Pandemi Sudah Melandai, Apakah WFH Masih Efektif?

Discussion in 'General Business' started by creo, Feb 17, 2022.

  1. creo

    creo New Member

    Joined:
    May 19, 2021
    Messages:
    12
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    3
    [​IMG]
    Pandemi Covid-19, meski sudah masuk ke varian Omicron, namun faktanya dianggap sudah melandai. Hal itu dikarenakan sudah semakin banyak orang yang melakukan vaksin, sampai dua kali, bahkan sudah ditambah lagi dengan booster. Apakah memiliki virtual office dan berkantor dari rumah masih efektif dilakukan?

    Banyak sekolah sudah menggelar tatap muka, begitu juga pusat keramaian sudah mulai dibuka. Ditambah lagi, pasar dan kantor pemerintahan juga sudah mulai beroperasi lagi. Pertanyaannya kembali lagi bagi yang sudah bekerja dari rumah, menyewa kantor virtual atau virtual office, apakah masih efektif?

    Jawabannya, tentunya masih sangat efektif apabila Anda bekerja di dunia maya. Misalnya, punya toko online, menjual software, dan perusahaan berbasis online lainnya. Setidaknya, dalam 10 tahun terakhir, jumlah orang-orang yang saat ini tidak "ngantor" di kantor konvensional juga sudah bertambah. Penyewaan virtual office juga meningkat, dan orang-orang tersebut memilih bekerja di rumah.

    Meski demikian, ada beberapa kendala yang sering ditemui bagi orang-orang yang bekerja dari rumah. Berikut beberapa masalah beserta solusinya bila Anda bekerja dari rumah.

    Jam Kerja Tidak Beraturan

    Hal paling utama bila Anda bekerja di rumah ialah jam kerja Anda berantakan. Anda biasa saja menunda suatu pekerjaan tertentu yang belum mencapai deadline, karena merasa aman berada di rumah sendiri. Anda juga bisa memutuskan waktu istirahat lebih panjang daripada waktu bekerja.

    Solusinya adalah, meski bekerja di rumah, atur jadwal Anda dan patuhi jadwal yang Anda buat sendiri tersebut. Buat suatu ruangan yang tidak boleh dimasuki siapapun ketika Anda sedang bekerja dan butuh fokus. Bila hal tersebut tidak Anda lakukan, tentunya pekerjaan Anda berpotensi berantakan.

    Kesulitan Ketika Ada Masalah

    Berbeda dengan di kantor, ketika Anda bekerja di rumah, maka setiap ada kesulitan, Anda akan menyelesaikannya sendiri. Anda harus menghubungi tukang service bila komputer atau laptop Anda mendadak rusak. Harus menghubungi penyedia listrik ketika listrik tiba-tiba padam di saat dibutuhkan, dan lain-lain.

    Anda juga tidak ada rekan kerja di samping yang bisa berdiskusi langsung ketika bertemu kesulitan. Kedua hal tersebut bisa diatasi dengan persiapan yang matang. Persiapkan generator listrik cadangan bila listrik padam di saat tiba-tiba, juga siap selalu alat service sederhana untuk "pertolongan pertama" pada kerusakan alat. Juga selalu standby nomor petugas service yang bisa segera datang ketika dipanggil.

    Anda juga mesti mempertimbangkan untuk sesekali melakukan meeting, setidaknya sebulan sekali agar tetap bertemu dengan rekan bisnis, klien, dan sebagainya. Hal itu menjaga agar silaturahmi tetap baik, sekaligus Anda bisa tetap nyaman karena selalu ada teman untuk bertukar pikiran.

    Masalah lainnya adalah kurangnya kompetisi yang menjadikan Anda tidak punya target pasti. Berbeda dengan kantor konvensional di mana ada boss, ada senior atau pekerja yang lebih lama, dan rekan sejawat. Maka akan ada kompetisi yang menghiasi atmosfer kantor, dan itu tidak ditemukan di kantor virtual atau bekerja dari rumah. Solusinya adalah, ubah pikiran Anda bahwa lawan dari Anda ialah diri Anda sendiri. Anda harus bisa mengalahkan diri sendiri, dan tetap harus lebih baik setiap ke depannya.

    Nah, itulah beberapa kendala kerja di rumah dan sudah saatnya anda kembali memiliki kantor yang aktif, salah satunya dengan menyewa virtual office. Salah satu jasa sewa virtual office murah Jakarta saat ini adalah di Menara Office. Virtual office Jakarta yang mereka tawarkan memiliki fasilitas lengkap untuk kebutuhan bisnis kantor yang anda inginkan. Lokasi nya yang strategis berada di pusat kota Jakarta tentu memiliki nilai lebih untuk kantor virtual anda agar terlihat professional dan nyata.
     
  2. blackking

    blackking Well-Known Member

    Joined:
    Sep 1, 2016
    Messages:
    2,083
    Likes Received:
    146
    Trophy Points:
    63
    Kerja dari rumah memang kadang kendalanya kalau menghadapi masalah sosial yang menyita waktu
    sehingga pekerjaan tidak terselesaikan, meskipun jam kerja yang fleksibel, namun orang butuh istrahat kalau malam.
     
  3. Lucky2807

    Lucky2807 Member

    Joined:
    Feb 3, 2019
    Messages:
    39
    Likes Received:
    2
    Trophy Points:
    8
    WFH bukan solusi..Tempat bekerja tetap di Kantor..Rumah hanya sebagai tempat istirahat dan berkumpul dengan keluarga..Insyaallah pandemi ini kita selalu disehatkan selalu
     
  4. karjaw

    karjaw Member

    Joined:
    May 17, 2020
    Messages:
    23
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    8
    duhh semoga pandemi segera berakhir. sudah 2thn bobo manis gegara pandemi
     
  5. Mondebutter

    Mondebutter Member

    Joined:
    Apr 1, 2013
    Messages:
    345
    Likes Received:
    12
    Trophy Points:
    18
    Google+:
    Kalo bagi saya kerja ya di sawah
     
  6. meferdiyantho

    meferdiyantho New Member

    Joined:
    Nov 6, 2017
    Messages:
    15
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    3
    Mau kerja di kantor atau di rumah tetep punya plus minusnya sendiri sih, tapi untuk sekarang kayanya kerja di rumah lebih aman dan nyaman sepertinya.
    Tinggal di dukung koneksi internet yg lancar aja biar makin semangat kerjanya
     
  7. Tiara2016

    Tiara2016 Member

    Joined:
    May 20, 2016
    Messages:
    80
    Likes Received:
    3
    Trophy Points:
    8
    Google+:
    Apa iya cara satu²nya hanya dengan wfh? Bukankah sebaiknya lebih fokus kepada daya tahan tubuh lebih baik?
     
Loading...

Share This Page