Minum Obat 3x sehari itu begini maksudnya

Discussion in 'Health & Medical' started by enter1kali, Jul 25, 2018.

  1. enter1kali

    enter1kali Member

    Joined:
    Apr 5, 2013
    Messages:
    374
    Likes Received:
    11
    Trophy Points:
    18
    Google+:
    Halo halo halo :)
    Selamat siang ....

    Apa kabar sahabat semua? Yuk nikmati dan manfaatkan waktu selagi masih luang dengan badan yang sehat dan kuat :)

    Oh iya, ngomong soal badan sehat dan kuat pasti suatu saat akan mengalami yang namanya sakit, dan harus terapi atau minum obat, baik itu obat dokter atau obat alternatif dari produk-produk herbal.

    Ada yang pernah sakit? Coba acungkan tangan yang belum pernah sakit? :D

    Sakit pasti pengalaman semua orang dimana pun berada, baik itu sakit yang ringan atau penyakit yang berat.

    Ketika berobat ke dokter, pasti kita mendapat beberapa obat baik itu kapsul, tablet atau sirup dengan dosis biasanya 3x sehari. Sama hal nya produk herbal juga rata-rata dosisnya 3x sehari.

    Jangan salah ya sobat, maksud dari 3x sehari itu bukan berarti harus diminum pada waktu Pagi, Siang dan Malam. Tepatnya adalah kita membagi waktu 24 jam menjadi 3, sehingga jarak antara setiap minum obat itu adalah 8 jam, ingat 8 jam ya :)

    Contoh, misal kita pagi minum obat pada pukul 06.00, untuk yang kedua kita berarti minum obat pada pukul 14.00, dan untuk yang ketiga kita minum obat pada pukul 22.00.

    [​IMG]

    Kenapa harus seperti itu?

    Tujuannya adalah supaya obat bisa bekerja dengan baik dan kita bisa mendapatkan hasil dari fungsi obat tersebut.

    Bagaimana dengan obat herbal?

    Nah, untuk obat herbal juga sama ya, 3x sehari dengan jarak tiap minum itu 8 jam. Hanya saja untuk cara minum obat herbal yang baik itu dilakukan 30 menit sebelum sarapan/makan, tujuannya suapaya ekstrak herbal yang terdapat pada produk herbal tersebut dapat diserap secara utuh oleh lambung dan disaring oleh hati, jadi produk herbal tidak harus menunggu lama lambung mencerna makanan yang masuk. Contohnya obat herbal untuk stroke ringan dan lumpuh dari ekstrak daun sambiloto dan daun sirsak.

    bagaimana dengan jika sudah terlanjur makan duluan?

    Untuk obat dokter kan rata-rata diminum setelah makan, betul gak? :D
    Khusus produk herbal, jika kita terlanjur sudah makan duluan, berarti untuk minum produk herbal kita harus menunggu sekitar 2 jam atau dikala perut terasa mulai kosong.

    Oke, saya rasa itu cukup informasi mengenai cara minum obat yang baik :)

    Salam sehat
     
  2. KangAndre

    KangAndre Member

    Joined:
    Jan 25, 2014
    Messages:
    9,604
    Likes Received:
    2,490
    Trophy Points:
    313
    Petunjuk penggunaan obat sebaiknya perlu dimengerti dan tanyakan langsung ke ahlinya jika ragu.
    Waktu, dosis, pantangan, dll. Pengalaman, pernah ketemu orang yang minum obat dengan (parahnya) wiski, tapi nggak apa-apa tuh.. :D
     
  3. Adang Hudayana

    Adang Hudayana Member

    Joined:
    Mar 22, 2018
    Messages:
    101
    Likes Received:
    8
    Trophy Points:
    18
    haha , iya sih banyak yang salah kaprah soal aturan minum obat !! Kadang ada juga yg 2X sehari diminum hanya pas bangun tidur sama mau tidur doang :D
     
  4. Santanu Saputra

    Santanu Saputra Member

    Joined:
    Jul 25, 2017
    Messages:
    278
    Likes Received:
    25
    Trophy Points:
    28
    Asal jangan dirapel aja minum obatnya.
    Pagi dan siang gak minum obat, pas malam minum obat 3 dosis sekaligus :D
     
  5. Santanu Saputra

    Santanu Saputra Member

    Joined:
    Jul 25, 2017
    Messages:
    278
    Likes Received:
    25
    Trophy Points:
    28
    Ilmunya udah tinggi mungkin dia @KangAndre :D
    Temen saya aja abis minum bodrex langsung nenggak sprit, malah kejang-kejang *looser*
     
  6. enter1kali

    enter1kali Member

    Joined:
    Apr 5, 2013
    Messages:
    374
    Likes Received:
    11
    Trophy Points:
    18
    Google+:
    ada juga tetangga saya lebih parah, ketika diimpus cairannya gak masuk, dia malah bisa masuk diimpus pakai air arak putih :D
     
  7. enter1kali

    enter1kali Member

    Joined:
    Apr 5, 2013
    Messages:
    374
    Likes Received:
    11
    Trophy Points:
    18
    Google+:
    tapi bisa juga jika dokter ngasih sarannya gitu gan :), hanya sebagian kecil saja sih
     
  8. enter1kali

    enter1kali Member

    Joined:
    Apr 5, 2013
    Messages:
    374
    Likes Received:
    11
    Trophy Points:
    18
    Google+:
    waduh parah itu maksa banget haha
     
  9. blackking

    blackking Member

    Joined:
    Sep 1, 2016
    Messages:
    835
    Likes Received:
    56
    Trophy Points:
    28
    Jadi seperti itu yah
    ane kalau minum obat malah gak tentu, habis makan biasanya tidak melihat interval waktu
    kadang malah obat masih ada sayanya sudah sembuh
     
  10. enter1kali

    enter1kali Member

    Joined:
    Apr 5, 2013
    Messages:
    374
    Likes Received:
    11
    Trophy Points:
    18
    Google+:
    Bersyukur alhamdulillaah kalo sudah sembuh,
    Minum obat itu gak enak :)
     
  11. seotog

    seotog Member

    Joined:
    Mar 29, 2018
    Messages:
    265
    Likes Received:
    19
    Trophy Points:
    18
    Wah ini akhirnya ada yg buat artikel tentang cara minum obat yang benar dalam 3x sehari, mantap !
     
  12. enter1kali

    enter1kali Member

    Joined:
    Apr 5, 2013
    Messages:
    374
    Likes Received:
    11
    Trophy Points:
    18
    Google+:
    laksanakan jika hendak minum obat :)
     
  13. Rickh

    Rickh Member

    Joined:
    Mar 8, 2015
    Messages:
    157
    Likes Received:
    21
    Trophy Points:
    18
    Google+:
    oh gitu ya doc. berarti selama ini gue salah dong wkwk. :D tapi yang menyembuhkan kan gusti Allah obat mah cuman sekedar ikhtiar kit ae. :D nice post
     
  14. noer98

    noer98 Member

    Joined:
    Feb 4, 2014
    Messages:
    449
    Likes Received:
    34
    Trophy Points:
    28
    Google+:
  15. Santanu Saputra

    Santanu Saputra Member

    Joined:
    Jul 25, 2017
    Messages:
    278
    Likes Received:
    25
    Trophy Points:
    28
    iya, yang ada modar over dosis kan kalo begitu :D
     
  16. enter1kali

    enter1kali Member

    Joined:
    Apr 5, 2013
    Messages:
    374
    Likes Received:
    11
    Trophy Points:
    18
    Google+:
    betul, setidaknya kita sempurnakan ikhtiar untuk sembuh :)
     
  17. enter1kali

    enter1kali Member

    Joined:
    Apr 5, 2013
    Messages:
    374
    Likes Received:
    11
    Trophy Points:
    18
    Google+:
    baiknya harus habis sesuai petunjuk dokter :)
     
  18. enter1kali

    enter1kali Member

    Joined:
    Apr 5, 2013
    Messages:
    374
    Likes Received:
    11
    Trophy Points:
    18
    Google+:
    jangan sampe modal lah, berharap banget :D
     
  19. Amilashaliha

    Amilashaliha Member

    Joined:
    Apr 10, 2017
    Messages:
    204
    Likes Received:
    27
    Trophy Points:
    28
  20. enter1kali

    enter1kali Member

    Joined:
    Apr 5, 2013
    Messages:
    374
    Likes Received:
    11
    Trophy Points:
    18
    Google+:
    kirain sekolah doang yang sering bolos gkgk
     
Loading...

Share This Page