Menuju Wisata Sumba

Discussion in 'General Lifestyle' started by Linda susilowati, Sep 2, 2019.

  1. Linda susilowati

    Linda susilowati New Member

    Joined:
    Feb 27, 2019
    Messages:
    24
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    6
    Menuju Wisata Sumba

    Pulau sumba merupakan pulau yang terletak di provinsi nusa tenggara timur dengan luas wilayah 10.710km2. pulau sumba terletak berbatasan dengan sumbawa di sebelah barat laut, flores di arah timur laut, timor di arah timur dan australia di arah selatan dan tenggara. Dan ada juga terletak di arah utara pulau sumba selat sumba, di bagian timur laut sawu, dan samudra hindia di sebelah selatan dan barat. Maka dari itu pulau sumba merupakan destinasi wisata sumba yang sangat menarik.

    [​IMG]

    (pulau terletak di pulau sumba)

    Pulau sumba ini merupakan salah satu destinasi wisata tujuan oleh para turis domestik, walaupun tidak sesering disebut seperti bali tetapi pulau sumba memiliki kelebihannya tersendiri sebagai daya tariknya, namun untuk aspek yang sama pun tidak kalah seperti pantai-pantainya yang banyak dan tersebar luas di pulaunya. Seperti indahnya pantai marosi, eksotisnya pantai terimbang, jernihnya air laut pantai walakiri, dan banyaknya pantai lain yang tak kalah indahnya dan membuat turis domestik menjadikan wisata sumba sebagai referensi mereka.


    Untuk mencapai ke kepulauan sumba dapat melalui beberapa rute via darat, via laut, atau via udara. Di pulau sumba sendiri terdapat dua bandara, bandara tambolaka terletak di tambolaka arah barat daya sumba dan bandara umbu mehang kunda terletak di waingapu arah sumba timur. Tetapi untuk melewati rute udara ke kepulauan sumba diperlukan transit terlebih dahulu.

    [​IMG]

    (Bandar udara el tari kupang)

    Jika ingin masuk atau keluar melalui bandara tambolaka maka dapat memilih antara transit melalui bandara I gusti ngurah rai bali dan bandara El Tari. Rute dari Bandara I Gusti Ngurah Rai dapat ditempuh dalam 1 jam 25 menit dengan harga berkisar 950,000 hingga 1,200,000 rupiah. Sementara dari bandara El Tari dapat ditempuh dalam 1 jam 20 menit, dengan kisaran harga 750,000 hingga 1,250,000 rupiah.

    [​IMG]

    (Bandara Mehang)

    Jika ingin masuk atau keluar melalui bandara Mehang Kunda maka dapat memilih antara transit melalui bandara I gusti ngurah rai bali dan bandara El Tari. Rute dari Bandara I Gusti Ngurah Rai dapat ditempuh dalam kisaran 1 jam 15 menit hingga 1 jam 35 menit dengan harga berkisar 950,000 hingga 1,200,000 rupiah. Sementara dari bandara El Tari dapat ditempuh dalam kisaran 35 menit hingga 1 jam 05 menit, dengan kisaran harga 600,000 hingga 750,000 rupiah.


    Sedangkan untuk mencapai pulau sumba via laut terdapat dua jenis transportasi yaitu perahu motor dan kapal feri. Jika menaiki kapal penumpang dari arah barat hanya bisa melalui pelabuhan Waingapu dengan kapal KM Wilis dan KM Awu, masing-masing hanya berkapasitas 500 penumpang. Untuk rute dari arah timur menggunakan kapal pelni dari pelabuhan Ende dan pelabuhan Labuan Bajo dari Flores dan pelabuhan Tenau dari Kupang. Waktu perjalanan berkisar 10 hingga 36 jam dengan kisaran harga 67,000 hingga 298,500 rupiah untuk dewasa dan 12,000 hingga 35,000 rupiah untuk anak-anak.

    [​IMG]

    (Kapal ASDP)

    Jika mencari harga yang lebih murah dan atau membawa benda berat dan banyak maka terdapat alternatif layanan ASDP. Layanan ASDP dapat ditempuh melalui pelabuhan Waikelo untuk rute barat, dan pelabuhan Waingapu untuk rute timur.


    Untuk informasi lebih lanjut tentang pulau dan Wisata Sumba silahkan cek https://sumbatourism.id/tours/.
     
Loading...

Share This Page