Niat Shalat Idhul Adha Lengkap Tahun 2020

Discussion in 'Education' started by Barickly, Jan 23, 2020.

Tags:
  1. Barickly

    Barickly New Member

    Joined:
    Nov 10, 2018
    Messages:
    10
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    Niat Shalat Idul Adha –Hari Raya Idul Adha itu merupakan salah satu hari kemenangan dan keberkahan bagi umat Muslim. Hari Raya Idul Adha tepat pada Bulan Dzulhijjah. Shalat Idul Adha ialah salah satu shalat sunnah yang dikerjakan pada Hari Raya dalam agama Islam, tepatnya pada tanggal 10 Dzulhijjah karena sebelumnya kita melaksanakan puasa Idul Adha pada tanggal 8-9 Dzulhijjah.

    Sementara itu, Rasulullah SAW tak pernah sekalipun meninggalkan Shalat Idul Adha, hal ini menjadi dasar bahwa Hukum Shalat Idul Adha adalah sunnah muakkad. Amat sangat beruntung jika umat Muslim dapat berjumpa dengan Hari Raya seperti Hari Raya Idul Adha ini jadi amat sangat dianjurkan untuk mengikuti serangkaian ibadah agar mendapatkan keberkahan dari Bulan Dzulhijjah ini.

    Sesuai dengan tema kami yaitu tata cara Shalat Idul Adha ini, umat Muslim dianjurkan untuk menyembelih binatang kurban dan dibagikan kepada umat Muslim yang membutuhkan serta untuk petugas acara penyembelihan. Oleh sebab itu Hari Raya Idul Adha juga sering disebut juga dengan Hari Raya Qurban. Membahas Hari Raya Idul Adha pun tak lepas dari ibadah haji yang dilaksanakan pada Bulan Dzulhijjah ini maka dari itu Hari Raya Idul Adha juga dikenal sebagai Hari Raya Haji.


    Tata Cara Sholat Ied

    Idul adha tahun 2020 ini insyaallah jatuh pada tanggal 31 Juli. Sebagai persiapan kamu perlu mengetahui tata dan syarat dan rukun shalat idul adha.

    Cara Melaksanakan Shalat Idul Adha hampir sama dengan Shala Idul Fitri hanya saja berbeda dari segi isi khutbah dan juga bacaan dalam shalat. Pada Shalat Idul Adha ini langkah-langkah pengerjaan serta bacaannya bisa kamu lihat di islam.nu.or.id ataupun di bincangsyariah.com. Namun pada artikel yang satu ini kita fokuskan pada Niat Shalat Idul Adha.

    Niat Shalat Idul Adha ini sangatlah perlu kita perdalam sebab dalam Islam Niat itu penting, jika salah mengucap niat maka pahalanyapun berkurang. Oleh sebab itu, pelajari Niat Shalat Idul Adha ini dengan seksama. Simak Niat Shalat Idul Adha mulai dari lafadz dalam Bahasa Arab, dan juga artinya sehingga kita tau maksud serta tujuan kita melantunkan Niat Shalat Idul Adha tersebut.

    Bacalah Niat Shalat Idul Adha dalam hati dengan khusyuk dan tenang. Insha Allah jika kita memulai dari Niat Sholat Idul Adha yang khusyuk maka seterusnyapun ibadah Shalat Idul Adha ini akan lancar tak ada satupun kendala. Jadi Ibadah Shalat Idul Adha ini dilandasi dari Niat Shalat Idul Adha yang tulus.


    Berikut Niat Shalat Idul Adha Lengkap Dengan Artinya :


    أُصَلِّي سُنَّةً لِعِيْدِ الْأَضْحَى رَكْعَتَيْنِ إِمَامًا لِلّهِ تَعَــــالَى​

    “Aku berniat salat sunnah Iduladha dua rakaat menjadi imam karena Allah ta’ala.”

    أُصَلِّي سُنَّةً لِعِيْدِ الْأَضْحَى رَكْعَتَيْنِ مَأْمُوْمًا لِلّهِ تَعَــــالَى​

    “Aku berniat salat sunnah Iduladha dua rakaat menjadi makmum karena Allah ta’ala.”


    Itulah tadi lafadz Niat Shalat Idul Adha lengkap dalam Bahasa Arab dan juga artinya. Semoga dengan adanya bacaan Niat Shalat Hari Raya Idul Adha dari tuntunansholat dapat membantu kalian agar lebih mengingat lagi Niat Shalat Idul Adha.

    Jikalau kita melaksanakan ibadah Shalat Idul Adha mengawalinya dengan membaca Niat Shalat Hari Raya Qurban yang sudah kita ketahui artinya maka ibadah kita akan lebih diterima oleh Allah SWT. Kalian dapat menghafalkan bacaan Niat Shalat Idul Adha seperti yang sudah tertera di atas demi kelancaran ibadah Shalat Idul Adha kalian.
     
Loading...

Share This Page