Panduan Cara Menanam Kurma Step by Step

Discussion in 'General Discussion' started by arnold20, Feb 17, 2018.

Tags:
  1. arnold20

    arnold20 Member

    Joined:
    Jan 24, 2017
    Messages:
    58
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    8
    Pada kesempatan kali ini Suksesbudidaya ingin membagikan tutorial cara menanam kurma yang kaya akan manfaat bagi tubuh serta berasal dari teluk persia ini ternyata dapat dibudidayakan di Indonesia loh ! berikut tahap-tahap budidaya kurma, yaitu :



    1.Pemilihan bibit kurma

    Cara menanam kurma yang pertama adalah pemilihan bibit, tanaman kurma dapat dibudidayakan dengan teknik generatif atau biji. Anda dapat memperoleh bibit kurma dengan cara membeli pada petani kurma handal atau mengumpulkan kurma yang sudah dikonsumsi secara pribadi.
    • Tahap pertama pilih dulu jenis kelamin kurma yang dibudidayakan karena hanya kurma betina yang bisa berbuah sedangkan untuk kurma jatan bertugas membuahi kurma betina agar berbuah.
    • Jika anda berniat melakukan pembelian bibit kurma di pasar, usahakan untuk membeli dalam jumlah yang banyak karena jenis kelamin bibit kurma yang sering ditemui adalah bibit jantan.
    • Jumlah bibit atau biji kurma yang anda beli dipasar dalam jumlah banyak akan memberikan tingkat keberhasilan tinggi
    • Setelah bibit atau biji kurma sudah terkumpul banyak, tahap selanjutnya yang adalah pemberian biji dari daging kurma tujuannya agar tingkat pertumbuhan biji lebih tinggi.
    • Begitu bibit atau biji bersih, anda dapat merendamnya dengan air yang dicampur dengan zat pengatur organik atau ZPT dalam waktu 5 hingga 6 hari agar bibit dapat lebih mudah tumbuh tunas atau kecambah.
    2. Tahap pertumbuhan Kecambah


    Setelah proses penyiapan bibit atau biji selesai dan membersihkan biji dari daging kurma serta perendaman dengan ZPT anda dapat melakukan tahap selanjutnya dalam cara menanam kurma yaitu pertumbuhan kecambah. Pada proses ini anda dapat menggunakan 2 metode yaitu dengan media semai dan media tisu basah, berikut tahap pertumbuhan kecambah kurma yaitu :

    • Tentukan dulu metode apa yang ingin anda gunakan, jika memilih menggunakan tisu sebagai media pertumbuhan kecambah anda perlu menyiapkan tempat atau wadah berukur sedang dan pastikan wadah memiliki tingakt pertahan yang tinggi dengan kondisi basah atau lembab
    • Begitu wadah siap letakkan tisu basah didalamnya beserta bibit kurma, anda perlu membasahi tisu setiap hari. Hindari tisu kering karena dapat menghambat bahkan membunuh bibit kurma tumbuh, kurma daat tumbuh setelah umur 14 hari dari masa awal pertumbuhan.
    • Namun jika anda memilih menggunakan media semai sebagai metode pertumbuhan kecambah biji kurma, anda dapat menyiapkan media tanaman berupa Campurkan cocopeat, kompos beserta pasir untuk media tanam awal dan menjaga kelembaban dari media tanam. Gunakan perbandingan 2 : 1 :1, dimana 2 untuk pasir dan perbandingan 1 untuk media kompos beserta cocopeat.
    3. Pemindahan Bibit Kurma

    Setelah proses pertumbuhan kecambah yang anda lakukan diatas berhasil, maka tahap selanjutnya dalam cara menanam kurma adalah pemindahan bibit kurma. Pada proses ini bibit kurma akan siap dipindahkan setelah memiliki daun 3 helai dan tinggi mencapai 4 hingga 10 cm, hal ini dilakukan agar bibit kurma dapat lebih mudah beradaptasi dengan lingkungan baru dan dapat tumbuh serta berbuah dengan maksimal.

    4. Proses Penanaman Kurma

    Begitu kurma tumbuh cukup besar dan siap dipindahkan pada lokasi budidaya, maka cara menanam kurma selanjutnya adalah proses penanaman kurma. Sebelumnya kami sudah menjelaskan bahwa tahap diatas bukanlah proses menanam melainkan proses pemindahan bibit kurma kewadah atau tempat yang lebih besar agar bibit mendapat ruang cukup untuk berkembang.

    5. Perawatan Pohon Kurma


    Setelah tahap penanaman selesai, cara menanam kurma tidak selesai sampai disini karena pada kali ini anda akan melakukan perawatan agar tanaman kurma yang anda bubidaya memerlukan perawatan khusus. Tujuan dilakukan perawatan agar tanaman kurma memperoleh asupan nutrisi yang cukup untuk pertumbuhan dan pembuahan, perawatan yang perlu anda lakukan adalah penyiraman, pemberian pupuk susulan, pembersihan lahan dari tanaman pengganggu lainnya.

    6. Proses Panen
    Cara menanam kurma yang terakhir adalah panen, proses yang sangat dinanti-nanti oleh para petani kurma. Pada proses ini anda baru bisa membedakan mana tanaman kurma jantan dan kurma betina, untuk kurma jatan memiliki bunga putih berukuran kecil serta mengandung tepung sedangkan untuk kurma betina ukuran bunga lebih besar serta memiliki pentol.

    Sumber artikel Paduan Cara Menanam Kurma Step by Step Buah Berlimpah
     
  2. Dodo Kancil

    Dodo Kancil Member

    Joined:
    Sep 13, 2015
    Messages:
    186
    Likes Received:
    18
    Trophy Points:
    18
    Google+:
    Ayah Saya pernah coba, mau tumbuh tapi tidak mau berbuah...kata orang faktor tanahnya yang menyebabkan pohonnya gak berbuah...
     
    capruklagu likes this.
  3. arnold20

    arnold20 Member

    Joined:
    Jan 24, 2017
    Messages:
    58
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    8
    Tanah di daerah Indonesia sangat baik untuk budidaya kurma, faktor yang menyebabkan kurma bapak anda tidak berbuah mungkin jenis kelamin kurmanya. kita ketahui kurma memiliki 2 jenis kelamin jantan dan betina dan hanya kurma betina yang bisa berbuah. disini masalahnya penjualan bibit kurma belum ada yang resmi jadi sulit mengetahui mana kurma jantan dan mana kurma betina
     
  4. Sugeng Ginanjar

    Sugeng Ginanjar Member

    Joined:
    Nov 18, 2016
    Messages:
    193
    Likes Received:
    7
    Trophy Points:
    18
  5. Dodo Kancil

    Dodo Kancil Member

    Joined:
    Sep 13, 2015
    Messages:
    186
    Likes Received:
    18
    Trophy Points:
    18
    Google+:
    owh mungkin ini masalahnya, tapi saya baru tahu kalo ada perbedaan jenis kelamin pada tanaman kurma...
     
  6. arnold20

    arnold20 Member

    Joined:
    Jan 24, 2017
    Messages:
    58
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    8
    bisa mas Sugeng Ginanjar, asal tanaman kurma juga memiliki iklim yang sangat kering
     
  7. arnold20

    arnold20 Member

    Joined:
    Jan 24, 2017
    Messages:
    58
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    8
    itulah yang jadi masalah penting dalam budidaya kurma, bukan cara menanam kurma yang sulit tpi membedakan jenis kelamin kurma yang sulit
     
  8. Amar Alif

    Amar Alif Member

    Joined:
    May 17, 2017
    Messages:
    456
    Likes Received:
    19
    Trophy Points:
    18
Loading...

Share This Page