Peluang Bisnis UKM Modal Kecil yang Menguntungkan di Indonesia

Discussion in 'Usaha Kecil Menengah' started by Berita Mataram, Jul 1, 2020.

  1. Berita Mataram

    Berita Mataram New Member

    Joined:
    May 15, 2020
    Messages:
    18
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    Satu lagi artikel dari Blog Bisnis tentang peluang bisnis UKM.

    Modal kerap kali dianggap sebagai penghalang seseorang untuk mulai menjalankan sebuah usaha atau bisnis. Padahal saat ini banyak peluang bisnis yang bisa dijalankan dengan modal kecil. Peluang bisnis UKM modal kecil berikut bisa menjadi solusi bagi mereka yang tidak memiliki banyak modal.

    Jangan salah, meski bisa dijalankan dengan sedikit modal, jika Anda sungguh – sungguh dalam menjalankan dan mengembangkan bisnis UKM tersebut bukan tidak mungkin Anda akan mendapatkan keuntungan yang besar. Bahkan tak sedikit bisnis UKM di Indonesia yang pada akhirnya berhasil dan meraih kesuksesan di pasaran global. Mau tahu apa saja bisnis UKM yang menguntungkan di Indonesia untuk Anda jalankan? Simak daftar lengkapnya di bawah ini.

    Peluang Bisnis UKM Modal Kecil yang Menguntungkan di Indonesia
    Agribisnis
    Apa itu agribisnis? Ini merupakan salah satu peluang bisnis UKM yang bergerak di bidang pertanian dan peternakan. Di Indonesia, peluang agribisnis masih terbuka lebar. Jadi, buat Anda yang mencari peluang bisnis modal kecil dan menguntungkan, bisa mencoba memulai bisnis satu ini.

    Kebanyakan pemain di sektor bisnis ini masih didominasi oleh orang tua. Meskipun demikian masih ada sedikit anak muda yang mau menggeluti bisnis di sektor agribisnis. Padahal seperti yang diketahui, kebutuhan bahan pangan, baik nabati atau pun hewani di Indonesia menjadi kebutuhan pokok yang sudah pasti akan dicari di setiap harinya oleh semua orang.

    Soal keuntungan, bisa dipastikan agribisnis menjanjikan laba yang cukup besar, asalkan dijalankan dengan sungguh – sungguh. Beberapa contoh peluang bisnis agribisnis diantaranya :

    • Menjual sayur mayur organik
    • Budidaya tanaman rempah – rempah
    • Menjual bibit tanaman unggul
    • Ternak ayam potong
    • Ternak sapi
    • Ternak kambing
    • Ternak ayam petelur
    • dan lain – lain
    Tour and Travel
    [​IMG]
    Peluang bisnis travel. Foto: BeritaKota.co.id
    Selanjutnya ada bisnis tour and travel yang juga menjadi salah satu peluang bisnis menggiurkan di Indonesia. Termasuk dalam daftar bisnis UKM, untuk menjalankan bisnis tour and travel tersebut ternyata butuh modal bisnis yang minim.

    Seperti yang diketahui, wisata kini sudah menjadi salah satu kebutuhan dasar bagi banyak orang dan tidak ada matinya. Terbukti seiring dengan bertambahnya waktu, muncul beberapa tempat wisata baru di Indonesia yang layak untuk dikunjungi. Dari sinilah peluang bisnis jasa tour and travel bermula dan menarik sekali untuk dijalankan.

    Bisnis UKM satu ini sangat diminati, karena beberapa orang yang berwisata melakukan kegiatan wisatanya secara ramai – ramai, dan memilih untuk menggunakan jasa ini guna membantu mengatur jadwal wisata rombongannya.

    Ekspor and Impor
    [​IMG]
    Ekspor Impor. Foto: Eximpulse.com
    Banyak pilihan jenis bisnis UKM di Indonesia yang bisa dijalankan dengan modal minim, salah satunya bsinis jasa ekspor and impor. Ya, perdagangan di lintas negara saat ini sudah semakin ramai. Banyak perusahaan berskala besar yang melakukan ekspansi bisnisnya hingga ke negara luar. Apabila Anda memiliki produk yang layak dijual, tidak ada salahnya untuk melakukan ekspor ke negara potensial untuk produk yang Anda miliki tersebut.

    Tak perlu khawatir, sebab semuanya sekarang sudah bisa dilakukan secara online. Artinya, Anda bisa menjual barang tersebut via online ke berbagai e-commerce, seperti Tokopedia, eBay, Shopee, dan lain – lain. Selain itu, Anda juga bisa impor barang dari luar negeri jika memang di negara sendiri belum ada, lalu menjualnya kembali dengan harga yang lebih mahal untuk mendapatkan keuntungan.

    Produk Kreatif
    Tak bisa dipungkiri, kemajuan di bidang internet berdampak besar pada pengrajin produk kreatif. Jika dulu mereka hanya bisa menitipkan produk buatannya di toko konvensional terdekat untuk memasarkan produknya, kini mereka bisa menggunakan internet sebagai media berpromosi.

    Tentunya yang demikian mampu membuat produk kreatifmu dijual dan dikenal hingga ke seluruh dunia berkat internet. Dampak positifnya, keuntungan dari penjualan sudah pasti meningkat.

    Kuliner
    Peluang bisnis kuliner di Indonesia juga turut menjadi salah satu bisnis UKM modal kecil yang menguntungkan dan memiliki banyak peminat. Bisnis di bidang kuliner bahkan diklaim sebagai bisnis yang tidak akan pernah sepi konsumen. Sebab, semua orang pasti butuh makan untuk bertahan hidup.

    Namun demikian, sukses atau tidaknya bisnis kuliner tergantung dari kualitas rasa makanan yang dijual, pelayanan, dan strategi marketing yang diterapkan. Apabila Anda tertarik untuk menjalankan bisnis kuliner, sebaiknya untuk terlebih dulu bergabung dengan orang yang telah sukses di bidang tersebut, atau agar lebih mudahnya Anda bisa membeli franchise.

    Silakan pelajari dengan baik seluk beluk sistem bisnisnya. Jika sudah yakin, Anda bisa mulai mendirikan bisnis kuliner sendiri.

    Fashion
    [​IMG]
    Bisnis fashion.
    Tidak jauh berbeda dengan jenis bisnis kuliner untung besar di atas, bisnis fashion pun menjadi bisnis UKM modal kecil yang potensial mendatangkan keuntungan besar. Peluang bisnis UKM modal kecil tersebut merupakan kebutuhan sekunder manusia.

    Apalagi dimomen – momen tertentu, bisnis fashion mengalami peningkatan permintaan yang cukup besar. Tidak hanya itu, banyaknya mode yang terus berganti di setiap waktu mampu menjadikan bisnis ini patut dicoba, bahkan bagi pemula dengan sedikit modal sekalipun.

    Untuk memulai bisnis fashion Anda bisa mulai dengan menjadi reseller atau dropship dari brand fashion ternama terlebih dulu. Sembari berbisnis, disarankan agar Anda terus melakukan upgrade kemampuan berbisnis dan cobalah untuk mengumpulkan modal sehingga Anda bisa memulai bisnis sendiri di kedepannya.

    Pendidikan
    Bisnis UKM di bidang pendidikan juga tidak kalah menariknya untuk dijalankan. Lihat saja, saat ini semakin banyak saja anak – anak sekolah, mulai dari jenjang TK sampai SMA yang butuh tambahan jam belajar. Bagaimana tidak, meskipun setiap harinya mereka berangkat sekolah dengan tujuan mencari ilmu, pada kenyataannya tidak semua ilmu yang diajarkan guru di sekolah bisa terserap dengan baik.

    Tentunya yang demikian memaksakannya untuk menambah jam belajar dengan cara mendaftarkan diri ke tempat bimbingan belajar atau les privat. Apalagi saat mendekati UN (Ujian Nasional), biasanya tempat bimbangan belajar banyak sekali peminatnya.

    Ini adalah kesempatan yang baik untuk Anda memulai membuka bisnis UKM di bidang pendidikan. Tak perlu modal banyak, Anda hanya perlu memiliki kemampuan mengajar untuk menjalankan bisnis tersebut.

    Otomotif
    Kita tahu bahwa perkembangan di dunia otomotif di Indonesia saat ini sangat pesat sekali. Misalnya di perkotaan besar, saat jam sibuk pagi – sore biasanya terjadi kemacetan yang cukup panjang. Bahkan dalam satu keluarga bisa dipastikan memiliki lebih dari satu buah kendaraan.

    Ini tentu menjadi peluang bisnis UKM yang menguntungkan untuk Anda jalankan. Banyak bisnis UKM di bidang otomotif yang bisa Anda manfaatkan, antara lain jual beli spare part, bengkel otomotif, jasa cuci kendaraan, rental mobil, dan masih banyak lagi.

    Apabila tertarik dan ingin membuka bisnis dengan modal minim, Anda bisa menjadikan salah satu peluang bisnis UKM di atas sebagai referensi atau rujukan. Namun meski menjanjikan keuntungan besar, sebagai pembisnis Anda juga tidak boleh hanya berdiam diri dan bersantai ria. Anda harus berusaha, berjuang, bekerja keras, tidak mudah menyerah, dan selalu menciptakan inovasi – inovasi untuk bisa menjadikan bisnismu lebih sukses. Demikianlah peluang bisnis UKM modal kecil yang menguntungkan di Indonesia. Semoga informasinya bermanfaat.

    Sumber: https://bambosi.id/2020/06/30/peluang-bisnis-ukm-modal-kecil-yang-menguntungkan-di-indonesia/
     
Loading...

Share This Page