Metode Konmari, Trik Merapikan Rumah Ala Jepang

Discussion in 'General Lifestyle' started by iwen, Jul 7, 2020.

  1. iwen

    iwen Member

    Joined:
    Jun 15, 2016
    Messages:
    166
    Likes Received:
    10
    Trophy Points:
    18
    [​IMG]
    Rumah adalah tempat beristirahat. Agar rumah tetap terlihat rapi setiap saat, tentu bukan hal yang mudah. Salah satu cara berbenah yang cukup terkenal di dunia adalah metode Konmari.

    Konmari adalah sebuah metode berbenah atau beres-beres yang diperkenalkan oleh seorang wanita asal Jepang bernama Marie Kondo. Metode ini ia tuangkan ke dalam buku yang berjudul “The Life Changing Magic of Tidying Up”. Buku ini menceritakan betapa magisnya seni berbenah rumah jika diterapkan dengan cara yang benar.

    Kepopuleran metode Konmari telah membawa Marie sampai ke Jerman dan Britania Raya, melalui buku tersebut yang telah terjual lebih dari 5 juta kopi di seluruh dunia.

    Yuk pelajari 7 prinsip utama metode Konmari!

    1. Kuatkan tekad untuk merapikan, jadikan kesempurnaan sebagai target!

    Rumah memang tidak akan pernah rapi jika niatmu hanya setengah hati. Itulah pentingnya membulatkan tekad saat hendak merapikan rumah.

    2. Luangkan Waktu Khusus untuk Bebenah

    Coba luangkan waktu khusus untuk berbenah rumah, misalnya akhir pekan minggu ini luangkan waktu seharian penuh untuk membereskan kamar, akhir pekan selanjutnya untuk membereskan dapur, dan seterusnya.

    Berbenah adalah kegiatan istimewa, jangan melakukannya setiap hari, itulah yang Marie Kondo ucapkan saat mengawali kursus berbenah dengan para kliennya. Berbenah dengan metode konmari harus tuntas sekaligus dalam satu jangka waktu. Berbenah hanya ada dua jenis, yaitu beres-beres harian (menggunakan dan mengembalikan sesuatu pada tempatnya) dan beres-beres khusus (merapikan rumahmu sesegera mungkin).

    3. Rapikan Sekaligus Jangan Sedikit – Sedikit

    Marie menulis lebih baik membersihkan ruangan sekaligus dalam satu hari, daripada sedikit – sedikit dalam beberapa hari. Mulailah dengan penyeleksian barang – barang milik Anda. Selanjutnya Anda bisa merapikan kembali barang – barang yang telah terseleksi tersebut ke tempat asalnya. Semua ini harus dilakukan sekali waktu, tanpa penundaan.

    4. Rapikan Barang berdasarkan Jenisnya

    Marie menyadari berbenah berdasarkan lokasi adalah kesalahan fatal. Masalahnya cukup sederhana, orang sering menyimpan jenis barang yang sama lebih dari satu tempat. Ketika berbenah berdasarkan tempat secara terpisah, kita mengulangi pekerjaan yang sama di banyak tempat, hasilnya kita terus menerus berbenah tanpa henti.

    Oleh karena itu, lebih baik ditentukan, hari ini mau membereskan barang apa dulu, misalnya hari ini mau berbenah pakaian, alat dapur, buku, sepatu, helm, alat make up, dll. Bukan berdasarkan lokasi, kamar tidur, ruang tamu, dapur, ruang keluarga.

    5. Pakaian Sebaiknya Dilipat, Jangan digantung!

    [​IMG]

    Menurut Marie, hal penting yang tidak boleh terlewat saat merapikan pakaian adalah melipatnya. Bagi Marie, dibandingkan menumpuk pakaian secara asal – asalan atau menggantung semua pakaian, pakaianmu akan lebih bahagia jika mereka dilipat dengan rapi pada laci cabinet (dresser). Marie bahkan menciptakan teknik melipat baju!

    6. Simpan Barang yang Membuatmu Senang!

    Saat merapikan barang, metode konmari meminta kita untuk merasakan barang-barang tersebut. “Does it sparks joy?”

    Coba lihat, ada berapa barang atau pakaian dalam lemari yang hanya Anda pakai sekali atau dua kali karena merasa tidak cocok dengan kepribadian? Bagi Marie, barang seperti inilah yang tidak akan membuatmu bahagia (sparks joy). Teknik ini, membantu Anda membuat prioritas saatn menyortir barang.

    Source: Metode Konmari
     
  2. Remmy

    Remmy Member

    Joined:
    Dec 5, 2017
    Messages:
    517
    Likes Received:
    27
    Trophy Points:
    28
    selama ini ane kalo lipet baju ga pernah bisa rapi , entah kenapa dah
     
Loading...
Similar Threads - Metode Konmari Trik
  1. doxateam
    Replies:
    3
    Views:
    722

Share This Page