Panduan Sederhana Dalam Lapor SPT Secara Online

Discussion in 'General Business' started by Septiano Pratama, Jun 16, 2021.

  1. Septiano Pratama

    Septiano Pratama New Member

    Joined:
    Feb 4, 2021
    Messages:
    6
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    Bagaimana cara buat npwp online? Awal - awal tahun kemarin adalah musim pajak, dan 14 juta wajib pajak orang pribadi harus mengisi dan menyerahkan laporan pajak mereka. Sejauh ini, 6,1 juta laporan telah diajukan, dan wajib pajak yang tersisa memiliki waktu hingga 31 Maret untuk memenuhi kewajiban mereka.

    calculator-385506_640.jpg

    Dalam empat tahun terakhir, kantor pajak telah memperkenalkan layanan pengembalian pajak online dengan panduan langkah demi langkah untuk mengisi pajak mereka. Formulir online biasanya membutuhkan waktu 30 menit untuk diselesaikan, alternatif yang jauh lebih baik daripada harus menyeret diri ke kantor pajak terdekat dan menghabiskan berjam-jam dalam antrian hanya untuk menyerahkan pengembalian.

    Layanan ini, bagaimanapun, hanya tersedia dalam bahasa Indonesia untuk saat ini, tetapi di bawah rencana kantor pajak, versi bahasa Inggris harus dirilis menjelang akhir tahun.

    Lantas, apa saja yang harus Anda persiapkan untuk mengisi SPT?

    EFIN

    Jika ini pertama kalinya Anda mengisi pengembalian pajak online, Anda akan memerlukan Nomor Identifikasi Pengarsipan Elektronik, atau e-fin, yang akan digunakan untuk membuat akun Anda di situs web pengarsipan online.

    Efin dapat diperoleh dengan mengisi formulir aktivasi, yang dapat diunduh di sini, dan menyerahkannya ke kantor pajak terdekat. Sangat penting untuk datang ke kantor sendiri, karena petugas pajak tidak akan mengabulkan permintaan stand-in atau perwakilan apa pun.

    Kantor akan meminta Anda untuk memberikan alamat email aktif, Kartu Tanda Penduduk (KTP) untuk orang Indonesia atau Visa Tinggal Terbatas untuk orang asing dan salinannya, serta salinan Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) Anda.

    Dokumen

    Dokumen yang harus Anda bawa ke kantor pajak termasuk dokumen pengurangan pajak penghasilan, yang dikenal sebagai formulir 1721, yang Anda terima dari majikan Anda. Ini berisi nomor identifikasi pajak Anda NPWP dan majikan Anda.

    Anda juga harus membawa tagihan kartu kredit Desember, dokumen hipotek, sertifikat rumah dan tanah, tanda terima dari sumbangan dan perjanjian pinjaman untuk kendaraan Anda, karena Anda akan diminta untuk memberikan informasi tentang aset dan hutang Anda. Bagi yang sudah menikah, siapkan kartu keluarga karena Anda perlu mengisi nomor KTP pasangan dan anak.

    Mulai Isi Laporan SPT Anda

    Berbekal semua data yang telah Anda persiapkan di atas, Anda dapat mulai mengisi SPT secara online dengan terlebih dahulu masuk ke situs web filing online. Masukkan nomor identifikasi pajak dan kata sandi yang Anda pilih sebelumnya, dan Anda akan tiba di layar beranda, yang akan menampilkan informasi dasar Anda di sebelah kiri dan beberapa opsi di sebelah kanan.

    Baca selengkapnya: https://bit.ly/3iLvHwU
     
Loading...

Share This Page