Motor Hilang saat Kredit Belum Lunas, Perlu Bayar Cicilannya?

Discussion in 'Otomotif' started by Budimola, Aug 20, 2019.

  1. Budimola

    Budimola Member

    Joined:
    May 27, 2019
    Messages:
    377
    Likes Received:
    8
    Trophy Points:
    18
    [​IMG]

    Sobat Rider pernah mengalami yang namanya motor hilang saat cicilan belum lunas? Kata pertama yang cocok menggambarkan situasi itu mungkin panik dan marah sehingga Sobat Rider pun buru-buru lapor ke kantor polisi terdekat.

    Padahal sebelum lapor ke kantor polisi, Sobat Rider harusnya lapor ke pihak leasing motor terlebih dahulu lho terkait pembayaran cicilan motor. Kenapa? Yuk cari tahu jawabannya berikut ini.


    Memudahkan Pencairan Klaim Asuransi
    [​IMG]
    Bikin surat pernyataan kehilangan agar mudah untuk pencairan klaim asuransi

    Apabila Sobat Rider kehilangan motor, hal yang pertama kali harus dilakukan adalah menghubungi perusahaan leasing motor dalam tempo 5 x 24 jam. Hal ini untuk memudahkan kalian dalam melakukan proses klaim kepada perusahaan asuransi.

    Apabila kalian melapor ke polisi terlebih dahulu malah akan sedikit menyulitkan bagi leasing untuk membantu klaim kehilangan karena kunci motor dan STNK motor yang dicuri akan disita sebagai barang bukti.

    Padahal kunci motor dan STNK ini adalah dua hal penting yang dibutuhkan oleh pihak leasing dalam mengajukan klaim asuransi supaya kalian tidak terus-terusan membayar cicilan motor. Saat kunci dan STNK ini tidak ada, klaim kehilangan kepada perusahaan asuransi tidak dapat dilakukan.

    Lalu bagaimana bila Sobat Rider terlanjur melapor ke polisi dan mengakibatkan kunci motor dan STNK kalian disita? Biasanya pihak leasing akan meminta surat pernyataan kehilangan serta bukti penyitaan kunci dan STNK dari kepolisian.

    Surat ini nantinya dilampirkan sebagai dokumen pendukung klaim asuransi. Sobat Rider pun nanti juga akan diminta menyiapkan beberapa dokumen pelengkap oleh pihak asuransi.


    Tetap Membayar Cicilan Motor
    Harap diingat, meskipun kehilangan motor, Sobat Rider harus tetap membayar cicilan setiap bulannya hingga asuransi yang kalian ajukan cair. Biasanya klaim asuransi yang diajukan membutuhkan waktu kurang lebih satu hingga tiga bulan untuk bisa cair.

    Begitu klaim asuransi yang diajukan disetujui dan dananya cair, maka cicilan kalian dianggap lunas dan Sobat Rider tidak perlu membayar cicilan lagi. Cicilan dianggap lunas karena dana asuransi yang sudah cair ini akan dipakai untuk melunasi biaya cicilan motor yang belum dibayarkan.

    Kenapa dibutuhkan waktu yang lama sehingga cicilan baru bisa cair? Sebab pihak asuransi juga harus menunggu hasil penyidikan dari kepolisian terkait motor kalian yang hilang.

    Pihak asuransi harus yakin terlebih dahulu bahwa pengajuan klaim kehilangan motor ini bebas dari unsur penipuan dengan cara melakukan cek tempat kejadian perkara, wawancara saksi-saksi dan korban. Waktu verifikasi data ini sendiri biasanya memakan waktu 30 hari setelah laporan

    Adapun asuransi dari perusahaan pembiayaan ini berlaku untuk motor hilang ketika diparkir, hilang karena pencurian, serta hilang akibat perampasan baik itu dengan penodongan maupun tidak.

    Asuransi ini juga meliputi penggantian kerusakan akibat kecelakaan yang menyebabkan kondisi motor rusak parah hingga 75 persen. Jadi memang harus sabar menunggu dan membayar cicilannya ya, Sobat Rider. Lanjut baca ulasan selengkapnya disini.
     
  2. Aditya WP

    Aditya WP Member

    Joined:
    May 29, 2015
    Messages:
    395
    Likes Received:
    43
    Trophy Points:
    28
    Google+:
    Kalau seandainya ngotot saja gx mau bayar bagaimana gan?? Biasanya kalau gx bayar mereka akan narik lagi motornya, kalau sudah hilang gimana tuh tindakan selanjutnya pihak leasing?
     
    Budimola likes this.
  3. Budimola

    Budimola Member

    Joined:
    May 27, 2019
    Messages:
    377
    Likes Received:
    8
    Trophy Points:
    18
    Untuk berita selengkapnya ada dilink diatas gan
     
Loading...

Share This Page