Mudah, Membuat undangan pernikahan Menggunakan CorelDraw

Discussion in 'Graphic Design & Animation' started by priadi, Nov 24, 2020.

  1. priadi

    priadi New Member

    Joined:
    Nov 18, 2020
    Messages:
    17
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    3
    Kali ini saya ingin berbagi sebuah tutorial yang bagus nih untuk kalian semua. Dan pasti kalian semua suatu saat membutuhkan ini apalagi kalau bukan undangan, ya undangan pasti kita perlukan saat kita nanti akan melangsungkan sebuah pernikahan. Nah oleh karena itu, disini saya akan membagikan tutorial cara pembuatan undangan dengan menggunakan CorelDraw.

    Apa sih undangan itu? Undangan adalah sebuah penghormatan yang berupa selembaran kertas atau surat kepada seseorang untuk dipersilahkan hadir pada hari dan waktu yang telah di tentukan di dalam undangan tersebut. Pasti banyak jenis undangan yang pernah kalian dengar, tapi kali ini saya akan membahas tutorial undangan pernikahan. Nanti teman-teman bisa kreasikan sesuai selera teman-teman sekalian jika telah memahami tutorial ini. oke langsung saja perhatikan cara di bawah ini.

    Cara mebuat undangan pernikahan di CorelDraw

    Cover bagian 1 undangan

    1. Buka Lembar kerja Corel Draw kalian. Untuk mebuat lembar kerja baru anda bisa menekan ikon di sudut kiri atas, atau klik di new Documen atau kamu juga bisa dengan cara cepat tekan Ctrl + N.

    2. Setelah masuk dalam lembar kerja sekarang setting lembar kerjanya menjadi ukuran A4. sampai di lembar kerja kamu menunjukkan ukuran A4 dengan jenis Lanscape atau posisi tidur.

    3. Kemudian pilih Rectangle tool. Dengan mengaktifkan Rectangle tool (F6) buat dua buah persegi panjang dari ukuran A4 seperti yang tadi.

    4. Disini kreatifitas anda diuji dalam penggunaan Pen tool. Buat pola gambar sesuai dengan kreatifitas kamu dengan menggunakan Pen Tool kemudian warnai dengan warna favorite kamu.Disini saya menggunakan warna orange.

    5. Persegi yang sudah kita buat tadi beri warna Hitam, Kemudian buat ornamen yang sudah dibuat untuk bagian Headernya, kemudian Copy Mirror keposisi bawah agar bergabung dengan persegi yang kita buat.

    6. Beri Tulisan yang menarik dibagian tengah-tengahn ornamen warna yang sudah kamu buat tadi. Disini saya menggunakan font Black Magic karena menurut saya font ini sangat cocok, jika kamu punya font yang lebih greget, silahkan saja, buat kreasi kamu sebagus mungkin.

    [​IMG]

    7. Kembali lagi dengan Pen tool kamu diharuskan membuat Label seperti diatas, boleh juga dengan kreasi kamu sendiri sesuai dengan selera kamu. Tentunya kamu sudah bisa dalam pembuatannya, jadi tidak perlu saya jelaskan lagi.

    [​IMG]

    Hasil akhir pada bagian Cover undangan 1, seperti nampak pada gambar diatas.

    Sekarang kita masuk ke bagian 2 undangan

    [​IMG]

    1. Untuk bagian Cover 2 saya menggunakan dua kombinasi warna dengan bantuan pewarnaan seperti gambar diatas.

    [​IMG]

    2. Kemudian kamu bisa tambahkan gambar cicin untuk mempercantiknya, untuk gambar cincin itu sendiri bisa kamu dapatkan dengan cara download di Google Image Sreach.

    [​IMG]

    3. Tambahkan huruf depan nama pengantin pada undangan yang sudah dibuat seperti gambar di atas.

    Hasil desain cover 2 bisa dilihat pada gambar dibawah.

    [​IMG]

    Nah, sekarang kita masuk kebagian isi undangan

    1. Untuk bagian isi 1 disini saya membuatnya sangat simpel, ada dua kombinasi Font yang saya gunakan, Black Magic dan Coventry garden. Silahkan anda berimajinasi sendiri bagimana membuat background yang menawan.

    [​IMG]

    2. Untuk bagian isi 2 saya memberi kombinasi warna orange di tengah persegi yang bewarna merah. Seperti gambar di bawah ini.

    [​IMG]

    3. Aktifkan Interaktife Fill Tool (G) kemudian klik pada persegi panjanganya dan atur tingkat ketebalan warnanya. bisa anda lihat gambar diatas.

    4. Kembali lagi anda mengguka Pen Tool untuk membuat ornamen seperti gambar dibawah ini.

    [​IMG]

    5. Lakukan pewarnaan dengan tool yang saya panah no 1, 2 dan 3, atau anda juga bisa berkreasi sendiri yang tentunya akan sama seperti gambar di bawah ini.

    [​IMG]

    Dan hasil undangan dari yang sudah kita buat tadi adalah seperti di bawah ini.

    [​IMG]

    Itulah tutorial Cara Membuat Undangan Pernikahan dengan CorelDraw. Mudah-mudahan bermanfaat buat teman-teman semua. Semoga teman-teman bisa memahaminya dan mempelajarinya agar lebih berkreasi dalam membuat undangan.
     
  2. andikasa

    andikasa Member

    Joined:
    Nov 27, 2020
    Messages:
    82
    Likes Received:
    6
    Trophy Points:
    8
    mantap tutorialnya.
    kalau udah bisa sih emang gampang
    saya biasa pake photoshop
     
  3. priadi

    priadi New Member

    Joined:
    Nov 18, 2020
    Messages:
    17
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    3
    mantap mas semoga makin terbiasa lagi menggunakan aplikasi edit yang lainnya.
     
Loading...

Share This Page