Mual, Tanda Saat Awal Masa Kehamilan

Discussion in 'Health & Medical' started by ekawibowo69, Dec 11, 2015.

  1. ekawibowo69

    ekawibowo69 New Member

    Joined:
    Nov 5, 2015
    Messages:
    2
    Likes Received:
    3
    Trophy Points:
    3
    [​IMG]
    Menunggu calon penerus keluarga lahir ke dunia selama 9 bulan memang lumayan membuat deg-degan, apalagi anak pertama. Rasanya maximum protection ke ibu dan calon bayi berubah jadi mode on. Tidak hanya jadi lebih memperhatikan kesehatan saja, tapi juga semakin nyari tau banyak hal seputar masa kehamilan. Mulai dari bacaan tentang tanda awal kehamilan, nyeri, mual saat hamil, muntah, sampai kemungkinan munculnya diabetes, dibabat habis oleh pasangan yang kebanyakan masih muda. Maklum, namanya juga masih muda dan sangat familiar soal teknologi jadi semua hal dicari di internet.

    Tapi, ada satu hal yang katanya jadi tanda saat awal masa kehamilan, yakni mual dan mengidam. Tidak jarang, kedua hal itu juga jadi bahan ledekan diantara para wanita, mual atau mengidam makan sesuatu dibilang “ lagi isi”. Padahal tidak selalu isinya cabang bayi, bisa saja mual gara-gara makan kue seloyang, nasi goreng 3 piring, dicampur susu 3 galon. Mungkin saja kan?

    Nah, buat para wanita yang sudah dibuahi oleh pasangannya yang sah secara hukum dan agama, mual saat hamil itu gejala yang sangat umum. Adanya perubahan hormon sebagai tanda awal kehamilan membuat sang ibu jadi merasa mual bahkan bisa sampai muntah terutama di pagi hari. Walaupun begitu, tiap orang bisa mengalami intensitas yang berbeda, ada yang tidak merasa mual sama sekali, ada juga yang sampai mengganggu aktivitas sehari-hari selama masa kehamilan. Suami-suami yang khawatir dan sedang mencari cara mengurangi mual agar istri tercinta tidak terlalu menderita akibat perbuatannya, bisa menyarankan beberapa hal di bawah ini:

    1. Gunakan jahe!
    Tidak hanya sebagai penghangat tubuh ataupun penghilang bau amis pada masakan saja, ternyata jahe memiliki manfaat lain bagi ibu hamil. Jahe mengandung zat antiemesis atau antimual alami yang tentunya bisa membantu mengurangi rasa mual yang mulai mengganggu.
    2. Makan sedikit, tapi sering
    Jangan dikira keseringan makan membuat perut makin mual. Triknya adalah makan dengan jumlah yang lebih sedikit tetapi lebih sering. Misalnya yang biasa mengonsumsi nasi 3 kali sehari, bagilah menjadi 3 porsi untuk 6 kali makan. Sangat mudah, bukan? Agar tetap mendapat asupan yang baik bagi ibu dan buah hati, makanlah makanan yang mengandung pati, seperti biskuit, pasta, kentang, roti, nasi, atau bubur. Beberapa makanan ini juga wajib sebagai tambahan tenaga bagi ibu di masa kehamilan.
    3. Jangan makan yang berlemak!
    Selain lebih sulit dicerna, makanan berlemak akan membuat mual bertambah parah. Walaupun begitu, ibu hamil tetap butuh bantuan si lemak ini selama hamil calon bayi sebagai salah satu asupan yang sehat, asal tidak berlebihan. Makanan yang mudah dicerna merupakan pilihan yang paling tepat untuk mengurangi mual.
    4. Variasikan bahan makanan
    Mungkin hal ini tidak dianggap penting bagi sebagian orang, namun terlalu sering mengonsumsi satu bahan makanan yang diolah dengan cara yang sama bisa menimbulkan rasa tidak enak pada perut. Rasa bosan bisa memengaruhi nafsu makan ibu yang membutuhkan nutrisi yang sama setiap hari. Maka, buatlah beberapa variasi yang membuat nafsu makan kembali naik dan tidak lagi mual saat melihat makanan.

    Sumber : http://prenagen.com
     
    lasealwin and aliansyah like this.
  2. lasealwin

    lasealwin Well-Known Member

    Joined:
    Aug 1, 2015
    Messages:
    1,877
    Likes Received:
    174
    Trophy Points:
    63
    Ternyata begitu ya.... Setiap ibu harus mengantisipasi hal ini dan salah satu caranya dengan mengkonsumsi rempah jahe
    Salam sehat alami
     
  3. dukejos

    dukejos New Member

    Joined:
    Jan 8, 2016
    Messages:
    10
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    mual ini wajar bagi orang hamil, namanya juga morning sickness..
    tips bermanfaat
     
  4. kumishitam

    kumishitam Member

    Joined:
    Jan 3, 2016
    Messages:
    112
    Likes Received:
    2
    Trophy Points:
    18
    pakai permen mint kayaknya bisa
     
  5. aidatour

    aidatour Member

    Joined:
    Feb 17, 2017
    Messages:
    39
    Likes Received:
    2
    Trophy Points:
    8
    enaknya makan rujak :p
     
  6. Kang Jaka

    Kang Jaka Member

    Joined:
    Apr 24, 2017
    Messages:
    211
    Likes Received:
    2
    Trophy Points:
    18
    Memang tanda kehamilan sangat mudah di deteksi *kagum*
     
  7. Rima

    Rima Guest

    gan gimana kalau mualnya disertai buang air besar terus-terusan? nanti kehabisan cairan :(
     
  8. Kang Jaka

    Kang Jaka Member

    Joined:
    Apr 24, 2017
    Messages:
    211
    Likes Received:
    2
    Trophy Points:
    18
    Sedot aja sis pipa paralon bia cepat nambah lagi cairannya *ketawa3*
     
Loading...

Share This Page