Mie Lendir, Makanan Khas Tanjung Pinang Kepulauan Riau

Discussion in 'General Discussion' started by Dhika Suryaatmaja, Aug 11, 2017.

  1. Dhika Suryaatmaja

    Dhika Suryaatmaja Member

    Joined:
    Aug 4, 2017
    Messages:
    36
    Likes Received:
    5
    Trophy Points:
    8
    Mie Lendir? Mungkin baru denger namanya aja udah aneh ya, ini Mie yang ada lendirnya atau gimana? Mie lendir adalah makanan yang populer di Batam dan Tanjung Pinang - Kepualuan Riau, Mie yang disiram dengan kuah kacang kental menyerupai lendir didampingi dengan tauge, irisan telur rebus, irisan cabai rawit serta taburan bawang goreng dan daun seledri merupakan kuliner nikmat yang cocok disantap dengan minum Teh Obeng atau Teh O. Teh Obeng? Teh O? Itu minuman model apa lagi ya, tenang aja itu minuman yang aman kok. Teh Obeng adalah sebutan untuk teh manis dingin dan Teh O adalah sebutan untuk teh manis hangat.

    [​IMG]


    Buat yang penasaran bagaimana rasanya Mie Lendir ini, gak perlu jauh-jauh pergi ke Batam atau Tanjung Pinang (kalau kesana juga gak apa-apa sih). Berikut bahan dan cara membuat Mie Lendir Khas Tanjung Pinang:

    Bahan-bahan
    1. 1 kg mie kuning

    2. 100 gr kacang tanah

    3. 4 siung bawang putih

    4. 3 siung ukuran sedang bawang merah

    5. 10 buah cabe merah padang

    6. 1 sdm jahe halus

    7. 1 blok gula jawa yang diameter nya 4cm tebal 4cm

    8. 200 gr toge

    9. cabe rawit secukup nya iris2 tipis

    10. daun seledri secukup nya iris2 tipis

    11. 2 sdm tepung maizena

    12. 500 ml air

    13. 4 buah telor ayam rebus
    Langkah
    1. Goreng kacang dahulu hingga matang lalu blender tidak begitu halus

    2. Blender bawang merah bawang putih cabe merah dan jahe hingga halus

    3. Iris2 gula jawa

    4. Tumis dengan sedikit minyak goreng bumbu yang sudah di blender lalu masuk kan kacang lalu masuk kan air aduk2 hingga rata kemudian masuk kan gula jawa aduk lagi hingga gula jawa melumer

    5. Tepung maizena di beri sedikit air masuk kan dalam kuah kacang tadi sambil di aduk2...beri garam dan penyedap rasa sesuai selera. Tambah kan daun salam (jika ingin) untuk kuah nya wangi

    6. Rendam toge dengan air panas hingga setengah matang

    7. Masuk kan mie dalam piring / mangkok tabur kan toge masuk kan kuah kental ke dalam wadah tabur kan cabe rawit iris dan daun seledri kemudian beri telur rebus. Mie lendir siap di sajikan

    Butuh bahan-bahan untuk masak? bisa beli disini
     
    Alfandi and Rafiki like this.
  2. IC Consultant

    IC Consultant Member

    Joined:
    May 4, 2017
    Messages:
    69
    Likes Received:
    7
    Trophy Points:
    8
    sepertinya enak sekali mie lendir walaupun namanya sedikit aneh :D jadi pengen coba
     
  3. Dhika Suryaatmaja

    Dhika Suryaatmaja Member

    Joined:
    Aug 4, 2017
    Messages:
    36
    Likes Received:
    5
    Trophy Points:
    8
    Boleh di coba, bakal ketagihan kalau udah nyobain yang satu ini. :D
     
  4. ys. herbi

    ys. herbi Well-Known Member

    Joined:
    Mar 6, 2016
    Messages:
    1,045
    Likes Received:
    147
    Trophy Points:
    63
    Google+:
    bikin berlendir nih kayaknyaa.... *dancewithme*
     
  5. faylaafcharina

    faylaafcharina Member

    Joined:
    Mar 17, 2015
    Messages:
    174
    Likes Received:
    13
    Trophy Points:
    18
    saya pikir kuahnya berlendir
     
Loading...

Share This Page