Motor Injeksi Anda Tidak Mau Langsam? Perhatikan Hal Ini!

Discussion in 'Otomotif' started by Budimola, Aug 28, 2019.

  1. Budimola

    Budimola Member

    Joined:
    May 27, 2019
    Messages:
    453
    Likes Received:
    8
    Trophy Points:
    18
    [​IMG]

    Motor injeksi memang sedang digandrungi beberapa waktu belakangan ini dan jadi favorit ketimbang motor yang pakai karburator, namun dibalik segudang poin plus tadi motor jenis ini tetap memiliki kekurangan salah satunya adalah langsam.

    Lebih mudah dioperasikan itu pasti, cocok untuk pria maupun wanita, remaja maupun dewasa, lebih irit bahan bakar, dan memiliki segudang nilai lebih lain yang melekat padanya.

    Meski begitu, tetap saja bisa terjadi masalah pada kendaraan yang memiliki lebih banyak suku cadang dan peranti yang terbilang canggih. Di balik semua nilai plusnya, tentu ada nilai kurang yang dimiliki.


    Penyebab Motor Injeksi Tidak Mau Langsam
    [​IMG]
    Bisa jadi throttle body dan injektor dalam keadaan kotor

    Motor berada dalam posisi langsam atau idle ketika mesin dalam kondisi menyala tetapi tidak digunakan alias handle gas belum diputar. Biasanya, kondisi motor ini juga disebut stasioner. Pada beberapa kondisi, motor tidak mau berada dalam posisi langsam. Sederhananya, mesin sudah menyala, tetapi ketika gas dilepas, mesin justru mati.

    Sebenarnya, kondisi ini terjadi karena beberapa hal, seperti halnya pada motor dengan sistem api karburator. Tentu saja, ini membuat Anda harus menahan grip gas agar mesin motor tidak mati. Nah, pada kondisi jalanan macet, hal ini pasti sangat merepotkan. Lalu, apa saja yang menjadi penyebab motor injeksi tidak mau langsam?

    Komponen Kotor

    Penyebab pertama adalah komponen mesin injeksi yang perlu dibersihkan, biasanya pada throttle body dan injektor. Karbon sisa pembakaran yang menumpuk akan menyumbat katup throttle body dan injektor, sebabkan mesin motor tidak mau langsam. Meski terjadi penyumbatan, mesin motor tetap mau menyala.

    Perawatan Busi yang Kurang Tepat

    Penyebab lainnya bisa saja dari pembersihan busi yang kurang tepat. Ketika Anda melakukan perawatan rutin, mekanik biasanya akan membersihkan bagian busi menggunakan bensin. Sayangnya, cara ini justru sering dilakukan meski sebenarnya kurang tepat. Akibatnya, motor injeksi jadi tidak mau langsam karena kondisi busi yang mudah aus.

    Angin yang Masuk ke Penyaring Udara

    Hal yang sebabkan motor tidak mau langsam adalah adanya masalah pada angin yang masuk ke dalam saluran udara. Biasanya, kondisi ini terjadi karena ada benda yang diletakkan di dekat kotak penyaring udara.

    Seperti misalnya jas hujan, Benda ini memang harus ada di bagasi jok. Sayangnya, tidak banyak yang sadar kalau jas hujan jadi benda yang paling sering menyumbang jalur udara yang dibutuhkan mesin melalui boks. Akibatnya, motor pun kekurangan asupan udara, sehingga tak mau langsam.

    Bensin yang Bercampur dengan Air

    Jika sudah dilakukan pembersihan pada komponen motor injeksi yang kotor tetapi motor masih tidak mau langsam, bagian berikutnya yang perlu Anda cek adalah tangki bensin. Coba perhatikan, apakah bensin bercampur dengan air, karena ini memang bisa sebabkan motor tidak mau langsam. Lanjut baca ulasan selengkapnya disini.
     
  2. blackking

    blackking Well-Known Member

    Joined:
    Sep 1, 2016
    Messages:
    2,010
    Likes Received:
    141
    Trophy Points:
    63
    Tapi mungkin motor tidak langsam bisa juga ada sensor yang rusak
    sehingga ECU tidak bisa menyesuaikan
     
    Budimola likes this.
  3. Budimola

    Budimola Member

    Joined:
    May 27, 2019
    Messages:
    453
    Likes Received:
    8
    Trophy Points:
    18
    Wah oke thanks berat bro infonya :D:D:D
     
    blackking likes this.
Loading...

Share This Page