Menulis Pembukuan Bisa Menghemat Pengeluaran Bisnis Kamu Lho!

Discussion in 'General Business' started by achbarfarizqy, Jul 10, 2020.

  1. achbarfarizqy

    achbarfarizqy New Member

    Joined:
    Jun 18, 2020
    Messages:
    19
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    3
    y.jpg
    Untuk kamu yang berjualan online atau offline, mungkin saat ini kamu hanya fokus pada pemasaran dan tidak memiliki waktu untuk merapikan pembukuan.

    Padahal, setiap harinya sebuah bisnis pasti akan selalu ada transaksi keuangan, baik pemasukan, pengeluaran, dan transaksi lainnya. Bila terlalu sering dibiarkan, dokumen atas transaksi tersebut akhirnya menumpuk dan terabaikan. Sedangkan, ada banyak manfaat yang didapat jika kamu melakukan pembukuan secara rutin.

    Melalui pembukuan, kamu dapat mengetahui gambaran terhadap kelangsungan hidup finansial bisnis. Tanpa pembukuan yang benar, gambaran tersebut akan menyulitkan pengambilan keputusan untuk menghemat pengeluaran bisnis.

    Saat ini bisa jadi kamu sedang dalam masa perjuangan secara finansial, tetapi jika tidak ada pembukuan yang benar, kamu mungkin tidak dapat mengetahui apa permasalahannya. Lebih buruknya lagi, mungkin kamu tidak tahu bahwa sebenarnya sedang ada masalah pada usahamu. Hal tersebut tentu akan merugikan.

    Begini beberapa hal bila kamu mulai menulis pembukuan yang benar, agar kamu bisa menghemat pengeluaran bisnis.

    1. Meminimalisir Kesalahan yang Merugikan

    Jika pembukuan buruk,dan terjadi kesalahan dalam menghitung biaya atau keuntungan tertentu, maka ini akan menjadi bencana bagi bisnis kamu.

    Misalnya, memperhitungkan keuntungan yang terlalu tinggi ketika mengisi formulir pajak, maka akan membuat biaya pajak perusahaan meningkat. Sedangkan, apabila yang terjadi adalah sebaliknya, kamu dapat dikenakan denda atau audit.

    Pembukuan yang tidak tepat juga dapat menyebabkan kamu salah dalam mengategorikan aset yang akan berujung membengkaknya pengeluaran bisnis. Apabila pencocokan pembukuan dengan laporan bank tidak dilakukan secara berkala dan rutin, kesalahan tersebut akan menyebar dan berpotensi merusak kondisi finansial, yang nantinya akan berdampak buruk dan merugikan.

    2. Mengurangi Risiko Audit

    Dengan adanya pembukuan yang benar, kamu akan mendapatkan gambaran yang jelas mengenai perhitungan berapa biaya yang akan dikeluarkan mengenai pajak bisnis. Hal tersebut tentu akan mengurangi dan menghemat biaya daripada tidak memiliki pembukuan yang benar. Selain itu, jika tidak adanya pembukuan, kemungkinan besar dapat berimbas pada salah perhitungan pajak dan menimbulkan kesan mencurigakan sehingga terjadinya proses audit yang mana akan memakan biaya dan waktu.

    3. Mengatur Daftar Gaji

    Ini dapat dilakukan apabila kamu memiliki karyawan. Sebagaimana aspek lain dalam finansial bisnis, daftar gaji juga berpengaruh dari pembukuan yang akurat dan benar. Tanpa sadar, kamu dapat memberi gaji karyawan dengan jumlah yang sebenarnya kurang sesuai apabila tidak melakukan pembukuan yang benar. Apalagi, jika kamu tidak mengetahui hal tersebut karena catatan pembukuan yang buruk dan tidak teratur.

    4. Memudahkan Pinjaman Modal

    Jangan sampai kamu sebagai pemiliki bisnis terhalangi dalam mendapatkan pinjaman dana untuk keperluan bisnis hanya karena pembukuan yang buruk. Bagi para pemilik bisnis yang sedang memerlukan pinjaman dana, terutama jika sifatnya mendesak, pastikan bahwa pembukuan sudah benar dan akurat. Pembukuan yang tidak akurat akan membatasi kamu dalam mendapatkan pinjaman.

    Setelah mengetahui beberapa hal mengenai pembukuan di atas, apa kamu masih akan menunda pembukuan yang benar dan akurat untuk bisnis? Pembukuan yang tidak teratur akan menghambat kamu menghemat pengeluaran bisnis lho.

    Tentunya kamu juga bisa menggunkan layanan Genie yang dapat memudahkan bisnis kamu hanya dengan satu sistem. Di dalam Genie kamu dapat menemukan fitur laporan pembukan dan kamu bisa menganalisa data penjualan kamu. Bergabung bersama Genie! https://genie.shop/
     

Share This Page