejala yang terkadang tidak kita sadari. Kanker usus pada umumnya menyerang bagian usus besar. Meski penyakit kanker tidak hanya menyerang usus besar namun, penyakit kanker dinyatakan sebagai salah satu penyakit yang membahayakan bahkan dapat mengakibatkan kematian. Penyakit kanker usus disebabkan karena adanya pertumbuhan neoplasma atau sel abnormal yang tidak diperlukan oleh tubuh. Jika terjadi terus menerus hal ini, akan menimbulkan efek yang tidak baik dibagian pencernaan. Kanker usus juga dapat disebabkan karena pengaruh pola hidup yang tidak sehat dan kebiasaan mengkonsumsi makanan instan. Makanan siap saji sekarang mudah dijumpai dimana saja. Makanan ini tergolong sebagai makanan yang tidak sehat karena memiliki kandungan bahan pengawet dan pewarna.

    Gejala kanker usus yang umum dialami yaitu terjadi pada saat buang air besar (BAB) akan disertai pendarahan. Kanker usus besar merupakan tumor ganas yang terjadi dibagian usus besar. Penyakit kanker usus biasanya diawali dari timbulnya tumor jinak yang disertai dengan polip. Ada juga banyak hal yang dapat meningkatkan resiko terkena penyakit kanker usus besar. Jarang berolahraga, merokok, dan tidak suka mengkonsumsi makanan kaya serat dapat meningkatkan terjadinya penyakit ini. Kanker usus pada awalnya memang sering diabaikan jika belum dinyatakan parah. Padahal jika penyakit ini tidak didiagnosa sejak awal akan berakibat kanker tersebar ke jaringan seluruh tubuh. Pentingnya mengetahui kanker usur sejak dini agar anda dapat mengobati dan memberikan penanganan yang efektif.

    Gejala Kanker Usus Besar

    Pada umumnya gejala kanker usus besar dapat diketahui dengan beberapa kondisi yang akan dirasakan oleh penderita. Yaitu:

    * Terjadinya perubahan tekstur serta kepadatan fases yang dialami selama beberapa minggu. Hal ini bisa ditandai dengan penyebab sembelit atau diare.
    * Anus berdarah
    * Buang air besar berdarah
    * Anda mengalami perasaan akan buang air besar namun tidak mendapatkan kelegaan setelahnya.
    * Menurunnya berat badan secara terus menerus tanpa ada sebab yang jelas.
    * Perut terasa kram, nyeri terus menerus, dan kembung.
    * Tubuh terasa tidak semangat dan mudah merasa lelah.

    Kanker usus besar juga dapat diketahui dengan terjadinya pendarahan yang berangsur-angsur sehingga menimbulkan menurunnya sel darah merah atau anemia. Gejala penyakit ini juga akan terlihat jelas jika anda melakukan tes darah, sehingga terlihat jumlah sel darah merah anda rendah. Namun, menurunya sel darah merah juga dapat disebabkan karena infeksi, sindrom iritasi usus, wasir, atau penyakit radang usus.

    Bagi anda yang telah mengalami beberapa gejala seperti yang ada pada uraian diatas sebaiknya anda segera pergi ke dokter. Jika kanker usus yang anda derita dapat didiagnosa lebih awal akan memberikan kemudahan untuk mengobati dan mencegah timbulnya penyakit ini. Pengobatan sejak awal juga memberikan peluang anda untuk sembuh.

    Makanan Pencegah Gejala Kanker Usus

    Bagaimana cara merawat tubuh agar tidak terjadi Kanker Usus? Beberapa makanan dipercaya dapat mengatasi terjadinya penyakit kanker usus. Makanan yang dapat anda konsumsi agar tidak menderita penyakit kanker usus diantaranya:

    1. Susu

    Susu dapat menjaga kesehatan tulang dan dapat juga mencegah terjadinya kanker usus. Banyak penelitian yang dilakukan memiliki hasil bahwa mengkonsumsi satu gelas susu setiap hari bisa menurunkan resiko terserang penyakit kanker usus. Pilihlah susu rendah lemak yang dapat anda konsumsi setiap hari agar tubuh anda tetap sehat. Susu rendah lemak akan memberikan manfaat untuk kesehatan usus serta anda tidak perlu khawatir akan mengalami perubahan berat badan.

    2. Sayuran

    Mengkonsumsi sayuran memang baik untuk tubuh anda, apalagi untuk pencernaan. Sayuran seperti kembang kol, brokoli, kangkung, kobis, dan lobak adalah beberapa jenis sayuran yang dapat mencegah terjadinya kanker usus pada tubuh anda. Sebagian besar orang yang mengkonsumsi sayuran setiap hari sangat kecil resikonya terserang penyakit. Beberapa sayuran yang dipercaya dapat mengurangi resiko terserang penyakit kanker usus dikarenakan sayuran ini banyak mengandung banyak senyawa. Senyawa yang terkandung dalam makanan ini dapat menjinakkan zat penyebab kanker sebelum mengakibatkan kerusakan sel DNA.

    3. Kunyit

    Curcumin atau yang biasa disebut dengan pigmen kuning alami dalam kunyit dapat dipercaya sebagai obat kanker usus yang terbukti ampuh kasiatnya. Curcumin ini memiliki sifat anti-inflamasi yang berfungsi meredakan peradangan yang berkonstribusi terhadap pertumbuhan tumor. Kunyit bisa juga mengeluarkan karsinogen dalam tubuh sebelum sel DNA rusak. Kerusakan yang timbul akibat penyakit ini dapat diperbaiki oleh kunyit. Banyak ahli penelitian mengatakan bahwa bumbu rempah-rempah yang biasa digunakan untuk memasak dapat membantu menghentikan pertumbuhan dan penyebaran sel kanker dalam tubuh.

    4. Bawang Merah dan Bawang Putih

    Bumbu dapur bawang merah dan bawang putih memiliki kandungan sulfida yang mampu membersihkan karsinogen serta dapat mencegah perkembangan sel-sel kanker karena sifat antioksidannya. Bagi anda yang mengkonsumsi 1-2 siung bawang putih per minggu dapat mengurangi resiko 32 persen terkena penyakit kanker usus. Namun, mengkonsumsi bawang putih harus sewajarnya saja jangan sampai berlebihan. Penambahan bawang merah dan bawang putih saat anda memasak juga dapat bermanfaat pada kesehatan usus anda.

    Sesuai beberapa penjelasan diatas baik itu tentang gejala maupun makanan yang dapat mencegah terjadinya kaker usus, dapat anda jadikan referensi yang bagus. Mengetahui gejala lebih awal dapat membantu anda dalam memberikan penanganan yang tepat. Jangan biarkan penyakit mematikan ini menyerang tubuh anda. Ketahui gejalanya dan apa yang harus dikonsumsi agar terhindar dari penyakit kanker usus. Meski gejala kanker usus tidak timbul dengan mudah kita kenali, namun mewaspadainya akan memudahkan kita untuk memberikan pengobatan secara maksimal.
     
  2. Remmy

    Remmy Member

    Joined:
    Dec 5, 2017
    Messages:
    485
    Likes Received:
    26
    Trophy Points:
    28
    alm nenek ane dulu meninggal karena kanker usus, sayang dulu masih terbatas informasi soal kanker usus ini, jadi gak bisa dicegah
     
  3. Aditya WP

    Aditya WP Member

    Joined:
    May 29, 2015
    Messages:
    418
    Likes Received:
    47
    Trophy Points:
    28
    Google+:
    Ngeri juga ya ternyata kanker usus ini
     
Loading...

Share This Page