Menjaga Diri Dari Penyakit Kulit

Discussion in 'Health & Medical' started by ani125, Jan 18, 2016.

Tags:
  1. ani125

    ani125 Member

    Joined:
    Jun 26, 2015
    Messages:
    191
    Likes Received:
    28
    Trophy Points:
    28

    Perawatan Berbagai Jenis Penyakit Kulit


    Ada beberapa macam penyakit kulit yang umum diderita oleh masyarakat. Penyakit kulit tersebut ada yang ringan dan ada pula yang berat. Begitu juga dengan perawatannya. Beberapa di antaranya adalah eksim, kudis, bisul dan lain-lain. Bahkan termasuk juga jerawat. Eksim merupakan penyakit kulit yang diderita karena seseorang alergi misalnya terhadap sabun. Ciri-cirinya adalah kulit gatal, memerah, bersisik, bahkan bisa bernanah. Cara mengatasinya adalah dengan mengoleskan salap khusus eksim yang didapatkan di apotik atau bisa berkonsultasi dengan dokter kulit.

    Penyakit lainnya adalah bisul yang disebabkan infeksi bakteri staphylococcus aureus pada kulit. Untuk menghindari penyakit ini, kebersihan diri harus dijaga dan makan makanan yang bergizi untuk memperkuat daya tahan tubuh sehingga mampu membentengi diri dari serangan bakteri. Kudis dan kurap juga merupakan penyakit kulit. Bedanya kudis dan kurap adalah bila kudis disebabkan parasit sedangkan kurap oleh jamur. Selain itu jerawat juga bagian dari penyakit kulit. Jerawat biasanya disebabkan oleh bakteri.

    Berbagai jenis penyakit kulit dan pengobatannya akan berbeda-beda. Namun secara umum, penyakit kulit dapat diobati dengan menggunakan obat salep dan yang terpenting menjaga kebersihan kulit. Seperti rajin mandi dan mencuci muka. Menggunakan sabun anti bakteri juga sangat dianjurkan. Saat ini, telah tersedia sabun dengan anti bakteri, baik sabun mandi, sabun cuci tangan, dan sabun cuci piring. Karena biasanya kasus penyakit ini terjadi karena seseorang kurang bersih dalam merawat diri.
    Perawatan Penyakit Kulit Pada Bayi

    Bayi juga rentan menderita penyakit kulit. Apalagi bayi memiliki kulit yang sensitif karena kulitnya masih lembut, tipis dan belum mampu bekerja secara optimal. Jenis penyakit kulit pada bayi diantaranya adalah biang keringat, eksim popok dan eksim susu. Penyakit-penyakit ini umumnya disebabkan oleh ibu yang kurang membersihkan bayinya.

    Cara menghindari penyakit ini pada bayi adalah dengan menjaga kebersihan kulit bayi. Sangat sederhana dan gampang sekali. Yang dibutuhkan adalah kedisiplinan dari seorang ibu. Cara perawatan tersebut adalah memandikan bayi secara teratur 2 kali sehari. Cepat mengganti baju bayi yang basah karena keringat untuk menghindari biang keringat. Rutin mengganti popok untuk menghindari eksim popok, dan rajin melap bekas susu pada kulit pipi bayi setiap kali bayi habis menyusu. Hal ini untuk menghindar bayi agar tidak terkena eksim susu. Selain itu perawatan dengan rajin mengoleskan krim bayi pada kulitnya akan mampu menyembuhkan iritasi dan menjaga kulit bayi tetap sehat dan lembut.

    Kulit yang bersih terawat akan mencerminkan kepribadian seseorang. Untuk itu usahakan agar selalu tampil bersih. Kulit yang dijaga kebersihannya akan mampu menghindarkan diri dari berbagai jenis penyakit kulit. Selain itu bisa juga melakukan perawatan dari dalam dengan rajin mengkonsumsi sayur dan buah.
    Sumber
     
  2. adi budiwan

    adi budiwan New Member

    Joined:
    Jan 16, 2016
    Messages:
    13
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    Sebenarnya apa pemicu alergi pada kulit mba. Seperti gatal ketika memakai jam tangan ataupun perhiasan dengan bahan berkualitas rendah. Padahal sebagian orang baik-baik saja. Apakah murni reaksi kulit terhadap zat tertentu pada perhiasan tersebut atau adanya bakteri karena kurang kebersihan?
     
  3. yungga19

    yungga19 Active Member

    Joined:
    Nov 28, 2015
    Messages:
    1,462
    Likes Received:
    86
    Trophy Points:
    48
    hati hati klo kna jamur kulit bro ,
     
Loading...

Share This Page