Partisipasi Perempuan dalam Bisnis E-commerce RI Terendah di Asean

Discussion in 'E-Commerce' started by mustikasari, Aug 2, 2018.

  1. mustikasari

    mustikasari Member

    Joined:
    Dec 20, 2017
    Messages:
    32
    Likes Received:
    3
    Trophy Points:
    8
    [​IMG]
    Partisipasi perempuan dalam manajemen industri perdagangan elektronik di Indonesia terpantau paling rendah di antara negara anggota Asean. Padahal, peran mereka dipercaya dapat meningkatkan laba perusahaan hingga 2,7%.

    Senior Content Marketer iPrice Group Indah Mustikasari memaparkan dalam riset iPrice, partisipasi perempuan dalam dewan direksi perusahaan-perusahaan dagang-el RI baru mencapai 31%, lebih rendah dari Filipina (55%), Malaysia (42%), Thailand (40%), Vietnam (37%), dan Singapura (34%).

    “Padahal, dengan perbandingan gender yang seimbang di jajaran manajemen atas, partisipasi perempuan dapat memberikan keberagaman ide dan pandangan dalam bisnis,” jelasnya, Rabu (1/8).

    Sebuah riset dari Peterson Institute pada 2016 terhadap 21.980 perusahaan di 91 negara mengemukakan, banyaknya kepemimpinan perempuan di manajemen perusahaan dagang-el dapat menghasilkan laba tahunan 2,7% lebih tinggi dibandingkan dengan mereka yang tidak.

    Dengan demikian, menurut Indah, kontribusi perempuan di industri dagang-el dapat menjembatani ide-ide dan aspirasi dari konsumen toko daring di Tanah Air yang didominasi oleh kaum hawa.

    Lebih lanjut, dia memaparkan di Indonesia hanya 21% perempuan yang menduduki posisi presiden direktur dalam manajemen perusahaan dagang-el, sedangkan di level direktur juga 21%, dan di level kepala divisi 36%.

    “Namun, angka ini belum mendekati perbandingan setara antara peran laki-laki dan perempuan dalam jajaran manajemen perusahaan dagang-el,” ujarnya.

    Pada kesempatan berbeda, Partner Mc Kinsey & Company Guillaume de Gantes memproyeksikan Indonesia dapat meningkatkan produk domestik bruto (PDB) senilai US$135 miliar pada 2025, jika dapat mendorong kesetaraan perempuan dalam kontribusi ekonomi.

    "US$135 miliar bukan angka yang kecil yang bisa begitu saja diabaikan, ini adalah kesempatan ekonomi yang sangat besar untuk Indonesia," katanya, Rabu (1/8/2018).
     
  2. blackking

    blackking Active Member

    Joined:
    Sep 1, 2016
    Messages:
    699
    Likes Received:
    50
    Trophy Points:
    28
    Ternyata yang paling unggul wanita pilipina
    mungkin kebanyakan wanita indonesia masih menjadi ibu rumah tangga yang baik daripada berkontribusi ke e commerse
     
  3. indocoz

    indocoz New Member

    Joined:
    Aug 3, 2018
    Messages:
    4
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    Bener banget om, karena tradisi di indonesia kebanyakan perempuan indonesia lebih memilih langsung buat menikah
     

Share This Page