Ngakak! Pertanyaan 'Awam' Tentang yang Hal Membatalkan

Discussion in 'General Discussion' started by Hamda Firdaus, May 29, 2017.

Tags:
  1. Hamda Firdaus

    Hamda Firdaus New Member

    Joined:
    Sep 27, 2016
    Messages:
    28
    Likes Received:
    2
    Trophy Points:
    3
    Google+:
    Sebeumnnya selamat menjalankan ibadah puasa untuk yang menjalankan. Semoga kuat sebulan penuh dan lancar jaya.
    Puasa secara umum adaah menahan diri dari makan dan minum, dalam rentang waktu tertentu. Dalam islam, harus diiringi dengan rangkaian ibadah tertentu, seperti sahur dan berbuka, dll.
    Saat puasa (Ramadhan) seringkali terlontar pertanyaan yang #awam mengenai puasa, terutama tentang hal yang membatalkan puasa. Apa aja?
    • Kentut
    Jawabannya adalah tidak. Selama puasa, memang tidak boleh untuk memasukan apapun dari luar kedalam tubuh. Makanan, minuman, termasuk 'berhubungan' ketika puasa. Tapi kan kentut adalah keadaan yang 'Keluar' , bukan masuk. :D
    • Menangis
    Seringkali anak-anak yang belum terbiasa puasa, sulit menahan lapar dan merengek pada orangtuanya. Biar anaknya tenang, biasanya si orang tua akan mengatakan kalau si anak tidak berhenti menangis, puasa anaknya akan batal. Padahal tidak, menangis tidak membatalkan puasa.
    • Berkumur-kumur
    Dasarnya sih berkumur-kumur boleh saja, termasuk menggosok gigi (sebagian sih melarang). Berkumur tidak membatalkan, kecuali berkumurnya cuma untuk modus. Palagi ketika yang masuk 3 kali, tapi keluar 2 kali. Ataupun berkumur dengan kuah sop buah.
    • Mandi kelamaan / Berenang
    Apalagi saat udaranya panas, salah satu hal untuk mengademka badan ya dengan mandi. Mandi kelewat lama, ataupun berenang sih oke aja, tidak akan membatalkan puasa. ya kecuali, itu cuma modus biar bisa minum kan Sambil menyelam minum air. Itupun kalo nggak jijik minum air kolam yang mengandung daki dan tak jarang air pipis. :D
    • Ciuman
    Tingkatan awam ini seriusan bikin ngakak. Menurut TS sih ciuman itu nggak boleh selama puasa, kalo cium kening, gadengan dan ritual pacaran lainnya sih sah-sah aja, cuma yaaaa begitulah. Apa nggak sia-sia aja, cape nahan aus lapar doang,,
    Kalo suami istri sih menurut ane sekedar cium kening sih boleh :D kalo yang lain2 nggak tahu. Belum berpengalaman :D

    Sekian, semoga menjawab pertanyaan ambigu agan-agan semua.
    (Lanjut ngemil kuaci, sambil nungguin bedug magrib) :D
     
    lasealwin and Damar like this.
  2. Rafa Asoka

    Rafa Asoka Active Member

    Joined:
    Sep 5, 2015
    Messages:
    573
    Likes Received:
    48
    Trophy Points:
    28
    tapi kalo kentut didalam air ( saat berenang / berendam, ), batal lho !
     
  3. Fitria Nursalis

    Fitria Nursalis Active Member

    Joined:
    Oct 13, 2016
    Messages:
    504
    Likes Received:
    37
    Trophy Points:
    28
    Google+:
    hehe bagus juga threadnya gan,
    pas baca jadi senyum-senyum sendiri apalagi pas bacanya yang kumur-kumur pake sop buah *ketawa4**ketawa4*
     
    Hamda Firdaus likes this.
  4. rosyad

    rosyad Active Member

    Joined:
    Dec 30, 2016
    Messages:
    596
    Likes Received:
    42
    Trophy Points:
    28
    Yang di maksud kentut di dalam air, itu kayanya yang membatalkan puasa.
     
    Hamda Firdaus likes this.
  5. imanjagoa

    imanjagoa Active Member

    Joined:
    Mar 29, 2016
    Messages:
    386
    Likes Received:
    40
    Trophy Points:
    28
    ngakak online dulu dah :D
     
    Hamda Firdaus likes this.
  6. yamor xi

    yamor xi Member

    Joined:
    Jun 6, 2015
    Messages:
    53
    Likes Received:
    4
    Trophy Points:
    8
    greget itu sampe kentut aja batal *huh*
     
    Hamda Firdaus likes this.
  7. Rikhy NM

    Rikhy NM New Member

    Joined:
    Apr 28, 2017
    Messages:
    13
    Likes Received:
    4
    Trophy Points:
    3
    Yang bikin batal puasa ya ngemil sambil nunggu bedug magrib.. *berkeringat*
     
    Hamda Firdaus likes this.
  8. Si Raja

    Si Raja Active Member

    Joined:
    Nov 24, 2015
    Messages:
    800
    Likes Received:
    68
    Trophy Points:
    28
    heeee.
    lucu..
    semangat yach puasanya.
    semoga amal dan ibadah kita di lipat gandakan oleh Allah S.W.T

    Amin...
     
  9. Hamda Firdaus

    Hamda Firdaus New Member

    Joined:
    Sep 27, 2016
    Messages:
    28
    Likes Received:
    2
    Trophy Points:
    3
    Google+:
    Nggak gitu paham juga, Mungkin kalo kentut dalam aer, kemungkinan ada aernya yang masuk ya?
    Tapi kayaknya tetep gabatal deh, kecuali minum aer saat mandi, baru...
    *ketawa1*
     
  10. Hamda Firdaus

    Hamda Firdaus New Member

    Joined:
    Sep 27, 2016
    Messages:
    28
    Likes Received:
    2
    Trophy Points:
    3
    Google+:
    Aminnn,, Semoga Setrong sampe akhir ya Den *keren3*
     
  11. Hamda Firdaus

    Hamda Firdaus New Member

    Joined:
    Sep 27, 2016
    Messages:
    28
    Likes Received:
    2
    Trophy Points:
    3
    Google+:
    Jangan dicoabain Den, Batal *ketawa4*
     
  12. Hamda Firdaus

    Hamda Firdaus New Member

    Joined:
    Sep 27, 2016
    Messages:
    28
    Likes Received:
    2
    Trophy Points:
    3
    Google+:
    Kalo kelupaan mah (semoga) dimaapkeun, Den *ketawa4*
    (Lanjut seruput kopi)
     
  13. GembeL Berdasi

    GembeL Berdasi New Member

    Joined:
    May 22, 2017
    Messages:
    29
    Likes Received:
    2
    Trophy Points:
    3
    kalo ini yang batal puasanya orang tuanya, yang sudah berbohong kepada anaknya *ketawa3*
     
  14. Burhan Abdillah

    Burhan Abdillah Active Member

    Joined:
    Jan 25, 2017
    Messages:
    238
    Likes Received:
    46
    Trophy Points:
    28
    cobaan suami ketika puasa adalah mendapatkan pelukan kasih sayang istri tanpa nafsu...,,, mau nolak ntr takut dia sakit hati, kalau tidak di tolak hukum dalam islam belum ada, mungkin ada yang ingin menambahkan teman2?
     
  15. galang

    galang Well-Known Member

    Joined:
    Dec 22, 2014
    Messages:
    1,078
    Likes Received:
    68
    Trophy Points:
    48
    ini gimana maksudnya? yg jelas dong :D
     
  16. Achmad Try

    Achmad Try Active Member

    Joined:
    Mar 19, 2016
    Messages:
    616
    Likes Received:
    71
    Trophy Points:
    28
    cium istri sendiri terus nafsu syahwat jdi keluar, batal juga loh,...
     
  17. bangpahmi

    bangpahmi Active Member

    Joined:
    May 3, 2016
    Messages:
    278
    Likes Received:
    27
    Trophy Points:
    28
    Google+:
    Baru ane mau tanya yang ini dan,, lagi survey jug soalnya :D:D:D:D
     
  18. ARIF AHNAN

    ARIF AHNAN Active Member

    Joined:
    Oct 18, 2016
    Messages:
    369
    Likes Received:
    43
    Trophy Points:
    28
    Teryata keramas di siang hari bissa buat batal... Haha...
    I
     
  19. DwiKhasbullah

    DwiKhasbullah Well-Known Member

    Joined:
    Aug 7, 2014
    Messages:
    1,693
    Likes Received:
    108
    Trophy Points:
    63
    Google+:
    Ikutan ketawa gan wkwkwkwkwkw*jail**jail**jail**jail*
     
  20. ridlo 07

    ridlo 07 Member

    Joined:
    Jan 21, 2017
    Messages:
    64
    Likes Received:
    3
    Trophy Points:
    8
    yang ini kenapa masuk daftar,, ada2aja
     
Loading...

Share This Page