[Naskah Youtube] PENGLIHATAN INFRAMERAH! Beginilah 10 Gambaran Dunia yang Dilihat dari Mata Hewan!

Discussion in 'Video' started by satriabajahitam, Dec 9, 2018.

Tags:
  1. satriabajahitam

    satriabajahitam New Member

    Joined:
    Sep 1, 2016
    Messages:
    4
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    Alam selalu punya hal menarik untuk dibahas. Salah satunya dari sisi keberagamannya. Banyak sekali penelitian-penelitian yang sudah membuktikan sesuatu, termasuk penelitian tentang cara kerja dari mata hewan.

    Kali ini kami telah merangkum 10 gambaran dunia yang dilihat dari mata hewan.

    10. Anjing

    Anjing adalah hewan paling setia pada majikannya. Kemampuan penciumannya yang tajam, sering diandalkan oleh kepolisian untuk mencari pelaku pembunuhan yang melarikan diri.

    Tidak seperti manusia yang mempunyai warna dasar merah, hijau, biru, dan kuning, anjing hanya bisa melihat warna dari kombinasi biru dan kuning saja.

    9. Lebah

    Lebah adalah serangga yang menghasilkan madu. Serangga yang hidup berkoloni ini bertahan hidup dengan meminum nektar-nektar yang terdapat pada bunga.

    Sebuah penelitian menemukan, ternyata mata lebah bisa menangkap sinar ultraviolet. Hal ini membantunya menemukan nektar yang ada di dalam bunga.

    8. Hiu

    Ikan yang hidup di perairan dalam, rata-rata bisa melihat dalam kegelapan. Tidak terkecuali ikan hiu. Hewan yang satu ini ternyata tidak bisa melihat warna sama sekali, namun mereka melihat lebih tajam daripada yang kita lihat.

    7. Ular

    Penglihatan ular berbeda dari kebanyakan hewan lainnya. Di samping moncong ular yang sensitif terhadap inframerah, mata ular yang kecil ternyata bisa mendeteksi panas tubuh mangsanya.

    Jadi, tidak peduli siang atau malam, selama mangsanya memancarkan panas, ulah bisa melihatnya.

    6. Kucing

    Mata kucing tidak bisa membedakan warna merah dan hijau. Jadi, mata mereka hanya bisa melihat warna dari campuran warna biru dan kuning saja.

    Berbeda dengan manusia, penglihatan kucing lebih luas sehingga bisa lebih banyak melihat objek di sekelilingnya.

    5. Ikan

    Ikan mempunyai detektor ultraviolet di matanya. Selain itu, ikan memandang dunia ini lebih cembung dibandingkan manusia.

    Itulah alasan lensa kamera yang menghasilkan gambar cembung, dinamakan lensa fish eye.

    4. Kuda

    Kita semua sudah tahu, kalau kuda memiliki letak mata yang berlainan dan terhalang oleh moncongnya.

    Moncong kuda yang panjang ternyata menjadi titik buta dari penghilatannya. Oleh karena itu, tidak usah heran kalau sering sekali kita mendengar berita kuda menabrak atau tercerbur ke selokan.

    3. Elang

    Sebagai burung pemakan daging, rata-rata mangsanya berada di atas tanah. Bagaimana elang bisa melihat mangsa ketika terbang jauh di atas langit?

    Ternyata mata elang bisa mendeteksi sinar ultraviolet, sehingga dia bisa memfokuskan matanya lebih tajam daripada manusia. Selain itu, menurut penelitian mata elang bisa fokus pada sesuatu dari jarak 1.5 kilometer.

    2. Tikus

    Pernah menjadi sumber dari penyakit mematikan berabad-abad lalu, ternyata tikus masih menjadi masalah di kehidupan kita sampai hari ini. Kebiasaannya mencuri makanan dan menggerogoti kayu, sering membuat barang-barang di rumah rusak.

    Tikus juga terkenal lihai dalam melarikan diri. Ternyata kemampuannya tersebut berasal dari matanya yang bisa melihat sesuatu secara lambat. Selain itu, mata kanan dan tikus bisa bergerak masing-masing dan melihat dua objek berbeda sekaligus.

    1. Bunglon

    Bunglon adalah hewan yang bisa berubah warna, tergantung benda apa yang dia sentuh. Kita semua mungkin sudah tahu, kalau mata bunglon itu melotot dan selalu terlihat berada di posisi yang tidak masuk akal.

    Ternyata bunglon bisa memutar matanya hingga 360 derajat. Selain itu, kedua matanya bisa bergerak masing-masing, sehingga mungkin sekali bagi bunglon untuk melihat benda yang ada di depan dan di belakangnya sekaligus.

    Itulah 10 cara hewan memandang dunia ini yang telah (nama channel, misal tibuku) rangkum. Jangan lupa like dan subscribe supaya kalian mendapatkan informasi menarik lainnya. Sampai jumpa di video selanjutnya.
     
  2. ais elkiram

    ais elkiram Well-Known Member

    Joined:
    Feb 10, 2015
    Messages:
    1,289
    Likes Received:
    219
    Trophy Points:
    63
    Kalau kumbang satria baja hitam penglihatan nya bagaimana ya?
     
  3. Aditya WP

    Aditya WP Member

    Joined:
    May 29, 2015
    Messages:
    416
    Likes Received:
    47
    Trophy Points:
    28
    Google+:
    Mantap naskahnya gan, apalagi yang bacain cewek dan suaranya mantap, pasti banjir visitor. Tapi kalau yg bacain mesin kayak kebanyakan video youtube, pasti baru jalan 10 detik langsung kabur visitornya hehehehe
     
  4. cahyo prasetyo

    cahyo prasetyo Member

    Joined:
    Aug 4, 2018
    Messages:
    120
    Likes Received:
    16
    Trophy Points:
    18
    Wih mantap juga kalau kucing bisa melihat inframerah atau objek lainnya..soalnya sy pelihara banyak kucing di rumah wkwkw
     

Share This Page