Pasang Waktu Sholat Digital, Mengelola Masjid Jadi Lebih Mudah

Discussion in 'Education' started by hasanjoe, Apr 27, 2019.

  1. hasanjoe

    hasanjoe New Member

    Joined:
    Feb 16, 2017
    Messages:
    27
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    6
    Kesulitan menggunakan jadwal sholat yang manual? Ingin mengelola waktu sholat di masjid menjadi lebih mudah? Mengelola masjid memang menjadi pekerjaan mulia yang tidak boleh dilakukan dengan sembarangan. Tetapi, kalau bisa dilakukan dengan lebih mudah dan tidak melanggar syariah, mengapa tidak di coba? Seperti salah satunya adalah penggunaan waktu sholat digital di masjid.

    [​IMG]

    Salah satu hal yang harus diperhatikan oleh seorang pengurus masjid yang baik adalah perhatiannya untuk mementingkan kesempurnaan ibadah di dalam masjid, diantaranya adalah ibadah sholat wajib. Nah, untuk mengatur sholat wajib tersebut, kini anda bisa menggunakan waktu sholat digital yang tidak hanya memiliki satu manfaat, tetapi juga memiliki banyak manfaat lainnya sebagai berikut.

    1. Memudahkan jemaah mengetahui kapan waktu sholat tiba

    Pemasangan waktu sholat model digital yang mudah dilihat jemaah akan sangat membantu jemaah dalam memperkirakan kapan waktu sholat berikutnya akan tiba. Hal semacam ini tentu saja akan membuat jemaah lebih nyaman dalam melaksanakan sholat di waktu yang selanjutnya. Terutama bagi jemaah musafir yang jauh dari rumah atau yang sedang berada di dalam perjalanan.

    2. Memudahkan muadzin mengatur waktu iqamah

    Khusus bagi muadzin, waktu sholat model digital tersebut tidak hanya memudahkan mereka ketika hendak memulai azan, tetapi juga ketika hendak memulai iqamah. Karena, didalam waktu sholat model digital tersebut terdapat sistem yang memungkinkan diaturnya timer menuju iqamah yang bisa disesuaikan dengan kesepakatan jemaah atau dengan kebijaksanaan muadzin itu sendiri.

    3. Memudahkan pengurus masjid berkomunikasi dengan jemaah

    Melakukan pendekatan terhadap jemaah masjid yang dilakukan oleh pengurus masjid adalah penting untuk dilakukan. Salah satunya adalah dengan menggunakan layanan teks berjalan yang terdapat di dalam waktu sholat model digital tersebut. Pengurus bisa menyampaikan norma atau peraturan masjidmelalui teks berjalan tersebut, sehingga bisa dibaca dan dimengerti oleh para jemaah.

    Nah, demikian adalah beberapa kemudahan yang bisa didapatkan dari menggunakan waktu / jadwal shalat digital yang dipasang di dalam masjid. Dengan kebijaksanaan dari pengurus masjid, maka penggunaan waktu sholat model digital akan lebih memudahkan koordinasi pengelolaan di masjid tersebut.
     
Loading...

Share This Page