Nih, Penyebab dan Cara Mengatasi Kram Kaki Saat Bersepeda

Discussion in 'General Sports' started by sepeda, Jun 4, 2015.

  1. sepeda

    sepeda Member

    Joined:
    Jan 9, 2015
    Messages:
    70
    Likes Received:
    2
    Trophy Points:
    8
    Setelah touring cyling atau bersepeda dengan jarak yang cukup jauh akan membuat kram kaki pada bagian paha dan betis. Rasa kaku dan nyeri otot merupakan gejala yang biasa dialami setelah kram kaki saat bersepeda. Untuk itu, kami akan mengulas tentang hal ini.

    Penyebab Kram Kaki Saat Bersepeda Cukup Jauh

    • Aliran darah yang menuju otot berkurang karena adanya tumpukan asam laktat pada aliran darah dan mengakibatkan metabolisme tubuh menjadi kurang sempurna.
    • Bersepeda saat kondisi dingin akan menyebabkan mekanisme pemanasan tubuh menjadi terganggu sehingga aliran darah tak lancar.
    • Kram kaki saat bersepeda biasanya berhubungan dengan lamanya mengayuh tanpa beristirahat dan juga dehidrasi.
    • Goweser yang menderita penyakit diabetes dan hiperkolesterol. Hal ini membuat sirkulasi darah pada otot menjadi kurang maksimal sehingga pembuluh darah mudah rusak.
    • Kram dapat berhubungan dengan berat badan yang berlebih sehingga serabut syaraf pada kaki mengalami tekanan.

    Kram otot pada kaki saat mengayuh sepeda dapat dicegah, dengan tips berikut. Apabila anda merasa otot menjadi tegang pada bagian kaki, sebaiknya berhenti dan carilah tempat untuk beristirahat. Lakukanlah peregangan serta pijat di daerah yang mengalami kram. Apabila memungkinkan, anda dapat mengompres dengan cairan dingin karena membantu mengurangi otot yang sakit.

    Sebenarnya nyeri otot atau kram pada kaki saat bersepeda dapat dicegah dengan beberapa cara berikut.
    • Sebelum bersepeda jarak jauh atau dijalan yang menanjak, lakukanlah pemanasan serta peregangan. Anda dapat berjalan atau bersepeda dengan kayuhan ringan selama lima hingga sepuluh menit.
    • Kram otot akibat kelelahan dapat dicegah dengan bersepeda secara bertahap. Maksudnya disini, jangan langsung mengayuh sepeda dengan waktu yang lama. Apabila merasa lelah, segera berhenti dan beristirahat untuk menghindari kelelahan pada otot kaki.
    • Jangan makan terlalu banyak sebelum berolahraga. Apabila manakan tinggi kalori masuk pada tubuh akan mengalirkan darah ke sistem pencernaan untuk mengurai makanan. Sementara itu, darah akan ditarik dari perut dan dialirkan ke otot saat bersepeda atau berolahraga, sehingga membuat rasa mual, sakit perut bahkan muntah.
    Sumber: http://www.sepedapancal.com/2015/04/penyebab-dan-cara-mengatasi-kram-kaki-saat-bersepeda.html
     
    Rifa Firmansyah likes this.
  2. Cowok Sejati

    Cowok Sejati Member

    Joined:
    Mar 11, 2015
    Messages:
    248
    Likes Received:
    4
    Trophy Points:
    18
    Mantaps mas triknya, akan saya coba di rumah. :)
     
  3. dimengertiaja

    dimengertiaja Member

    Joined:
    May 21, 2015
    Messages:
    854
    Likes Received:
    30
    Trophy Points:
    28
    nice tips nihh .. thanks
     
  4. sepeda

    sepeda Member

    Joined:
    Jan 9, 2015
    Messages:
    70
    Likes Received:
    2
    Trophy Points:
    8
    jgn dirumah mas nyobanya.. waktu sepedaan..hehe :p
     
  5. sepeda

    sepeda Member

    Joined:
    Jan 9, 2015
    Messages:
    70
    Likes Received:
    2
    Trophy Points:
    8
    oke, sama2 mas :D
     
  6. Roni Risnandar

    Roni Risnandar New Member

    Joined:
    Oct 2, 2014
    Messages:
    27
    Likes Received:
    2
    Trophy Points:
    3
    Bagus nih tipsnya, lanjut goweesss :D
     
  7. cepagaric

    cepagaric Member

    Joined:
    May 26, 2015
    Messages:
    67
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    8
    wah iya nih bener juga, Bersepeda saat kondisi dingin paling berpengaruh ke ane jadinya kram
     
  8. sepeda

    sepeda Member

    Joined:
    Jan 9, 2015
    Messages:
    70
    Likes Received:
    2
    Trophy Points:
    8
    sama2 kak..semoga bisa nambah wawasan :D
     
  9. sepeda

    sepeda Member

    Joined:
    Jan 9, 2015
    Messages:
    70
    Likes Received:
    2
    Trophy Points:
    8
    thread ini difokuskan saat menggunakan sepeda aden.. kalau gk punya sepeda beli dulu.. dan rasakan manfaat bersepeda...hehe :)
     
  10. sepeda

    sepeda Member

    Joined:
    Jan 9, 2015
    Messages:
    70
    Likes Received:
    2
    Trophy Points:
    8
    hehhee.makasih aden.. hidup sehat dengan gowesss..hehe :D
     
  11. sepeda

    sepeda Member

    Joined:
    Jan 9, 2015
    Messages:
    70
    Likes Received:
    2
    Trophy Points:
    8
    kalau emang saat bersepeda di cuaca yg dingin..lbih baik pemanasan atau diolesi balsem..biar kaki gk gampang kram.. :)
     
  12. monster123

    monster123 Member

    Joined:
    Dec 11, 2015
    Messages:
    310
    Likes Received:
    5
    Trophy Points:
    18
    nice info thankss gan
     
  13. patupedia

    patupedia Member

    Joined:
    Mar 1, 2016
    Messages:
    39
    Likes Received:
    2
    Trophy Points:
    8
    wahh boleh dcoba nih gan..
     
  14. sangat membantu sekali dan bermanfaat sekali. Thanks gan infonya
     
  15. sfidn

    sfidn Member

    Joined:
    Apr 5, 2018
    Messages:
    55
    Likes Received:
    3
    Trophy Points:
    8
    mantap gan sharingnya, sesuai sama thread yang ane baca di berbagai forum olahraga dan forum fitnes. kebetulan juga pas sama kejadianyang baru ane alamain, itu posisinya emang gak pemanasan sih, waktu pengen sprint, urat tiba2 ketarik dan jadilah kaki kram. hampir 30 menit ane melipir di pinggir jalan. duduk aja gak bisa ngapa2in. hahaha
     
Loading...

Share This Page