Nasu Kadundung Masakan Khas Pattae

Discussion in 'Tourism' started by anshardjie, Apr 5, 2017.

  1. anshardjie

    anshardjie New Member

    Joined:
    May 27, 2014
    Messages:
    9
    Likes Received:
    2
    Trophy Points:
    1
    Google+:
    [​IMG]
    Nasu kadundung adalah masakan khas suku pattae, yang ada di Kab. Polman, Prov. Sulbar. Jangan mengaku pernah menginjakkan kaki di tanah pattae, bila belum mencicipi kuliner khas pattae yang satu ini. Inilah salah satu masakan khas suku Pattae yang mantap jiwa. Dibuat dengan menggunakan bumbu-bumbu yang sederhana, tapi menghasilkan cita rasa yang tinggi. Nasu Kadundung memiliki aroma yang khas. Aromanya merupakan perpaduan aroma bumbu alami yang di dominasi daun kedondong.

    Kuliner khas yang satu ini diklaim sebagai masakan yang sehat dan kaya gizi. Tidak berlebihan sebenarnya, karena nasu kadundung tidak menggunakan penyedap rasa sama sekali. Bahan yang digunakan untuk membuatnya juga dari bahan-bahan yang alami, seperti: daun kedondong muda, pakis, serai, lengkuas, dan gula merah. Dengan demikian, tidak salah bila nasu kadundung diklaim sebagai makanan yang sehat dan kaya gizi. Apalagi daun kedondong sebagai bumbu utama, juga dipercaya memiliki kandungan alami yang dapat bermanfaat bagi kesehatan tubuh, seperti: zat besi, kalsium, vitamin A dan vitamin B.

    Kuliner ini sering disajikan sebagai hidangan dalam acara atau pesta yang diadakan oleh warga masyarakat, seperti: pesta perkawinan, khitanan, pesta adat, dan lain sebagainya. Namun selain dalam acara-acara resmi, biasanya masakan ini juga dibuat sebagai masakan yang dihidangkan sehari-hari.

    Jika anda berkunjung ke Kab. Polman. Prov. Sulbar, maka sempatkanlah untuk mencicipi kuliner khas ini. Anda dapat menikmati nasu kadundung sambil menikmati keindahan alam, misalnya dengan mengunjungi Obyek Wisata Alam Pemancingan Rawa Bangun yang ada di Desa Batetangnga, Kec. Binuang. Obyek wisata Rawa Bangun memiliki daya tarik tersendiri yang akan membuat para pengunjungnya betah untuk berlama-lama menikmati keindahan alam disekitarnya. Di tempat ini terdapat warung-warung yang menjajakan nasu kadundung kepada para pengunjung dengan harga yang relatif murah.

    Demikian informasi mengenai kuliner khas pattae di Kab. Polman, Prov. Sulbar, semoga bermanfaat.
     
    lasealwin and Hana07 like this.
  2. Explore Wisata

    Explore Wisata Member

    Joined:
    Jan 30, 2017
    Messages:
    385
    Likes Received:
    14
    Trophy Points:
    18
    sepertinya nikmat nih, bikin ngiler
     
  3. ziuma

    ziuma Well-Known Member

    Joined:
    May 23, 2014
    Messages:
    1,105
    Likes Received:
    137
    Trophy Points:
    63
    Google+:
    perut sih ngak lapar, karena baru saja makan
    tapi jadi lapar mata :D
     
  4. ARIF AHNAN

    ARIF AHNAN Active Member

    Joined:
    Oct 18, 2016
    Messages:
    303
    Likes Received:
    39
    Trophy Points:
    28
    Tampilan makanan yh ko aneh yhh.,., hehe.,.,

    Mirip sama.,.,.,. *bingung* apa gitu,.,., hehe ?
     
  5. Rafa Asoka

    Rafa Asoka Active Member

    Joined:
    Sep 5, 2015
    Messages:
    550
    Likes Received:
    47
    Trophy Points:
    28
    mmmm. ngeliatnya agak gimana gitu.. *dingin*
     
  6. Hana07

    Hana07 Member

    Joined:
    Mar 16, 2017
    Messages:
    70
    Likes Received:
    6
    Trophy Points:
    8
    aduh bikin ngiler... kalo di Jakarta bisa pesen dimana yak *head*
     
  7. Espedia

    Espedia New Member

    Joined:
    Apr 6, 2017
    Messages:
    19
    Likes Received:
    3
    Trophy Points:
    3
    Indonesia, kaya akan cita rasa.
     
  8. Lombok Wander

    Lombok Wander Member

    Joined:
    Aug 19, 2015
    Messages:
    76
    Likes Received:
    6
    Trophy Points:
    8
    Google+:
  9. Sindri

    Sindri Member

    Joined:
    Mar 16, 2016
    Messages:
    116
    Likes Received:
    7
    Trophy Points:
    18
    Paling seger kalau sayur ada pakisnya *bagus*
     
  10. akharisma

    akharisma Member

    Joined:
    Jul 24, 2016
    Messages:
    32
    Likes Received:
    2
    Trophy Points:
    8
  11. Ukhti Alis

    Ukhti Alis New Member

    Joined:
    Dec 9, 2016
    Messages:
    20
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
  12. nico andri

    nico andri New Member

    Joined:
    Apr 8, 2017
    Messages:
    5
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    wuiiiihhh,, pingin menyantap menu nya :D
     
  13. Tresna Amanah

    Tresna Amanah New Member

    Joined:
    Apr 9, 2017
    Messages:
    1
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    Kayalnya enak banget nich !!:eek:
     
  14. Carung

    Carung New Member

    Joined:
    Apr 1, 2017
    Messages:
    5
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    Membuat pensaran niih !!!!
    gimana y rasanya ????*bingung*
     
  15. IrvanAbdula

    IrvanAbdula New Member

    Joined:
    Oct 12, 2016
    Messages:
    5
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    itu makanannya halal gak?? wkwkwk
     
  16. galang

    galang Well-Known Member

    Joined:
    Dec 22, 2014
    Messages:
    1,014
    Likes Received:
    63
    Trophy Points:
    48
    namanya unik, penasaran sama rasanya
     
  17. imanjagoa

    imanjagoa Active Member

    Joined:
    Mar 29, 2016
    Messages:
    339
    Likes Received:
    36
    Trophy Points:
    28
    cintailah produk2 indonesia :D
     
  18. Superboy XIX

    Superboy XIX Member

    Joined:
    Mar 8, 2017
    Messages:
    47
    Likes Received:
    2
    Trophy Points:
    8
    Keliatannya gurih gurih nyoy tuh hihihihi, mantap nih nambah ilmu... khas sulbarr !! horass :D
     
  19. Ulin

    Ulin Member

    Joined:
    May 4, 2014
    Messages:
    282
    Likes Received:
    12
    Trophy Points:
    18
    Google+:
  20. ndrahid

    ndrahid New Member

    Joined:
    Apr 14, 2016
    Messages:
    3
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    dari tampilannya jadi bikin penasaran buat mencoba makanan khas pattae :D
     

Share This Page