Mesin CB-150R Ente Bunyi Klotok-Klotok, Ini Penyebab + Solusinya

Discussion in 'Otomotif' started by Lifesociety, Oct 12, 2017.

Tags:
  1. Lifesociety

    Lifesociety New Member

    Joined:
    Nov 22, 2016
    Messages:
    13
    Likes Received:
    4
    Trophy Points:
    3
    Bukan bermaksud menjelekan, tapi ini emang fakta. udah banyak konsumen yang mengeluhkan suara berisik bin kelotok-kelotok pada CB kesayangan mereka. lantas apa sih penyebabnya ?

    Sebenarnya keluhan ini ngga cuma dirasain sama pemilik CB150 R tapi Sonic 150 yang punya base mesin yang sama juga mengalami keluhan ini.

    dan ternyata eh ternyata bunyinya berasal pada sistem mekanikal katup mesin ini.

    jadi, pada katup DOHC mesin CB itu ada namanya timming chain, fungsi timming chain ini untuk menghubungkan putaran engkol dengan camshaft. karena pake RANTAI maka kalo kendor pasti tahu dong gimana berisiknya, ini yang pertama.

    solusinya, gampang tinggal ganti tensioner baru atau kalo timming chain udah meregang parah ya ganti juga rantai ketengnya.

    sementara penyebab kedua ada pada valve gap alias celah katup. Perlu agan ketahui, antara rocker arm dan katup itu ada celahnya dan berbahan logam pula, akibatnya akan timbul bunyi ketukan yang keras apabila celahnya terlalu longgar. Kalau ini, maka solusinya tinggal ganti pake shim yang lebih tebal, jadi celahnya semakin rapat. selengkapnya bisa agan simak pada artikel ane nih : Penyebab Mesin CB150 Berisik + Solusinya
     
Loading...

Share This Page