Nasehat Bob Sadino Supaya Bisnis Modal Kecil Untung Besar

Discussion in 'General Business' started by Reza Ahmad, Sep 19, 2019.

  1. Reza Ahmad

    Reza Ahmad Member

    Joined:
    Apr 3, 2018
    Messages:
    126
    Likes Received:
    5
    Trophy Points:
    18
    Tentu anda mengenal sosok yang satu ini, sosok orang yang menginspirasikan semua pebisnis di Indonesia dan menjadi seorang legenda bisnis, yaitu almarhum Bob Sadino. Walau terkadang anda berpikir bahwa bisnis terlihat mustahil, namun berkatnya kita tahu bahwa membangun sebuah bisnis modal kecil untung besar itu bukan suatu hal yang mustahil.

    Almarhum Bob Sadino merupakan salah satu panutan bagi para pebisnis, beliau merupakan seorang pebisnis sukses, mentor, sekaligus motivator dalam berbisnis dengan kata-kata bijaknya yang sangat kritis. Pria dengan nama lengkap Bambang Mustari Sadino ini merupakan salah satu bentuk nyata dari orang yang keluar dari zona nyamannya dan merintis bisnis modal kecilnya dari nol. Ini dia beberapa wejangan atau nasehat dari almarhum Bob Sadino bagi mereka yang ingin memulai bisnis modal kecil untung besar :

    Pilih Bisnis yang Anda Kuasai
    Jika memang anda ingin merintis bisnis modal kecil untung besar, jangan pernah anda sekalipun anda menirukan orang lain. Mulailah dengan memilih bisnis modal kecil di bidang usaha yang memang anda pahami dan kuasai. Hal ini pastinya akan menghemat waktu dan tenaga bukan ?

    Karena setelah anda memahami mengenai jenis bisnis modal kecil yang anda pilih, anda tidak akan perlu lagi sibuk melakukan riset terhadap produk yang seperti apa, keunggulan dan kekurangan produk anda apa, dan siapa sajakah segmen pasar dari produk anda. Dan tidak memerlukan waktu yang lama, anda bisa segera mengeksekusikan bisnis anda.

    Beritahu Bisnis ke Teman
    Beritahu teman dan rekan kerja anda terhadap bisnis yang anda jalani, karena teman anda memiliki potensi yang tinggi yang menghasilkan dua hal. Bisa menjadi calon pelanggan ataupun bisa calon mitra bisnis anda. Karena dalam mengembangkan bisnis, tentu anda membutuhkan jaringan bukan ? Maka dari itu, teman atau rekan kerja bisa menjadi aset bisnis anda yang membantu memperluas jaringan bisnis modal kecil anda.

    Jangan Gunakan Pihak Ketiga
    Almarhum Bob Sadino pernah memberi nasehat agar tidak menggunakan jasa pihak ketiga, hal ini berkaitan langsung dengan persoalan marketing bisnis anda, intinya jangan sampai anda terjebak dengan jasa pihak ketiga untuk strategi promosi bisnis modal kecil anda. Pihak ketiga yang dimaksud ialah jasa agency atau konsultan. Karena setelah anda menyetujui untuk menggunakan jasa mereka, maka akan ada pengeluaran tambahan yang diperlukan.

    Buat Skala Prioritas
    Nasehat yang satu ini penting kaitannya dengan arus kas bisnis anda. Baik bisnis modal kecil ataupun besar tentu memerlukan modal, baik modal uang ataupun tenaga. Dan khusus bagi anda yang melakukan bisnis modal uang, maka penting untuk menjaga arus kas bisnis anda. Untuk itulah penting sekali membuat skala prioritas mengenai proyek apa saja yang nantinya akan dilakukan dalam waktu dekat dan berapa kisaran anggaran dananya nanti. Jika anda tidak dapat mengontrol arus kas bisnis anda, akan berakibat pada bocornya uang kas karena aktivitas promosi dan sebagainya yang tidak terkontrol.

    Gunakan Media Sosial
    Pada masa kini, penggunaan media sosial bukan hanya untuk berkomunikasi saja, tetapi juga untuk berbisnis. Walaupun almarhum Bob Sadino pebisnis zaman dahulu, namun ia setuju untuk menggunakan media sosial sebagai media promosi bisnisnya. Beliau berkata bahwa jejaring sosial ini sangat praktis untuk digunakan kegiatan promosi.
     

Share This Page