Menilik Bisnis Franchise Makanan

Discussion in 'Usaha Kecil Menengah' started by Maulidina Ramadhani, Nov 29, 2017.

  1. Maulidina Ramadhani

    Maulidina Ramadhani Member

    Joined:
    Nov 17, 2017
    Messages:
    41
    Likes Received:
    3
    Trophy Points:
    8
    Apa itu franchise? Menurut kompasiana.com, franchise merupakan suatu sistem untuk memperjualbelikan suatu produk atau barang tertentu. Bisa disebut juga waralaba dalam Bahasa Indonesia. Bisnis dengan sistem franchise ini adalah salah satu bisnis yang kini tengah tren di Indonesia saat ini.

    Salah satu franchise yang tengah naik daun saat ini adalah bisnis franchise makanan. Dari makanan ringan sampai yang berat. Uniknya, franchise ini tidak membutuhkan waktu lama untuk membuatnya. Ini karena franchiser atau penyedia franchise telah menyediakan semua peralatan sampai bahan lengkap untuk Anda.

    Franchise Makanan Ringan
    Selain mudah, franchise makanan ringan memiliki banyak keuntungan lho. Sebagai contoh franchise makanana Jepang, Daddys Takoyaki. Takoyaki adalah makanan ringan asal Jepang dengan isi gurita atau ikan yang dibubuhi saus khusus. Dengan suguhan makanan bulat-bulat ini, Anda bisa memasarkannya ke berbagai kalangan dari anak-anak sampai dewasa.

    Franchise Makanan Berat
    Pernah mencoba makan steak? Biasanya steak dihargai dengan harga yang cukup tinggi karena pembelian harga daging yang cukup tinggi di Indonesia kini. Apakah Anda bisa memperjualkannya? Tentunya bisa. Salah satunya dengan franchise Kampung Steak and Blend. Dengan ini, Anda bisa membuka usaha makanan steak dengan harga yang lebih murah dari steak biasanya.

    Nah, masih bingung mau buka franchise apa? Ada banyak kok franchise-franchise yang ingin membuka kerjasama dengan Anda. Yang Anda perlukan hanya modal dan niat. Yuk, usaha bareng-bareng!

    Sumber
     
  2. Nabila

    Nabila Member

    Joined:
    Aug 6, 2016
    Messages:
    472
    Likes Received:
    31
    Trophy Points:
    28
    Kalo modalnya gimana tuh?
     
  3. Maulidina Ramadhani

    Maulidina Ramadhani Member

    Joined:
    Nov 17, 2017
    Messages:
    41
    Likes Received:
    3
    Trophy Points:
    8
    Untuk usaha franchise, modalnya dari agan sendiri :)
    Jika kesulitan modal, mungkin agan bisa menggunakan Kredit Usaha Rakyat, Kredit Multiguna atau kredit lainnya yang bertujuan memberikan modal kepada UMKMK tentunya dengan syarat tertentu. Semoga balasan ini membantu agan ya :)
     
  4. Nabila

    Nabila Member

    Joined:
    Aug 6, 2016
    Messages:
    472
    Likes Received:
    31
    Trophy Points:
    28
    Oke thank u ya, bisa jadi pertimbangan buat berbisnis juga :)
     
    Maulidina Ramadhani likes this.
  5. tajba

    tajba New Member

    Joined:
    Sep 10, 2017
    Messages:
    19
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    1
    Modalnya kira-kira berapa ya ?
     
  6. Maulidina Ramadhani

    Maulidina Ramadhani Member

    Joined:
    Nov 17, 2017
    Messages:
    41
    Likes Received:
    3
    Trophy Points:
    8
    Untuk modal, tergantung agan ingin memilih usaha yang mana ;) Tapi kalau bisa diperkirakan, usaha franchise itu bermodalkan dari 5 juta sampai 15 juta-an, tergantung menu dan besar franchise-nya gan. Semoga jawaban ini membantu ya :)
     
  7. siti ilha

    siti ilha New Member

    Joined:
    Dec 24, 2017
    Messages:
    10
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    klo Franchise itu kita jual produk dengan merk dagang perusahaan lain ya gan :)
     
  8. Abi Fadli

    Abi Fadli New Member

    Joined:
    Jan 9, 2018
    Messages:
    11
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    3
    kalo mau beli franchise jangan sembarangan beli kita harus selektif dalam memilih franchisornya
     
  9. Samuel Samuel93

    Samuel Samuel93 Member

    Joined:
    Oct 30, 2017
    Messages:
    488
    Likes Received:
    6
    Trophy Points:
    18
    bisnis franchise sebenarnya harus perhatikan tingkat trend produk tersebut. Kebanyakan franchise itu trend, kalau udah hilang trendnya maka mati usahanya
     
  10. Rswd

    Rswd Member

    Joined:
    Dec 11, 2017
    Messages:
    118
    Likes Received:
    4
    Trophy Points:
    18
    Yg makanan ringan itu modalnya berapa ya kira2?
     
  11. jonsemar

    jonsemar Member

    Joined:
    Jun 18, 2015
    Messages:
    42
    Likes Received:
    2
    Trophy Points:
    8
    Wah saya baru tau kalau kampung steak itu franchise juga, ya?
    Kalau franchise kampung steak gini, mau ga mau harus nyediain peralatan restorannya cukup banyak dari mulai nampan penyedia steak, display cooler untuk pendingin, terus tempat dkk
    Tapi biasanya sih laris kalau misalnya ditempatin di tempat yg strategis untuk franchise makanan berat kek gini*flying*
     
  12. lee bee doo

    lee bee doo New Member

    Joined:
    Feb 20, 2018
    Messages:
    43
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    6
    yap bener bgd kita harus menjaga trend makanan tersebut,klo gagal sekali aj udh gagal seterusnya
     
  13. Maulidina Ramadhani

    Maulidina Ramadhani Member

    Joined:
    Nov 17, 2017
    Messages:
    41
    Likes Received:
    3
    Trophy Points:
    8
    Yap, betul sekali. Waralaba sendiri mempunyai pengertian sebuah sistem kerjasama pada suatu usaha yang sudah terbukti memiliki profit.
     
  14. Maulidina Ramadhani

    Maulidina Ramadhani Member

    Joined:
    Nov 17, 2017
    Messages:
    41
    Likes Received:
    3
    Trophy Points:
    8
    Betul sekali gan. Maka dari itu, sebelum agan mau pilih franchise pastikan dulu telah membaca rincian usahanya dengan baik :)
     
Loading...

Share This Page