Nggak Kecewa dengan Pelayanan Airy, Refund Tiketnya Mudah

Discussion in 'Tourism' started by Hamzah Khalid, Mar 1, 2019.

  1. Hamzah Khalid

    Hamzah Khalid New Member

    Joined:
    Apr 27, 2018
    Messages:
    21
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    6
    Apapun tujuannya, yang namanya perjalanan memang harus direncanakan dengan baik. Apalagi perjalanan ke luar kota. Tapi ya seperti kata orang-orang, manusia bisa merencanakan, tetap Tuhan yang menentukan.


    Hal ini terjadi tahun lalu, pas gue mau tahun baruan 2019 kemarin. Jadi ceritanya, pas bulan Desember, gue dan teman-teman kantor merencanakan liburan ke Bromo, sekalian ngerayain tahun baru. Langsung kebayang, kan, serunya! Gimana sensasi melihat malam terakhir 2018 sambil star-gazing, lalu menyaksikan first sunrise di Bromo. Mantap banget pokoknya!


    Sayang itu cuma mimpi, karena seminggu sebelum hari-H, gue terlalu lincah di jalan dan akhirnya kecelakaan dan kaki gue bengkak gede banget. Duh! Batal tahun baruan deh. Mana pas itu baru kali pertama cobain booking tiket pesawat di Airy lagi. Gue males banget kalau proses refund-nya ribet.


    Untung gue salah.


    Berbekal googling sedikit, gue menemukan step-by-step cara refund tiket di blog resmi Airy. Gue coba ikuti dan ternyata beneran bisa! Gini nih ceritanya.


    1. Siapkan Data Diri Lengkap

    Ini nih yang sering kelupaan. Jadi biar gak skip, gue mention duluan. Hahahaha. Proses refund di mana pun bakal membutuhkan data diri yang lengkap, yaitu KTP, e-tiket Airy yang akan lo refund, dan buku tabungan. Kenapa? Biar gak terjadi salah data.


    Proses refund akan banyak melibatkan cross-check dan konfirmasi data. Jadi pastikan seluruh data lo tercatat dengan jelas, ya!


    Oh ya! Sebenarnya Airy juga sudah memuat data apa saja di e-tiket yang lo butuhkan untuk refund sih. Biar lo gak perlu mondar-mandir, ini dia data-datanya:

    1. Booking ID

    2. Rute yang dibatalkan

    3. Tanggal penerbangan yang dibatalkan

    4. Nama penumpang yang dibatalkan

    5. Alasan refund:

      1. Pengajuan pembatalan oleh penumpang

      2. Kehamilan

      3. Sakit (ini nih yang jadi alasan gue. Hahahaha)

      4. Penumpang meninggal

      5. Pembatalan/penggantian jadwal oleh maskapai (kalo ternyata penerbangan lo diganti jadwalnya oleh maskapai dan tidak sesuai dengan jadwal lo)

      6. Bencana alam

      7. Pemesanan dobel

      8. Kesalahan memasukkan informasi
    Proses refund biasanya menggunakan transfer bank. Inilah alasan buku tabungan juga perlu lo siapkan. Airy akan membutuhkan beberapa informasi, antara lain:

    1. Nama bank

    2. Nomor rekening

    3. Nama pemilik rekening (ini lumayan tricky, karena nama pemilik rekening ini wajib sama dengan yang tercantum di buku rekening. Penelusuran gue di Google mengatakan kalau banyak banget yang miss di bagian ini.)

    4. Cabang bank rekening

    Nah, begitu seluruh data ini siap, lo bisa langsung ke langkah selanjutnya, yaitu menghubungi Customer Care Airy.


    2. Hubungi Customer Care Airy di 0804 111 2479

    Yang pertama harus lo lakukan adalah lapor ke Customer Care Airy. Mereka available 24/7 kok! Jadi tenang aja; urusan refund bisa dilakukan jam berapa pun. Tapi saran gue, biar dari pihak Airy gak ribet, bisa dicoba telepon di jam kerja. Lebih safe, sepertinya.


    Setelah tersambung dari nomor 0804 111 2479, langsung tekan nomor extension 0 untuk berbicara langsung dengan operator Customer Care yang ramah dan helpful banget. Jika data-data lo lengkap dan terkonfirmasi tanpa masalah, pihak Airy akan meneruskan permohonan refund ke pihak maskapai


    3. Menunggu Proses Refund

    Sekarang lo tinggal duduk manis menunggu refund masuk ke rekening. Nah, perlu diingat bahwa rentang waktu proses refund ini agak lama. Jika lo mengajukan metode refund dengan menggunakan bank transfer, maka lo harus menunggu sampai dengan 30 (tiga puluh) hari atau 1 (satu) bulan. Tapi, jika lo melakukan pembayaran dengan kartu kredit, proses refund ini membutuhkan waktu sampai dengan 60 (enam puluh) hari.


    Walaupun waktunya terbilang lumayan lama, lo ga perlu panik! Airy selalu siap mendampingi dan mau menjawab follow-up yang lo lakukan. Lo bisa langsung telepon seperti biasa di 0804 111 2479, melalui live chat Facebook Messenger (@AiryIndonesiaCS) dan email [email protected]. Semuanya dapat lo akses 24 jam non-stop!


    Jadi, menurut gw sistem dan pelayanan di Airy ini ga mengecewakan. Terlebih lagi, harga tiketnya termasuk yang paling murah di pasaran dan proses refund-nya ga susah! Apalagi promonya juga macem-macem, bikin pengen jalan-jalan terus (tentunya abis kaki gw sembuh ya). Hahahahahaha.


    Sekian tips refund Airy dari gue. Semoga bermanfaat buat lo semua ya!
     
  2. blackking

    blackking Active Member

    Joined:
    Sep 1, 2016
    Messages:
    1,119
    Likes Received:
    77
    Trophy Points:
    48
    Untungnya belum pernah liburan jauh keluar kota, dan belum pernah coba airy
    tapi pernah baca ada diskon bagi pengguna google local guide
     
  3. Silmi Alimatul

    Silmi Alimatul Member

    Joined:
    Apr 14, 2018
    Messages:
    410
    Likes Received:
    7
    Trophy Points:
    18
    Wah ternyata cukup mudah caranya, saya pikir bakal ribet dan susah hehe
     
Loading...

Share This Page