Pagi Hari Bebas Kantuk Tanpa Kopi

Discussion in 'General Lifestyle' started by Fitria Nursalis, Apr 20, 2017.

  1. Fitria Nursalis

    Fitria Nursalis Active Member

    Joined:
    Oct 13, 2016
    Messages:
    504
    Likes Received:
    37
    Trophy Points:
    28
    Google+:
    Berapa banyak dari Anda yang mengandalkan kopi untuk menghindari rasa kantuk di pagi hari? Kopi memang jadi solusi umum agar lebih 'on' saat mulai bekerja, namun ternyata banyak pula yang tak ingin bergantung pada kafein. Terlebih bagi penderita penyakit lambung, minum kopi akan lebih memperparah penyakit pada lambung.

    Rasa kantuk saat mengawali hari memang dapat mengganggu kinerja Anda di kantor. Ada banyak cara ampuh untuk membuat Anda lebih segar di pagi hari tanpa harus mengonsumsi kopi. Tak percaya? Baca tipsnya berikut ini.

    1. Cahaya
    Melatonin adalah elemen penting yang mengatur tidur Anda, sehingga saat mata Anda terpapar cahaya, maka tubuh akan memproduksi lebih sedikit melatonin dan membuat Anda merasa lebih waspada. Jadi, hal pertama yang seharusnya Anda lakukan di pagi hari adalah membuka gorden dan biarkan cahaya matahari masuk. Menekan tombol snooze dan diam di dalam gelap hanya akan membuat Anda semakin mengantuk.

    2. Mandi air dingin

    Para peneliti telah menemukan bahwa rasa terkejut dari mandi air dingin akan meningkatkan daya metabolisme Anda dan mengurangi rasa lelah. Ditambah lagi, Anda akan ingin cepat-cepat selesai mandi dan menghemat waktu serta air. Sempurna, bukan?

    3. Cukup minum air putih
    Selama tidur sepanjang malam, tubuh akan kekurangan cairan, dan penelitian telah menunjukkan dehidrasi ringan menurunkan kewaspadaan dan secara negatif mempengaruhi konsentrasi. Jadi di pagi hari, ambil segelas air untuk melawan perasaan lelah.

    4. Makan sarapan yang sehat
    Mengonsumsi sarapan di pagi hari membuat Anda lebih terjaga, tapi hati-hati, konsumsi makan yang tinggi gula dan lemak dapat memancing Anda untuk mengonsumsi lebih banyak makanan sepanjang hari. Sarapan yang sehat sangat dianjurkan terutama bagi Anda yang bekerja sejak pagi hari.

    5. Konsumsi lebih banyak jus jeruk
    Jeruk adalah jenis buah yang kaya akan molekul bernama flavanoids. Menurut sebuah penelitian, jeruk bermanfaat meningkatkan rasa segar dan fungsi kognitif.

    6. Lebih aktif secara fisik
    Penelitian telah menunjukkan bahwa aktivitas fisik meningkatkan fungsi kognitif karena aliran darah meningkat menyediakan otak dengan lebih banyak oksigen.

    7. Dengarkan musik
    Musik memiliki kemampuan untuk meningkatkan aktivitas otak yang berhubungan dengan gerakan dan juga berpotensi meningkatkan merasa-baik bahan kimia yang disebut dopamin. Saatnya memperbarui playlist lagu untuk perjalanan Anda ke kantor.

    Itulah beberapa cara ampuh untuk mengusir rasa ngantuk di pagi hari selain minum kopi, semoga bermanfaat untuk semua terutama untuk agan-agan yang saat ini sedang menguap-menguapn depan layar :D
     
Loading...

Share This Page