Menilik Usaha Keripik Jagung Tortilla Mudah dan Menguntungkan

Discussion in 'Usaha Kecil Menengah' started by akhdi, Mar 9, 2017.

  1. akhdi

    akhdi Member

    Joined:
    Feb 28, 2017
    Messages:
    36
    Likes Received:
    2
    Trophy Points:
    8
    Usaha Keripik Jagung Tortilla Mudah dan Menguntungkan

    Tidak jarang kita melihat makanan ringan ini di minimarket. Keripik ini dipajang sebagai snack ringan dagangan yang cepat laku. Keripik Jagung Tortilla sering dibandrol dengan harga tinggi meskip bahan bakunya dibeli dengan harga yang murah. Selain itu proses produksinyanyapun terbilang mudah.

    Kelebihan Usaha Keripik Jagung Tortila
    · Bahan bakunya mudah bahkan di Indonesia sendiri terbilang melimpah sehingga anda tidak perlu bingung mencari bahan baku.

    · Camilan yang satu ini termasuk camilan yang mengenyangkan dan juga menyehatkan jadi tidak heran jika memiliki banyak peminat.

    · Produk keripik jagung tortila sudah terkenal sehingga akan memudahkan anda saat proses pemasaran.

    · Dari segi produksi, produksi keripik jagung yang satu ini terbilang simpel dan mudah.

    Meskipun dengan menggunakan alat produksi yang canggih akan menghasilkan keripik jagung yang banyak dan simpel namun keripik yang satu ini juga bisa anda buat dengan menggunakan alat manual yang ada di dapur anda.

    [​IMG]
    Bahan untuk membuat keripik Jagung Tortila :

    · 1 Kg jagung

    · ½ Sendok makan kapur

    · 4 Siung bawang putih

    · ½ sendok makan merica bubuk

    · 1 sendok makan garam halus

    · 1Sendok makan gula halus

    · Penyedap Rasa

    · Minyak goreng secukupnya

    Cara Membuat keripik jagung tortila :
    1. Ambil jagung yang sudah terpisah antara bonggol dan biji jagung. Jika anda memproduksi jagung pipilan dalam jumlah besar bisa menggunakan mesin pemipil jagung.

    2. Setelah itu buatlah larutan air kapur dengan cara memasukan ½ sendok makan kapur ke dalam 1 liter air, berlaku kelipatannya.

    3. rendam biji jagung ke dalam larutan air kapur selama 24 jam.

    4. Setelah 24 jam angkat biji jagung, cuci hingga bersih dengan air bersih dan tiriskan hingga air berkurang.

    5. Kemudian rebus jagung hingga lunak di dalam panci.

    6. Setelah lunak angkat dan tiriskan lalu haluskan jagung dengan alat penggiling, namun jika anda tidak mempunyai alat penggiling anda bisa menggunakan alat manual yaitu dengan cara menumbuk.

    7. Lalu masukan semua bumbu ke dalam 1 wadah dan aduk rata lalu masukan atung yang telah halus dan aduk hingga bumbu tercampur sempurna.

    8. Kemudian bentuk adonan jagung menjadi lembaran tipis agar jagung terasa renyah dan potong sesuai selera.

    9. Jemur keripik jagung dibawah sinar matahari hingga kering namun jika tidak memungkinkan anda bisa menggunakan alat pengering seperti oven agar keripik lebih mudah kering tanpa bergantung dengan sinar matahari.

    10. Setelah kering, keripik jagung siap utuk dijual dalam kondisi mentah atau anda bisa menggorengnya dan menjualnya dalam kondisi matang.

    11. Setelah matang angkat dan tiriskan, gunakanlah alat peniris minyak agar keripik yang dihasilkan awet dan terbebas dari bau apek.


    Cara Mengemas Keripik Jagung Tortilla :

    · Buatlah kemasan yang bervariasi, mulai dari harga 500-an, kemasan 250 gram, kemasan 1 kg hingga kemasan 50 kg agar konsumen anda bisa memilih keripik jagung sesuai dengan kebutuhan dan budget yang mereka miliki.

    · Kemas keripik jagung dengan menggunakan plastik atau alumunium foil, pengemasan menggunakan plastik akan menghemat biaya produksi. Untuk pengepresan plastik bisa menggunakan alat pres plastik.

    Sedangkan menggunakan alumunium foil memang sedikit mahal namun dapat membuat keripik jagung anda lebih awet.

    · Pasang stiker merek agar keripik jagung produk anda mudah dikenali oleh konsumen.

    Proses Pemasaran

    · Untuk pemasan sendiri anda bisa memulainya dengan menjual keripik jagung pada teman atau orang terdekat.

    · Anda juga bisa menitipkannya ke warung kelontong sekitar atau menjajakannya melalui online seperti facebook atau instagram.

    Nah itu tadi Usaha keripik jagung tortilla yang menjanjikan yang bisa anda jadikan peluang usaha di tahun 2017 ini.

    Berwirausaha memang tidak mudah namun tidak ada salahnya untuk terus berjuang berdiri sendiri. Selamat Mencoba.
     
  2. NieeLz

    NieeLz Well-Known Member

    Joined:
    Aug 24, 2015
    Messages:
    1,775
    Likes Received:
    124
    Trophy Points:
    63
    Google+:
    lagi terkenal yang kaya gini :D entah banyak yg mulai jual keripik bentuk segitiga
     
  3. akhdi

    akhdi Member

    Joined:
    Feb 28, 2017
    Messages:
    36
    Likes Received:
    2
    Trophy Points:
    8
    betulll. makin kreatif :cool::cool::cool:
     
  4. Nabila

    Nabila Member

    Joined:
    Aug 6, 2016
    Messages:
    472
    Likes Received:
    31
    Trophy Points:
    28
    Kebetulan saya pecinta kripik jagung :D
     
  5. Rinda Septiani

    Rinda Septiani Member

    Joined:
    Apr 24, 2017
    Messages:
    834
    Likes Received:
    19
    Trophy Points:
    18
    Terimakasih tipsnya sangat bermanfaat :)
     
  6. OkaSaputra

    OkaSaputra Member

    Joined:
    Dec 2, 2017
    Messages:
    100
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    18
    Hmm rasanya manis, peluang bisnisnya juga manis juga yaa, bisa dibikin kerupuk segala itu jangung
     
  7. HermanFaiber

    HermanFaiber Member

    Joined:
    Sep 18, 2017
    Messages:
    73
    Likes Received:
    4
    Trophy Points:
    8
    makasih informasinya, kalau buat sendiri emang nanti hasilnya lebih banyak, lebih puas makannya ya


    Ini apa lagi? promo dalam komentar? tolong di tertibkaan admin,,,,
     
    KangAndre likes this.
  8. KangAndre

    KangAndre Member

    Joined:
    Jan 25, 2014
    Messages:
    9,916
    Likes Received:
    2,604
    Trophy Points:
    313
    Kerja sama member lain agar forum "bersih" memang dibutuhkan, cukup klik report... *bagus*
     
  9. Yeni Angraeni

    Yeni Angraeni Member

    Joined:
    Dec 10, 2017
    Messages:
    47
    Likes Received:
    2
    Trophy Points:
    8
    Bener tuh, cocok buat camilan keluarga sehat, yang pasti kita tahu bahan"nya, bebas bahan pengawet atau bahan berbahaya kalau buat sendiri
     
  10. Jo Han

    Jo Han Member

    Joined:
    Aug 30, 2017
    Messages:
    80
    Likes Received:
    5
    Trophy Points:
    8
    Itulah pentingnya Kreativitas gan, kalau Monoton Gitu" aja ya gimana mau laku kan hehe
     
  11. lee bee doo

    lee bee doo New Member

    Joined:
    Feb 20, 2018
    Messages:
    43
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    6
    liat beginian sore sore jadi laper ya
     
  12. Samuel Samuel93

    Samuel Samuel93 Member

    Joined:
    Oct 30, 2017
    Messages:
    487
    Likes Received:
    6
    Trophy Points:
    18
    keripik jagung kayaknya enak ya. Soalnya ane penggemar bubur jagung nih. Moga ada di jakarta ya
     
  13. aisusisursilah

    aisusisursilah Member

    Joined:
    May 23, 2018
    Messages:
    639
    Likes Received:
    7
    Trophy Points:
    18
Loading...

Share This Page