Merasa Gagal Sebagai Entrepreneur? Ini alasannya..

Discussion in 'Usaha Kecil Menengah' started by Dewanstudio, Apr 11, 2016.

  1. Dewanstudio

    Dewanstudio Member

    Joined:
    Aug 21, 2015
    Messages:
    30
    Likes Received:
    2
    Trophy Points:
    8
    Menjadi pengusaha sukses adalah impian besar semua pemilik bisnis. Harapan pada memiliki passive income tanpa harus berkerja keras, memiliki gedung megah, jalan-jalan keluar negeri, 100 karyawan adalah ekpektasi setiap orang yang akan memulai bisnis sendiri.

    Namun kenyataannya tidak semudah itu, tidak semua entrepreneur mendapatkan apa yang diinginkan menjadi pengusaha yang sukses.

    Sebenarnya apa yang membedakan antara sukses tidaknya seorang pengusaha? Kalo dilihat dari faktor X seperti takdir, sudah punya warisan bisnis dari keluarga 7 turunan, bakal...wah akan susah parameter penilaiannya. Namun taukah Kalian, bahwa ada hal yang lebih penting daripada faktor X tersebut ? Bahkan walaupun seseorang sudah ditakdirkan hanya tinggal menjalankan bisnis yang sudah sukses yang diturunkan dari kakek atau ayahnya, apabila tidak mempunyai faktor ini maka belum bisa lebih sukses daripada pendahulunya. Faktor apa itu? Faktor “Mental” yang hanya terletak dan bergantung pada dirimu sendiri dan bagaimana sikapmu menghadapinya.

    Nah, faktor mental bagaimana yang Kamu harus siap sebagai seorang pengusaha?

    1. You are afraid

    Rasa takut pasti diawali saat mulai mengclaim dirinya sebagai pengusaha. Takut apabila gagal, takut apabila mengecewakan bisnis keluarga, takut menghadapi complain konsumen. Yang paling sering adalah merasa takut tidak bisa membagi waktu, merasa takut memiliki bakat bisnis, takut gagal dan banyak ketakutan yang lain.

    Rasa takut ini bahkan bisa menjadi alasan kita tidak jadi masuk ke kancah perbisnisan.

    Rasa takut adalah alami dan hal yang wajar, kadang dengan ketakutan bisa membuat kita menjadi lebih berhati-hati dan tidak over confident. Daripada menghindar dari rasa takut itu lebih baik rangkul dan bersahabat dengannya. Jadikan ketakutan itu sebagai awal kekuatan yang harus bisa diatas. Apabila kamu bisa mengatasi rasa takut, percaya deh suatu saat ketika kamu menghadapi masalah yang sulit, atau pelanggan yang marah-marah kamu akan tetap berfikir dengan jernih dan mencari solusi.


    “ Never Let Your Fear Decide Your Future”



    2. Never give up

    Terkadang didalam menjalankan usaha banyak masalah, kendala, kegagalan yang datang bergantian menguji kemampuan kita. Hanya mereka yang punya motivasi tinggi dan kemauan keras yang selalu bangkit kembali. Hanya mereka yang tadi bisa mengatasi takut yang selalu melihat dari sisi yang berbeda suatu kegagalan. Selalu melihat segala sesuatu ada alasannya dan jalan keluarnya. Selalu menganggap kegagalan adalah pil pahit yang harus ditelan, dipelajari, diterima, diatas dan dicari solusi . Kegagalan adalah pengalaman terbaik. Yes ..setuju sekali. Tetapi Kegagalan adalah pengalaman yang juga harus diantisipasi bukan dihindarkan, sehingga akan membuat menjadi pengalaman yang sangat berharga.



    3. Always invest yourself with knowledge

    Bisnis adalah sebuah perjalanan panjang yang harus selalu disupply dengan perkembangan baik ilmu, teknologi sampai dengan networking. Sebagai pemilih bisnis wajib selalu melakukan continous improvement baik untuk usahanya ataupun untuk dirinya sendiri.

    Bekali diri dengan mengikuti perkembangan dunia bisnis. Lucu jadinya disaat orang sudah mulai masuk ke dunia digital marketing, kita masih berkutat dengan marketing konvensional dan tidak mau cari tau . Salah satu tips bisnis sukses adalah selalu beradaptasi dan mengikuti perkembangan dunia bisnis pada umumnya dan yang khusus pada produk kita


    Nah...jadi bukan harus punya warisan bisnis keluarga atau uang banyak khan yang menentukan kesuksesan kita? Uang dan warisan semua bisa habis, tapi dengan mental dan kegigihan kita maka jalan kesuksesan akan menjadi milik kita,,,hanya masalah waktu yang akan menentukan
     
  2. pluto01

    pluto01 Member

    Joined:
    May 18, 2015
    Messages:
    496
    Likes Received:
    67
    Trophy Points:
    28
    Yupz sepakat,
    Nice shared mas
     
  3. NieeLz

    NieeLz Well-Known Member

    Joined:
    Aug 24, 2015
    Messages:
    1,773
    Likes Received:
    123
    Trophy Points:
    63
    Google+:
    Takut = Gak jalan, gagal deh :D
     
  4. Dewanstudio

    Dewanstudio Member

    Joined:
    Aug 21, 2015
    Messages:
    30
    Likes Received:
    2
    Trophy Points:
    8
  5. Hadi20

    Hadi20 New Member

    Joined:
    Apr 12, 2016
    Messages:
    18
    Likes Received:
    2
    Trophy Points:
    3
    Untuk para entrepreneur muda dan baru berkembang di segala aspek apapun itu, kayanya emang udah harus melek teknologi di jaman dan dunia digital kaya gini. Strategi internet marketing yang konvesional nampak udah ketinggalan jaman, ya walaupun masih ada beberapa yang masih manfaatin hal ini kepada para salesnya.
     
  6. anton_sudibyo

    anton_sudibyo Member

    Joined:
    Dec 23, 2015
    Messages:
    460
    Likes Received:
    35
    Trophy Points:
    28
    Sebenernya banyak yang ingin jadi enterpreneur tapi terbentur masalah modal :(
     
  7. masdoni

    masdoni Member

    Joined:
    Mar 11, 2016
    Messages:
    167
    Likes Received:
    4
    Trophy Points:
    18
    gagal itu hal biasa, pantang menyerah baru luar biasa
     
  8. Dewanstudio

    Dewanstudio Member

    Joined:
    Aug 21, 2015
    Messages:
    30
    Likes Received:
    2
    Trophy Points:
    8
    @masdoni setuju...kami juga pernah gagal koq...tp dari kegagalan ada pembelajaran. think positif, take action and move foward
    @anton_sudibyo ; kami dulu juga demikian...no modal. makanya itulah gunanya networking..cari yg mau invest ..cari orang yang memiliki passion dan visi yang sama.if you believe in your business and there's a big market and opportunities...lebih baik lagi sdh ada business plan dan income statement..kenapa tidak dicoba cari investor ? :)
     
  9. bearsfootand

    bearsfootand New Member

    Joined:
    May 22, 2017
    Messages:
    5
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    3
    Google+:
    Sebenarnya gagal itu hal yang sudah pasti dalam bisnis, tergantung kita bisa bangkit lagi atau tidak itu yang jadi persoalan, makanya dalam berbisnis itu perlu passion agar yang dijalani tidak stress, dan ikhlas menjalaninya.
    banyak anak muda yang saat ini mengalami kesulitan untuk menemukan bisnis yang sesuai dengan minat/gairah atau kalau boleh saya sebut saja disini passion,
    Sebenarnya menemukan Passion itu mudah, karena saya rasa semua orang pasti punya hobi, minat, kesukaan, dsb yang membuat dia tertarik pada suatu hal.

    Saya sendiri menemukan passion itu perlu waktu, dan untuk berani menjalankan bisnis saya dengan passion saya itu yang paling sulit, karena saya orang yang terlalu banyak berpikir jadi takut gagal, ini atau itulah yang membuat saya tidak berani. Satu hal yang paling penting dalam memulai suatu ide usaha adalah realisasi dan berani. Setiap usaha juga harus punya visi dan misi agar kita tetap punya pegangan ketika bisnis ini berada pada masa turun.

    Seperti usaha saya yang ingin memfasilitasi para generasi muda yang suka sekali menggambar tetapi hasilnya hanya dibuang begitu saja atau disimpan bertahun-tahun lamanya. Padahal ia punya bakat dan gambarnya sangat bagus, Selain itu saya juga ingin memajukan industri sepatu lokal, saya ingin masyarakat Indonesia hanya memakai produk-produk dalam negerinya saja karena sebenarnya untuk sepatu produk kita tidak kalah dari negara lain. Tapi karena merek luar negeri sudah tertanam di otak masyarakat kita jadi produk dalam negeri kurang mendapat perhatian serius. Hal inilah yang membuat saya semangat dalam menjalankan bisnis saya ketika bisnis sedang "down" saya selalu ingat visi dan misi saya yang mulia ini jadi tetap semangat [​IMG].
     
    Last edited by a moderator: Jul 3, 2017
  10. Najla

    Najla Member

    Joined:
    Aug 1, 2014
    Messages:
    429
    Likes Received:
    21
    Trophy Points:
    18
    Gagal dalam berbisnis merupakan hal yang biasa..coba coba lanjutkan lagi
     
Loading...

Share This Page