Nilai Moral dan Etika Dasar yang Harus Diajarkan kepada Anak-anak

Discussion in 'Education' started by imamfahmi, Feb 18, 2016.

  1. imamfahmi

    imamfahmi New Member

    Joined:
    Jan 6, 2015
    Messages:
    10
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    1
    Google+:
    Pelajaran etika dan moral harus mulai ditanamkan sejak dini kepada anak. Pelajaran etika dan moral ini sangat penting bagi anak-anak, karena dengan etika dan moral anak-anak akan mampu bersikap dengan bijaksana ketika berinteraksi dengan orang lain.

    Berikut ini ada beberapa nilai moral yang harus diajarkan dan ditanamkan kepada anak-anak sejak dini, diantaranya:
    [​IMG]
    1. Jangan Berbohong
    Saat ini agaknya sulit sekali menemukan seseorang yang jujur dan amanah. Untuk itu, salah satu hal yang paling penting diajarkan kepada anak yakni jangan berbohong. Beritahukan kepada anak bahwa kejujuran merupakan hal yang paling penting, tak peduli seberapa kecil kebohongan, tetaplah tidak baik dan tidak dapat ditolelir. Selain itu, ajarkan pula pada anak bahwa kebohongan adalah hal yang begitu mudah untuk dilakukan dan mungkin mereka merasa senang saat melakukannya, hanya saja akan ada ganjaran atas kebohongan tersebut yang dapat merugikan diri mereka.

    2. Bertanggung Jawab dan Meminta Maaf Ketika Melakukan Kesalahan
    Meminta maaf bukan saja mejadi bagian dari pendidikan moral, namun juga sebuah awal dari pendidikan etika yang harus ditanamkan pada setiap anak. Penting sekali mengajarkan pada anak, bahwa kata maaf adalah kata ajaib yang dapat membuat hidup terasa lebih berarti. Meminta maaf bukan hanya mengakui kesalahan saat salah atau saat tidak menepati janji, namun juga untuk menerima maaf dan membayar kesalahan mereka. Amat penting untuk mengajarkan mereka tentang hal ini untuk membentuk pribadi anak menjadi rendah hati.

    3. Suka Menolong dan Rendah Hati

    Dermawan serta suka menolong dapat diterapkan kepada anak ketika mereka masih kecil hingga saat mereka dewasa nanti kebiasaan dan perilaku ini bisa terbawa hingga mereka telah memiliki penghasilan sendiri. Jika anak anda melihat anda menolong prang lain, maka hal ini akan secara langsung menginsiprasi anak untuk melakukan hal yang sama. Mencontohkan secara langsung sebuah peajaran kepada anak akan lebih baik daripada anda mendiktenya dari sebuah buku. Dengan praktek biasa sebuah pelajaran akan mudah diterapkan, begitupun tentang pelajaran nilai moral.

    4. Menghargai Satu Sama Lain

    Menghargai setiap perbedaan adalah pelajaran yang tak kalah penting diberikan saat anak berusia dini. Arahkan dan berikan penjelasan kepada anak bahwa perbedaan itu indah jika kita menghargainya. Sebab tidak semua orang memiliki pandangan dan tujuan yang serupa dengan kita. Selain itu, dengan saling menghargai maka hidup anak terasa lebih indah.

    5. Jangan Pernah Menyakiti Orang Lain
    Ini adalah salah satu hal yang juga tak kalah penting disampaikan pada anak. Jelaskan pada anak anda apa yang akan terjadi ketika menyakitit seseorang, jelaskan juga hal apa saja yang tergolong menyakiti orang lain. Anak-anak perlu diajarkan bahwa menyakiti orang lain bukanlah tindakan yang dibenarkan, selain itu selalu ada ganjaran untuk setiap perbuatan yang kita lakukan ketika menyakiti oranglain, misalnya dijauhi orang lain, dibenci orang lain.

    6. Jangan Mencuri
    [​IMG]Point yang satu ini berkaitan pula dengan point kejujuran, dimana tidak mencuri dan selalu berkata jujur adalah fondasi dasar kehidupan. Ajarkan pada anak bahwa mencuri adalah perbuatan yang tidak terpuji dan digolongkan sebagai sebuah tindakan kejahatan yang tidak boleh dilakukan.

    Enam poin di atas merupakan poin dasar dari beberapa etika yang harus diajarkan kepada anak dan masih banyak nilai-nilai etika yang lainnya yang harus diajarkan kepada anak. Sebagai orang tua ataupun orang yang selalu berinteraksi dengan anak-anak, kita harus bisa mengajarkan dan memberikan contoh kepada anak-anak mengenai ajaran dan pesan moral dan etika ini. Cara yang paling mudah mengajarkan kepada anak-anak adalah dengan memberikan contoh dalam bentuk perilaku yang kita lakukan dan mulailah untuk membiasakannya di lingkungan inti yaitu keluarga. Jika orang tua selalu meencontohkan dan menanan nilai-nilai positif dan etika kepada anak-anaknya maka anak-anakpun secara otomatis akan bersikap sama seperti orang tuanya.

    http://blogmainanedukatif.blogspot.co.id/2016/02/nilai-moral-dan-etika-dasar-yang-harus.html
     
  2. yungga19

    yungga19 Well-Known Member

    Joined:
    Nov 28, 2015
    Messages:
    1,474
    Likes Received:
    86
    Trophy Points:
    48
    gampang-gampang susah mendidik anak, kadang suruh mandi maunya main, kadang suruh jangan nakal malah nakal.*calmdown*
     
  3. Permana27

    Permana27 Member

    Joined:
    Jul 27, 2015
    Messages:
    350
    Likes Received:
    11
    Trophy Points:
    18
    Point 2,4,5 anee setuju banget tuh dan pasti ane terapin kalo ane punya anak kelak
     
  4. rakiwen

    rakiwen Active Member

    Joined:
    Feb 11, 2016
    Messages:
    581
    Likes Received:
    47
    Trophy Points:
    28
    kayaknya no 1 harusnya agama deh,,,, hehehee
     
Loading...

Share This Page