MOS dan OSPEK Ramah Lingkungan

Discussion in 'General Lifestyle' started by Forum Hijau, Jul 25, 2015.

  1. Forum Hijau

    Forum Hijau Member

    Joined:
    May 15, 2015
    Messages:
    129
    Likes Received:
    10
    Trophy Points:
    18
    FORUMHIJAU.COM - Permasalahan terbesar yang sedang dihadapi Bumi yaitu terjadinya pemanasan global yang disebabkan oleh efek gas rumah kaca. Indonesia salah satu negara yang paling berkontribusi hal tersebut.

    Untuk menjawab permasalahan di atas, sebuah inovasi dan solusi cerdas adalah jawaban yang tepat.

    Salah satu inovasi bisa melalui aktivitas rutin yang dilakukan oleh sekolah dan perguruan tinggi (universitas) yaitu penerimaan siswa atau mahasiswa baru dan adanya pengenalan ( MOS atau Ospek) tentang fasilitas, sistem pembelajaran dan aktivitas ekstrakulikuler.

    Untuk mewujudkan sekolah dan kampus yang berwawasan lingkungan, maka mahasiswa baru harus dikenalkan dengan Green Orientation.

    Pengenalan (orientasi) bukan menjadi ajang senioritas atau mengenalkan fasilitas sekolah dan kampus, sistem pembelajaran dan aktivitas ekstrakulikuler saja.

    Green Orientation menjadi langkah pertama untuk merealisasikan kurikulum ramah lingkungan dimana mahasiswa akan melakukan diskusi rutin mengenai isu-isu pembangunan berkelanjutan dan berwawasan lingkungan.

    Green Orientation dapat diwujudkan dengan menerapkan 3 hal yaitu Green Knowledge, Green Habit, dan Green Innovation.

    - Green Knowledge -

    Green Knowledge yaitu memberikan pengetahuan atau wawasan tentang kegiatan ramah lingkungan. Siswa baru dapat dikenalkan tentang isu kerusakan lingkungan, seperti pencemaran udara dari kendaraan bermotor dan kegiatan industri; pencemaran tanah dan air yang disebabkan oleh limbah industri dan berbagai aktivitas manusia (salah satunya yaitu permasalahan sampah).

    Kemudian mahasiswa baru dapat dikenalkan dengan Green Living in Campus (bisa berupa diskusi panel atau talkshow).

    Untuk membangkitkan semangat siswa baru untuk menciptakan pemikiran atau teknologi baru yaitu dengan menjelaskan isu terbaru tentang Environmental Science di dunia, seperti isu air, community, energy, forest, water, waste, dan wildlife.

    - Green Habit -

    Green Habit yaitu mengenalkan kepada siswa untuk melakukan aktivitas rutin sehari-hari yang ramah terhadap lingkungan. Untuk menciptakan budaya car free day di lingkungan sekolah dan kampus, maka siswa baru tidak diperbolehkan membawa kendaraan selama orientasi berlangsung.

    Siswa baru diberikan tugas untuk membawa ‘aksesoris’ orientasi dengan bahan dasar dari daur ulang sampah.

    Panitia kegiatan orientasi harus menerapkan konsep paper less, yaitu tidak menghasilkan kertas dengan jumlah yang banyak.

    Untuk mewujudkan kegiatan pengenalan orientasi menjadi Zero Waste Event, maka mahasiswa baru diwajibkan untuk membawa tumblr atau gelas dari rumah atau kostnya.

    Kemudian panitia menyediakan galon beserta alat pompa di setiap kegiatan yang akan dilakukan. Panitia menyediakan makanan yang tidak menghasilkan sampah, kemasan makanan dari bahan alami. Seperti daun pisang, atau paling tidak kemasan kertas. Sehingga bisa dikompos di lingkungan kampus.

    Kemudian siswa baru diajarkan untuk membuat kompos atau membuat biopori dari sampah organik yang dihasilkan selama kegiatan orientasi.

    Selain membuat kompos, siswa baru juga diajarkan untuk menanam pohon di beberapa wilayah kampus.

    Lalu kegiatan orientasi juga akan mengajarkan kepada mahasiswa baru untuk melakukan penghematan energi dengan menggunakan energi listrik seperlunya, jika tidak digunakan maka kita wajib mematikan.

    Panitia juga dapat memberikan permainan ramah lingkungan (Eco-Games) yang diberikan pada saat ice breaking.

    Permainan ini dapat digunakan sebagai sarana edukasi informal yang dikenalkan secara langsung kepada siswa baru.

    - Green Innovation -

    Green Innovation yaitu memberikan rangsangan ‘baru’ kepada mahasiswa baru untuk menciptakan inovasi yang dapat menghasilkan sebuah solusi nyata dalam memperbaiki kondisi lingkungan yang semakin tercemar dengan aktivitas manusia.

    Rangsangan ‘baru’ ini akan mengarahkan mahasiswa baru untuk berfikir tentang Green Technology Campus, yaitu sebuah konsep yang diangkat sebagai bentuk penerapan Green Concept di dalam proses pendidikan.

    Suatu saat nanti siswa baru akan menghasilkan ide ‘luar biasa’ untuk memperbaiki kondisi lingkungan kampus dan lingkungan sekitarnya.

    Kegiatan yang dapat dilakukan yaitu panitia memberikan tugas kepada siswa baru untuk membuat paper atau makalah tentang Eco-Campus atau Eco-Technology.

    Selain itu, siswa baru diwajibkan untuk membuat kerajinan daur ulang sampah dan membuat Green Campaign dari produk daur ulang sampah yang sudah dibuat.

    Inovasi yang lain juga bisa dilakukan dengan mengambil isu lingkungan terbaru, seperti : diet kantong plastik, menggunakan transportasi ramah lingkungan, dan memanfaatkan ruang terbuka hijau (hutan atau taman kota).

    Akhirnya, dunia pendidikan bisa menjadi solusi nyata atas kerusakan alam.

    Source : Forumhijau.com

    Follow us : @ForumHijau_ID
     
  2. M Fery

    M Fery Member

    Joined:
    May 31, 2015
    Messages:
    294
    Likes Received:
    30
    Trophy Points:
    28
    dari dulu saya masih bingung, yang di maksud dengan efek rumah kaca itu apakah gedung yang menggungkan kaca ya. *bingung*
     
  3. ais elkiram

    ais elkiram Well-Known Member

    Joined:
    Feb 10, 2015
    Messages:
    1,289
    Likes Received:
    219
    Trophy Points:
    63
    Efek rumah kaca cuman istilah kalau kaga salah, sebuah efek panas yang keluar dari tanah yang kemudian memantul kembali lagi ke bumi dan panas dari matahari tidak di pantulkan secara optimal atau bahasa sederhana nya tersimpan di bumi ... yang katanya karena banyaknya gas gas sehingga lapisan ozon menipis sehingga pemanasan yg ada di bumi meningkat atau pemanasan global, begitu ya kalau kaga slah , hihi ah tau ah kurang tau juga, Forum hijau kayaknya lebih tau toe
     
  4. kursitamu

    kursitamu Member

    Joined:
    Jul 12, 2015
    Messages:
    235
    Likes Received:
    8
    Trophy Points:
    18
    Yang pasti ajang MOS - OSPEK itu buat pengenalan lingkungan baru, buka mengenalkan cara cara yang gak mendidik
     
  5. djonski

    djonski Member

    Joined:
    Nov 12, 2015
    Messages:
    29
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    8
    nah ini baru tehnik MOS yang dianjurkan, para calon mahasiswa diajak untuk menghargai lingkungan
     
  6. barugratisan

    barugratisan Member

    Joined:
    Sep 5, 2014
    Messages:
    619
    Likes Received:
    7
    Trophy Points:
    18
  7. Aneba

    Aneba Member

    Joined:
    Aug 26, 2016
    Messages:
    98
    Likes Received:
    4
    Trophy Points:
    8
    Forumhijau ga bisa diakses websitenya.. kena suspend
     
Loading...

Share This Page