Off Page SEO: Meningkatkan Rating Konten Dengan Cara Backlink

Discussion in 'HTML & Website Design' started by Khawas Auskar, Jun 19, 2018.

Tags:
  1. Khawas Auskar

    Khawas Auskar New Member

    Joined:
    Jun 19, 2018
    Messages:
    3
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    Mari Kita Awali dengan Membahas Off Page SEO Lebih Dulu

    Off page SEO merupakan metode optimasi konten yang dilakukan dari luar website. Caranya dengan menanamkan link sebuah website (website kita) ke website lain. Upaya ini biasa disebut dengan backlink.

    Contoh: ada website namanya aaa.com, dan anda punya website .bbb.com. Kemudian anda menanamkan link (membacklink) website anda (.bbb.com) ke dalam salah satu konten .aaa.com. Ketika ada orang membuka dan membaca konten dalam aaa.com tersebut lantas melihat dan mengklik link .bbb.com, secara otomatis si pembaca akan diarahkan ke halaman website bbb.com.

    Begitulah cara kerja backlink dalam membuat sebuah website ditemukan orang lain.

    Semakin banyak anda melakukan backlink, diharapkan popularitas website anda semakin tinggi.

    Ada beberapa cara dalam menanamkan link sebuah website ke website lain. Diantaranya:

    · Menjadi anggota situs forum lantas mentautkan link website anda ke profil akun

    · Menulis sebuah artikel pada situs forum tersebut lantas menautkan link website anda.

    · Menjadi penulis tamu dengan imbalah anda boleh menanamkan link website, dan…

    · Menyisipkan link website anda pada komentar website orang lain.


    Oke, mari kita bahas satu per satu:

    Menjadi Anggota Situs Forum

    Bisa jadi, ada banyak situs forum yang memperbolehkan kita untuk mentautkan link website ke dalam profil akun. Namun, saya hanya memberi dua contoh saja. Selebihnya, anda bisa eksplor sendiri berbekal kemampuan dasar yang saya ajarkan.

    Bersosial. com menjadi salah satu situs forum yang menyediakan kolom penyertaan link website. Caranya: silahkan buka bersosial.com—-registrasi menjadi anggota forum (cari menu registrasi)—setelah berhasil, masuk ke profil akun—klik “personal details”—geser ke bawah hingga ketemu kolom “homepage”—masukkan link website anda ke dalam kolom tersebut—-geser lagi ke bawah, klik menu “save change”. Maka, website anda sudah tertanam ke dalam bersosial.com.

    Selain bersosial.com, situs forum lain yang memungkinkan untuk disisipi link website pada profil akun adalah kompasiana.com. Secara prinsip, cara menanamkan link website pada kompasiana kurang lebih sama dengan bersosial.com.


    Menulis Konten Di Website Forum, Kemudian Menyisipkan Link Website Kita


    Anda bisa mengcopy-paste konten-konten original pada website anda kemudian disalin ke halaman bersosial.com. Caranya: masuk ke menu “forum”—kemudian anda akan disajikan banyak kategori forum—-Pilih salah satu kategori yang anda inginkan atau yang paling cocok dengan konten anda—-klik “Post New Thread”—-silahkan masukkan konten anda—di bagian paling bawah konten jangan lupa untuk menyisipkan link website anda, lantas meng-achor-nya. Untuk website forum lainnya, silahkan anda cari dan eksplor sendiri dengan cara yang kurang lebih sama.


    Menjadi Penulis Tamu dengan Imbalah Boleh Menyisipkan Link Website

    Website penyedia penulis tamu relatif mudah dicari ketimbang website forum sebagaimana pada cara sebelumnya. Anda tentukan topik tujuan yang anda ingin tulis. Lantas ketikkan pada mesin pencari Google kata kunci topik yang anda maksud disertain dengan kata-kata penulis tamu. Misal, anda ingin menulis soal wisata, maka ketikkan kata “wisata/penulis-tamu. Maka, Google akan memberi anda daftar website tentang wisata yang memfasilitasi penulis tamu untuk mengirim konten.......

    Lanjutan dari artikel ini bisa anda baca di sini secara gratis.
    Sumber: https://digitalaten.com
     
    Last edited by a moderator: Jun 20, 2018
  2. agus sulistyo

    agus sulistyo New Member

    Joined:
    Jun 9, 2018
    Messages:
    14
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    maksih infonya sangat membantu salken yh..
     
  3. Sugeng Joss

    Sugeng Joss Member

    Joined:
    Jun 20, 2018
    Messages:
    25
    Likes Received:
    2
    Trophy Points:
    8
    Google+:
    off page seo masih menjadi skala prioritas bagi para blogger dan pegiat dunia search engine demi meningkatkan rating konten, tapi menerut kami bahwa cara berburu backlink pasca perubahan algoritma google 2018 sepertinya sudah kurang "nendang" untuk mendongkrak posisi meluncur ke halaman utama google. jalan satu-satunya, menurut pendapat kami adalah dengan memperbanyak konten-konten original yang dalam artian sangat dibutuhkan oleh para pengguna internet.

    terima kasih
     
  4. HanyaSatu

    HanyaSatu Member

    Joined:
    Aug 28, 2017
    Messages:
    859
    Likes Received:
    56
    Trophy Points:
    28
    Google+:
    Hati" kalau main backlink, bisa ditendang google susah balikinnya loh, lebih baik rajin share konten web aja ke berbagai media, grup FB, grup Google Plus maupun Lainnya, agar dapat traffic rutin manual, nanti pelan" naik ko
     
  5. wastim

    wastim New Member

    Joined:
    Aug 27, 2014
    Messages:
    17
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    ya memang sepertinya backlink juga tidak pengaruh besar untuk website jaman sekarang kalau dulu memang pengaruh besar buat web
     
  6. Endi Yuana

    Endi Yuana New Member

    Joined:
    Nov 14, 2014
    Messages:
    18
    Likes Received:
    5
    Trophy Points:
    3
    Belajar seo itu baik tapi jangan nyepam ya..
     
  7. Lyulph Ydwallo

    Lyulph Ydwallo Member

    Joined:
    Aug 22, 2018
    Messages:
    70
    Likes Received:
    13
    Trophy Points:
    8
    Benar !!
    Tapi konten original yang tidak memiliki ciri khas (terkesan sama dengan konten pesaingnya) dan kurang menarik, serta informasi yang disajikan alias tidak dibahas lebih mendalam akan KALAH SAING sama konten yang memiliki informasi mendalam, punya bahasa yang khas dan menarik.
    Contohnya lihat informasi dari situs kesehatan : Blog biasa yang di isi pembahasan hasil rewrite dari berbagai sumber biar terlihat original, tetap kalah sama konten yang isinya berasal dari hasil peninjauan langsung ahli kesehatan yang terkait di dalam bidang tersebut. Alasannya, isi konten ini terpercaya sebab ditinjau langsung oleh pakar ahlinya.

    Meski demikian, jika memiliki konten original dan dibumbui dengan backlink yang berkualitas, apalagi di dapat secara alami, maka yang seperti inilah yang nantinya akan mendapatkan banyak pengunjung dan posisi bagus di mesin pencari.

    Kesimpulannya : Walau sekarang sudah tahun 2018 dan ada update algoritma baru, backlink masih BENAR-BENAR penting :)

    Ini juga masih termasuk ke dalam kategori optimasi seo off-page/backlink. Hanya saja, sifatnya nofollow, tapi hasilnya emang bagus buat dapetin pengunjung :)
     
Loading...

Share This Page