Meratus Menyapa, Wisata Alam Loksado Itu Indah Brow!

Discussion in 'Tourism' started by ais elkiram, May 27, 2016.

  1. ais elkiram

    ais elkiram Well-Known Member

    Joined:
    Feb 10, 2015
    Messages:
    1,288
    Likes Received:
    219
    Trophy Points:
    63
    [​IMG]

    Ane nggak bisa memberikan referensi yang cukup, mungkin!!! hanya pengen mengatakan jika alam Indonesia di penuhi kekayaan alam yang wah, wow, wew hingga broww. Salah satunya wisata alam loksado yang sebenarnya nggak jauh dari tempat kelahiran ane, kira-kira sekitar seratus kilo meter, boleh lah. :D

    Apa yang di tawarkan alam kalimantan untuk dunia ?. Nggak ada! hanya keindahan alamnya yang masih asri, karena loksado memang terkenalnya sebagai wisata alamnya yang masih asli, masih jauh dari olah tangan jahil murakab yang hanya mementingkan kepentingan sendiri tanpa perduli dengan alam. Sambil promosi tempat wisata dekat rumah ortu ane, sekalian ngingatkan pentingnya menjaga alam yang hijau demi anak cucu kelak.

    Benarkan, Indonesia adalah negri kaya pemandangan alamnya. Sow dari barat ke timur rata-rata keindahan alam yang di tawarkan sebagai sebuah kebanggaan tempat wisatanya. Tapi sayangnya! sudah ada mulai tangan-tangan jahil yang suka merusak keindahan alam tersebut, demi .... demi kepentingan pulus dan duit semata.

    Loksado adalah salah satu kekayaan wisata alam itu. Hijau, rindang, sama bunyi belalang hutan yang bunyi krik krik krik sejenis jangkrik mungkin. Plus deburan ombak di bebatuan walau sebenarnya bukan pantai.
    Di loksado dengan air sungai yang jernih, sela-selanya ada batu-batu paling asik mandi pakai ban dalam mobil yang besar. Perahu karet kurang greget mas brow!. Serius, kadang lihat anak kecil kalau sore lari-lari kehulu terus terjun ke sungai naik ban dalam itu gimana rasanya, jadi ingat waktu kecil.:p Dan tralala ikut nyemplung juga ..... Brrrrrr jangan kaget dinginnya minta ampuen, jam 10 - 11 siang ajah masih kerasa dingin.
    [​IMG]
    Hanya ilustrasi, gambar juga nyomot di mana.

    Kalau musim liburan biasanya anak kuliahan yang suka kemping to yang suka tidur-tidur di tengah hutan, atau para pendaki gunung yang mau uji nyali coba panjat gunung.
    [​IMG]
    Menyedihkan yah ? hanya mereka yang pecinta alam tulen atau para wisatawan gila-gilaan yang mau menembus alam hijau. Nggak bisa pakai mobil, palingan pakai motor yang tenaga kuda sejenis motor trail. Ya memang begitu, sensasi wisata ke alam meratus memang lebih ke adventura. Nyusur tepi gunung-gunung meratus yang hanya jalan setapak, kalau ke loksadonya masih bisa pakai mobil karena insya allah jalan mulus.

    Ke loksado rasanya nggak cukup kalau hanya mengunjungi air terjun yang banyak to, di sana ada di sini ada. Atau hanya mandi di sungai yang berbatu-batu, kalau nyemplong kena batu kepala bocor dah :D.

    Kalau ke loksado serunya nerubus hutan hijau, tidurnya di atas gunung. Pas paginya lihat matahari terbit, baru dah ke bawah lagi nyari kopi panas [ kalau dekat perkampungan]. Ingat! jangan bikin kopi sendiri, karena nggak lengkap sebelum berinteraksi sama penduduk lokal dayak meratus yang ramah-ramah. Biasanya kalau pagi sehabis kerja kehutan nangkring di warung.

    Jangan kaget kalau di panggil dangsanak [saudara] sama mereka, padahal sodara dari mana juga. Itu panggilan kebiasaan buat orang banjar pahuluan yang tinggal di kota-kota. Bahasa yang di gunakan menggunakan bahasa banjar arkais [banjar kuno] sama dengan orang banjar pahuluan yang di kota, wong mereka satu darah hahahha hanya saja kalau tinggalnya di kota di sebut orang banjar tepatnya banjar pahuluan, kalau tinggal di sekitar pegunungan meratus di panggil dayak meratus.

    Dah puas to tinggal di pegunungan meratus, baliknya boleh dah seru-seruan naik bambu rafting atau bambu yang di rakit untuk berlayar menyisir sungai amandit menuju kandangan. Duduk yang manis, biarkan ahlinya bekerja kalau tidak bisa nyemplung loh, kecedut batu hahaha :D.
    Jangan lupa siapkan biaya, namanya juga numpang jalan, kecuali pas lagi ada acara event bambu rafting tahunan. Biasanya setahun sekali pemkab mengadakan acara tahunan lomba bambu rafting, sejenis lomba siapa duluan sampai ke hilir makai itu.

    Ngeri juga kalau belum terbiasa.

    [​IMG]

    Hanya membagikan sekelumit kekayaan alam yang di miliki Indonesia den!! salah khilaf mohon maaf.:cool:
     
    Last edited: May 27, 2016
    DedyAkas Website likes this.
  2. KangAndre

    KangAndre Member

    Joined:
    Jan 25, 2014
    Messages:
    10,159
    Likes Received:
    2,709
    Trophy Points:
    413
    Kapan ya bisa jelajah Kalimantan? :(
    Kalau P Jawa dari ujung barat sampai ujung timur sudah pernah.
     
    DedyAkas Website likes this.
  3. wrep17

    wrep17 Well-Known Member

    Joined:
    Sep 26, 2015
    Messages:
    1,325
    Likes Received:
    246
    Trophy Points:
    63
    Google+:
    Ada yang mau menculik saya dari Jawa ?
     
    DedyAkas Website likes this.
  4. Damar

    Damar Well-Known Member

    Joined:
    Jun 22, 2014
    Messages:
    1,471
    Likes Received:
    215
    Trophy Points:
    63
    Google+:
    Seger banget, pengen mandi disitu *wow2*
     
    DedyAkas Website likes this.
  5. ais elkiram

    ais elkiram Well-Known Member

    Joined:
    Feb 10, 2015
    Messages:
    1,288
    Likes Received:
    219
    Trophy Points:
    63
    Sekali-kali ke kalimantan kang, rekomendasinya meratus jika punya jiwa petualang atau danau labuan cermin. Banyak sebenarnya tempat-tempat indah, hanya saja kebanyakan susah jalannya untuk di kunjungi, entah karena transportasinya yang masih kurang.
     
    DedyAkas Website likes this.
  6. ais elkiram

    ais elkiram Well-Known Member

    Joined:
    Feb 10, 2015
    Messages:
    1,288
    Likes Received:
    219
    Trophy Points:
    63
    Di culik sama abu sayap mau nggak den ? wkwkkwwk
     
    DedyAkas Website likes this.
  7. ais elkiram

    ais elkiram Well-Known Member

    Joined:
    Feb 10, 2015
    Messages:
    1,288
    Likes Received:
    219
    Trophy Points:
    63
    Aden kalau nggak salah mahasiswa unlam kan, kayaknya yg sering kesana mahasiswa unlam. Hehe
     
    DedyAkas Website likes this.
  8. Damar

    Damar Well-Known Member

    Joined:
    Jun 22, 2014
    Messages:
    1,471
    Likes Received:
    215
    Trophy Points:
    63
    Google+:
    Mahasiswa Poliban mas, yang ada dibelakang unlam hehe :D Jarang jalan-jalan :(
     
  9. nelson sitompul

    nelson sitompul Super Level

    Joined:
    May 3, 2014
    Messages:
    2,285
    Likes Received:
    397
    Trophy Points:
    83
    Anjjrriittttt... keren amat nih surga dunia.... bikin ngilerrrr
     
    DedyAkas Website likes this.
  10. ais elkiram

    ais elkiram Well-Known Member

    Joined:
    Feb 10, 2015
    Messages:
    1,288
    Likes Received:
    219
    Trophy Points:
    63
    Owh ... Biasanya anak2 unlam yang sering ketemu di sana kemping. Sekali-kali ke loksado ... yg rame pas acara bambu rafting, jadi ada temannya.
     
  11. ais elkiram

    ais elkiram Well-Known Member

    Joined:
    Feb 10, 2015
    Messages:
    1,288
    Likes Received:
    219
    Trophy Points:
    63
    Sebenarnya masih banyak bang yang nggak terekspost, ada yg karena masih terikat budaya setempat sehingga pemerintah setempat sedikit kesusahan ... terbaru ada kebijakan pemkab Hulu sungai selatan tentang loksado, pembangun wisata meratus sengaja di bikin tanpa olahan biar mempertahankan ke asrian nya, kayak jalan kadang sengaja di biarkan setapat, jembatan masih jembatan gantung biar sensasi adventure nya dapet. Apalgi budaya org meratus cendrung mempertahan alam.
     
  12. edgar

    edgar Guest

    wow keren banget ya mas temnaptnya
     
  13. balitourculture

    balitourculture Member

    Joined:
    Jun 3, 2016
    Messages:
    219
    Likes Received:
    6
    Trophy Points:
    18
    mau kesana tiket pesawatnya yg mahal hehe
     
Loading...
Similar Threads - Meratus Menyapa Wisata
  1. Miftahul
    Replies:
    34
    Views:
    3,908
  2. Tiani Salam
    Replies:
    32
    Views:
    6,721

Share This Page