Obat Alami Mata Kering Dan Perih

Discussion in 'Health & Medical' started by Sri Mulyani, Mar 17, 2018.

  1. Sri Mulyani

    Sri Mulyani Member

    Joined:
    Feb 2, 2018
    Messages:
    192
    Likes Received:
    3
    Trophy Points:
    18
    Apakah anda merasa mata anda kering dan perih? Berwaspadalah karena tidak menutup kemungkinan mata kering dan perih menjadi indikasi penyakit mata tertentu. Keadaan tersebut tentunya akan sangat mengganggu kenyamanan pada penderitanya. Lalu bagaimana cara mengatasinya? Mari simak website ini hingga tuntas untuk mendapatkan informasi Obat Alami Mata Kering Dan Perih.

    Sekilas Tentang Mata Kering Dan Perih

    [​IMG]

    Mata kering merupakan suatu kondisi dimana mata mengalami kekurangan cairan akibat air mata yang mudah menguap atau produksi air mata terlalu sedikit. Air mata berfungsi sebagai pelembab mata yang dikombinasikan dengan minyak, pelumas, protein khusus mata, dan perlawanan infeksi. Keseluruhan komponen ini diproduksi dari kelenjar khusus dalam mata. Mata kering tentunya akan sangat mengganggu aktifitas keseharian penderitanya karena mata terasa tidak nyaman. Kondisi mata kering dalam istilah medis lebih dikenal dengan sebutan Dry Eyes Syndrome, keadaan ini dikatakan sebagai gangguan mata yang sering terjadi pada era sekarang. Mengingat kondisi cuaca serta berbagai faktor lingkungan yang tidak sehat.

    Air mata terdiri dari 3 komponen utama :

    • Lapisan luar yang berminyak berupa lapisan lemak yang diproduksi oleh kelenjar meibom di kelopak mata. Komponen lemak ini berfungsi untuk menjaga agar air mata tidak terlalu cepat menguap.
    • Lapisan tengah, yang bersifat cair, yang diproduksi oleh kelenjar lakrimal. Komponen ini merupakan komponen air mata dengan volume terbesar.
    • Lapisan dalam, yang disebut musin, yang diproduksi oleh sel-sel goblet yang terdapat pada lapisan transparan yang menutupi permukaan bola mata yang dikenal dengan nama konjungtiva. Komponen musin ini berfungsi untuk ‘mengikat’ komponen cair air mata dengan permukaan bola mata.
    Penyebab Mata Kering Dan Perih

    Penyebab mata menjadi kering dan perih sebenarnya beragam dan dapat dipicu oleh beberapa faktor yang diantaranya :
    • Akibat perubahan hormon yang berfungsi merangsang produksi air
    • Mata Kering juga dapat dipicu akibat salah satu proses penuaan, karena kondisi mata kering lebih sering dialami oleh orang lanjut usia
    • Menderita kondisi medis tertentu seperti diabetes, lupus, gangguan tiroid, alergi, dermatitis, kekurangan, dan berbagai penyakit lain
    • Kekurangan asupan Vitamin A juga dapat menjadi pemicu mata kering dan perih
    • Efek samping dari obat-obatan tertentu seperti antihistamin, dekongestan, terapi pengganti hormon, antidepresan, obat-obatan hipertensi, obat jerawat minum, kontrasepsi oral, obat-obatan Parkinson, beta blocker, dan diuretik
    • Faktor lingkungan dan aktivitas seperti lingkungan berasap, berdebu, angin, panas, atau cuaca kering.
    • Akibat dari kosmetik atau alergi kosmetik yang memiliki kandungan tertentu
    • Adanya masalah pada struktur kelopak mata tropi (pembalikan kelopak mata bagian dalam ke luar) dan entropi (kelopak mata luar yang masuk ke dalam).
    Penderita mata kering akan mengalami produksi air mata berlebih yang turun mengalir di pipi. Hal ini terjadi ketika mata tidak mendapatkan cukup lubrikasi sehingga mata mengirimkan sinyal darurat melalui sistem saraf untuk meminta lebih banyak pelumas. Sistem saraf mata kemudian menanggapi permintaan darurat ini dengan membanjiri mata dengan air mata untuk mencoba mengimbangi kekeringan yang diderita. Tetapi, air mata darurat ini terbuat hanya dari air dan tidak memiliki kualitas pelicin atau komposisi air mata normal. Air mata palsu ini bisa membilas kotoran, namun tidak akan melapisi mata dengan baik.

    Gejala Yang Ditimbulkan Mata Kering Dan Perih

    Ketika air mata tidak bisa melumasi mata dengan baik selain mata menjadi kering dan perih, Anda juga bisa mengalami :
    • Mata terasa sangat perih
    • Sensitivitas terhadap cahaya
    • Sensasi kesat atau berpasir di dalam mata
    • Sensasi panas, menyengat, atau gatal di dalam mata
    • Seperti ada yang menyangkut di dalam mata
    • Mata tampak merah
    • Penglihatan kabur
    • Mata lelah dan berair
    • Lendir di dalam atau di sekitar mata.
    Jika tidak diobati, kondisi ini akan menyebabkan peradangan, nyeri, bisul, atau bekas luka di kornea. Pada kasus tertentu, mata kering menyebabkan kehilangan penglihatan sebagian. Namun begitu, kehilangan penglihatan total sebagai akibat dari mata kering adalah hal yang sangat langka. Namun untuk menghindari resiko-resiko tersebut Anda harus mendiskusikan pilihan pengobatan dengan spesialis perawatan mata. Pengobatan untuk mata kering mungkin bisa dilakukan dengan :

    [​IMG]

    1. Menggunakan obat tetes mata
    2. Memakai kacamata saat hendak berada diluar ruangan
    3. Hindari kondisi kering dengan mendapatkan istirahat yang cukup
    4. Minum air putih secara teratur
    5. Mengkonsumsi makanan yang mengandung asupan gizi yang baik untuk mata
    6. Hindari menggosok mata saat mata terasa perih, kering, atau gatal.
     
  2. blackking

    blackking Active Member

    Joined:
    Sep 1, 2016
    Messages:
    672
    Likes Received:
    48
    Trophy Points:
    28
    Kalau mata saya seperti ada bintik yang selalu mengikuti arah bola mata itu apanya ya
    bisa tak diobati supaya tidak menjadi kebutaan
     
  3. Sri Mulyani

    Sri Mulyani Member

    Joined:
    Feb 2, 2018
    Messages:
    192
    Likes Received:
    3
    Trophy Points:
    18
    yang saya tahu kondisi seperti itu sebagian dari gejala ablasio retina dan uveitis atau radang mata. untuk mendapatkan informasi jelasnya silahkan baca disini mas https://goo.gl/1Kew2D https://goo.gl/4RB2C3
     
    Last edited: Mar 19, 2018
Loading...

Share This Page