Mengidentifikasi Bagian Atap Sebagai Style Rumah

Discussion in 'General Lifestyle' started by Ahwas, Jan 11, 2019.

  1. Ahwas

    Ahwas New Member

    Joined:
    Nov 16, 2017
    Messages:
    27
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    6
    [​IMG]

    Atap rumah adalah bagian dari bangunan, khususnya rumah. Ini adalah penutup di bagian paling atas dari bangunan atau tempat berlindung dari binatang dan cuaca, terutama hujan, panas, angin, dan sinar matahari.

    Meskipun atap merupakan bagian rumah yang sudah sering kita temukan, namun masih banyak dari kita yang belum mengetahui bagaimana sebenarnya bentuk dan bagian atap rumah itu. Untuk membantu Anda memahami bagian-bagian hingga fungsi dari atap rumah, berikut ini Kami berikan penjelasannya.

    1. Decking (atau pelapisan)

    Decking biasanya terbuat dari kayu lapis 1⁄2 inci, decking menutup dan memperkuat struktur atap, serta menyediakan nailbed untuk shingles.

    2. Tepi atap (Roof edge)

    Tepi atap adalah semua papan yang diletakkan di sepanjang tepi atap. Biasanya juga dikenal sebagai fasia.

    3. Loteng (Attic)


    Loteng adalah ruang di bawah atap. Loteng harus berventilasi untuk melindungi sistem atap terhadap panas yang berlebihan di musim panas dan udara lembab hangat yang dihasilkan dari dalam rumah di musim dingin. Namun, kelembaban ini perlu diperhatikan, karena jika berlebih dapat bersentuhan dengan permukaan dingin di bawah atap dan berubah menjadi embun beku.

    4. Pelana (Saddle)

    Pelana adalah struktur atap yang terletak di belakang sisi yang lebih tinggi dari cerobong (atau proyeksi serupa dari atap) untuk mengalihkan air hujan di sekitarnya.

    5. Punggung bukit (Ridge)

    Ridge adalah garis horizontal di atas atap.

    6. Lembah (Valley)

    Lembah atau valley ini adalah sudut “berbentuk V” yang berada di sepanjang persimpangan dua lereng atap. Untuk memastikan lembah ini kedap air, ia ditutupi oleh flashing, terbuat dari bahan yang fleksibel atau dari logam — atau, lebih baik lagi, kombinasi keduanya.

    7. Lapisan membran (Underlay membrane)

    Lapisan membran ini adalah lapisan yang terbuat dari kain yang disaturasi dengan aspal atau kain sintetis. Lapisan ini berfungsi untuk melindungi shingles dari resin yang dilepaskan oleh decking kayu dan melindungi decking itu sendiri dari cuaca buruk.

    Untuk mengetahui kelebihan menggunakan atap rumah UPVC dari Shunda Roofing terutama plafon pvc minimalis, Anda bisa mendapatkannya di website official Shunda Plafon.
     

    Attached Files:

  2. blackking

    blackking Member

    Joined:
    Sep 1, 2016
    Messages:
    875
    Likes Received:
    58
    Trophy Points:
    28
    Semua istilahnya masih terdengar baru di telinga ane
    yang paling umum atap rumah menggunakan genteng
     
  3. abarua46

    abarua46 New Member

    Joined:
    Feb 6, 2015
    Messages:
    52
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    6
    ada bagian atap untuk bagian outdoornya juga misalnya atap kanopi yang biasanya terbuat dari bahan UPVC. Atap kanopi juga sering digunakan buat rumah terutama buat dibagian outdoornya seperti untuk bagian penutup halaman rumah atau garasi.
     
Loading...

Share This Page