Pantangan Sebelum Menikah Menurut Adat Jawa

Discussion in 'General Lifestyle' started by dara nk, Sep 13, 2018.

  1. dara nk

    dara nk New Member

    Joined:
    Jun 26, 2018
    Messages:
    5
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    Siapa yang orang jawa asli atau keturunan jawa? Kali ini aku pengen cerita tentang pengalaman sebelum menikah yaitu mengikuti pantangan orang tua. Orang tua ku itu 100% orang jawa tengah. Jadi udah pasti saat pernikahan menggunakan adat jawa, pernikahan menggunakan adat menurut ku itu lumayan ribet karena banyak banget perintilane kalau menurut orang jawa. Selain perintilannya, acara adatnya juga banyak. Tapi walaupun banyak aku menikmati si proses persiapan dan pernikahan menggunakan adat jawa ini. Selain itu selama belum menikah juga orang tua selalu mengingatkan tentang pantangan-pantangan bagi calon pengantin, ini berlaku bukan buat aku aja tapi juga calon suamiku. Beberapa pantangan dari orang tua ku adalah :
    1. Tidak boleh bertemu dengan calon suami, alias di pingit. Susah loh ga ketemu pasangan sebulan, apalagi sekalian menyiapkan pernikahan
    2. Tidak boleh keluar kota, ini si pasti aku turutin karena takut ada hal-hal yang tidak diinginkan.
    3. Tidak boleh makan bawang goreng, kata ibu ku bawang goreng adalah makanan yang memicu bau badan. Ditakutkan nanti di hari H badan mu bau, kan kasian calon suaminya masa malam pertama bau badan hihihi

    Nah itu 3 pantangan adat jawa menurut orang tua ku. Buat temen-temen yang tahu arti sebenarnya tentang pantangan itu boleh share juga dong hehehe
     
  2. Rimanur

    Rimanur Active Member

    Joined:
    Aug 31, 2017
    Messages:
    572
    Likes Received:
    45
    Trophy Points:
    28
    katanya tidak boleh mandi sehari sebelum akad biar gak ujan, itu bnr gak sih?
     
  3. Promp3

    Promp3 Member

    Joined:
    Oct 16, 2016
    Messages:
    391
    Likes Received:
    10
    Trophy Points:
    18
    Atas ane benar, tradisi daerah ane msih kya gtu hha
     
Loading...

Share This Page