Mengetahui Tentang Pengertian dan Manfaat Genset

Discussion in 'General Discussion' started by rosyid, Apr 14, 2016.

  1. rosyid

    rosyid New Member

    Joined:
    Mar 9, 2016
    Messages:
    4
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    Mungkin ada beberapa dari kalian yang tidak mengetahui atau mungkin baru mendengar kata genset, sebenarnya apa itu genset? Genset merupakan kepanjangan dari generator set. Yang apa bilsa kita artikan secara harfiah memiliki arti pembangkit listrik satu set.

    Jika kita membuka Wikipedia Indonesia, genset merupakan sebuah alat ayng mampu memproduksi energy listrik dari sumber energy mekanik, yang cara kerjanya biasanya menggunakan elektromagnetik. Terdapat imbuhan kata ‘Set’ itu karena genset sendiri merupakan perpaduan dari dua jenis perangkat yang berbeda, yaitu mesin dan juga generator. Generator diputar oleh mesin sehingga bias menghasilkan induksi elektromagnetik yang di hasilkan dari perangkat generatornya.

    Jika di dalam ilmu fisika bias di jelaskan bahwa mesin genset memutar rotor pada generator sehingga timbul medan magnet pada kumparan yang ada dalam generator tersebut, kemudia medan magnet yang timbul pada stator akan behubungan dengan rotor sehingga menimbulkan arus listrik.

    Manfaat serta Kegunaan Genset

    Dengan semakin majunya perkembangan zaman seperti sekarang ini, maka kebutuhan akan adanya listrik merupakan sesuatu yang tidak bias kita hindari, terlebih lagi setelah adanya kebijakan dari pemerintah tentang adanya pemadaman listrik secara bergilir. Maka masyarakatpun mulai memikirkan seumberdaya listrik yang lains ebagai pasokan energy cadangan ketika listrik sedang padam.

    Dikalangan para pengusaha dan juka pabrik pabrik bahkan rumah sakit sekali pun, mereka sangat membenci dengan adanya pemadaman listrik, karena membuat waktu mereka terbuang tanpa produktifitas, bahkan jika rumah sakit terkena pemadaman, hal itu akan sangat fatal karena dapat menyangkut keselamatan nyawa seseorang.

    Karena itu alternative energy listrik cadangan sangat di butuhkan untuk mensuplay listrik di saat pemadaman listrik terjadi. Di antara beberapa alternative mesin pemasok listrik yang ada, mesin genset menjadi pilihan yang paling ideal. Selain karena bias merubah solar/ bensin menjadi listrik, genset masa kini juga bisa secara automatis memasok listrik setelah beberapa detik setelah listrik padam, dan juga akan mati dengan sendirinya ketika listrik sudah menyala kembali.

    Genset akan terasa sekali manfaatnya ketika pemadaman sedang terjadi, tapi selain itu banyak juga yang menggunakan genset untuk di gunakan sebagai suplai listrik di daerah terpencil yang memang belum terjangkau oleh PLN, selain itu genset juga sering kali di pakai di acara hajatan, dan juga banyak sekali pedagang kelas UKM yang berada di pinggir jalan menggunakan genset.

    Genset juga terdiri dari berbagai kapasitas tegangan wattnya, tentu saja harganya juga tergantung dari kapasitas watt genset terbseut. Untuk skala rumahan atau pedagang mungkin bisa menggunakan genset yang kecil yang hanya berkisar antara 10.000 watt, untuk skala perusahaan ataupun industry tentu saja ada juga genset yang bisa mensuplai kebutuhan listrik mereka.
     
  2. Mr Belze

    Mr Belze Member

    Joined:
    Mar 1, 2016
    Messages:
    190
    Likes Received:
    13
    Trophy Points:
    18
    kalo genset standar harganya berapaan ndan?
     
  3. rafa04

    rafa04 New Member

    Joined:
    Jul 17, 2014
    Messages:
    20
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    Coba bantu jawab walaupun kurang tau pasti hehehe, untuk harga standar itu bermacam-macam tergantung merk dan jenisnya juga. Ukuran standar untuk rumahan sama perusahaan pasti beda, jadi tergantung dari konteks mana dulu genset yang ditanya. Memang saat ini orang hanya tahu atau bisa dibilang sebatas mengenal genset tapi kurang paham manfaat dan cara pengoperasian yang baik dan benar.
     
  4. mydewaz

    mydewaz Member

    Joined:
    Apr 21, 2016
    Messages:
    49
    Likes Received:
    2
    Trophy Points:
    8
    harga genset biasaya tergantung pada kva, silent-non silent, jenis penggerak dan dinamonya.
    Namun untuk rumahan, genset jenis 1 kva dengan motor bensin lebih dari cukup, harganya sekitar 1.5jt-an, tergantung merk.
     
Loading...

Share This Page