Peluang Usaha Catering Nasi Kuning Untuk Kantoran

Discussion in 'Usaha Kecil Menengah' started by joshua, Mar 19, 2020.

  1. joshua

    joshua Member

    Joined:
    Nov 13, 2015
    Messages:
    92
    Likes Received:
    11
    Trophy Points:
    8
    Catering adalah satu dari banyaknya bisnis dalam bidang kuliner atau tata boga yang sangat menguntungkan, apalagi melihat masyarakat modern seperti sekarang ini yang lebih berorientasi pada segala bentuk yang praktis. Salah satu menu andalan yang dapat Anda ciptakan adalah nasi kuning, tidak sedikit orang yang mencari jasa catering nasi kuning untuk sajian makanan pada acara mereka. Makanan yang sangat populer di Indonesia ini memang mempunyai karakteristik yang berbeda, rasa yang khas membuatnya jadi pilihan menu sajian saat acara istimewa.

    [​IMG]

    Nah, bagi Anda yang sedang bingung menentukan jenis usaha apa yang akan dimulai bisa memilih catering dengan ciri khas masakan nasi kuning. Walaupun pada dasarnya sebuah catering harus tetap menyediakan menu yang komplit untuk pilihan para konsumen yang tidak menyukai jenis makanan tersebut. Melihat kebiasaan masyarakat sekarang ini yang lebih memilih pemesanan catering untuk acara dari pada harus memasak sendiri merupakan salah satu kesempatan Anda yang tidak boleh disia-siakan. Peningkatan tajam dari masyarakat membuat peluang Anda semakin lebih besar, Anda bisa memulainya sendiri atau mencari panther kerjasama.

    Walaupun pada dasarnya memang mudah tetapi tetap tidak bisa dilakukan secara sembarangan, Anda harus memulai setiap tahap dengan tepat. Kunci utama yang harus Anda pegang dalam usaha catering adalah keahlian menghasilkan sebuah masakan yang mempunyai rasa atau ciri khas berbeda dari jasa catering lainnya. Jika memang Anda merasa tertarik untuk memulai bisnis tersebut,

    Berikut tahapan untuk membuat catering nasi kuning yang lezat yaitu:
    • Tetap konsisten.
    Rahasia dalam membangun sebuah bisnis adalah selalu konsisten dengan apa yang sedang dijalani. Bukan hanya pada saat Anda membangun sebuah usaha catering nasi kuning box tetapi juga bisnis lainnya. Karena tanpa tekad dan komitmen yang kuat, kesabaran Anda akan rapuh menghadapi semua hambatan yang ada didepan. Yang perlu digaris bawahi adalah semudah-mudahnya bisnis tetap akan ada halangan yang menjadikan kendala untuk jalan Anda kedepan.

    • Menentukan jenis menu yang akan ditawarkan.
    Indonesia mempunyai berbagai macam suku, daerah atau wilayah yang sangat luas. Hampir kesemuanya mempunyai ciri khas masakan atau makanan sendiri-sendiri. Anda tidak mungkin harus menyiapkan segala macam menu dalam daftar menu catering nasi kuning Jakarta. Anda bisa memilih perwakilan menu tradisional, menu internasional, atau khas daerah lokasi Anda mendirikan usaha yang paling populer. Walaupun pada dasarnya memang semua menu makanan Anda harus bisa tetapi fokuskan pada beberapa menu yang memang benar-benar Anda ahli dalam memasaknya.

    • Modal yang akan digunakan.
    Dalam menjalankan sebuah usaha atau bisnis apa saja pasti memerlukan modal diawal, ini bisa didapat dari uang Anda pribadi, pinjaman, partner kerjasama atau lainnya. Modal tersebut Anda gunakan sebagai pembelian berbagai perlengkapan memasak ataupun keperluan operasional lainnya.

    • Penentuan harga.
    Selanjutnya adalah penentuan harga yang akan Anda jadikan sebagai tawarkan kepada konsumen. Sebelumnya Anda bisa melihat jasa catering nasi kuning lainnya terlebih dahulu, lalu bisa olah sesuai dengan kebijakan Anda. Pastikan jangan terlalu tinggi dan jangan terlalu rendah karena mempengaruhi minat dari para konsumen Anda nantinya.

    • Melakukan pemasaran.
    Sebuah usaha baru pastinya perlu memperkenalkan diri terlebih dahulu untuk mendapatkan banyak konsumen. Salah satu caranya dengan melakukan pemasaran, jika Anda memahami benar strategi pemasaran yang tepat pasti akan paham cara-cara seperti apa yang akan dilakukan. misalnya memanfaatkan sosial media atau toko online sebagai tempat promosi jasa Anda.

    [​IMG]

    Dari beberapa pemaparan diatas dapat disimpulkan bahwa melakukan usaha memang harus melalui tahapan perencanaan yang tepat. Jangan sampai Anda gegabah dalam melakukan segala bentuk usaha sehingga membuat bisnis tersebut tidak jalan bahkan merugi. Sebelumnya Anda korek informasi, pengetahuan atau pengalaman dari orang yang lebih ahli terdahulu dalam bisnis tersebut. Pastikan Anda
    mengetahui setiap hambatan yang mungkin terjadi supaya dapat meminimalisir dengan perencanaan yang tepat. Karena sebuah usaha apapun jenisnya bisa sukses dengan adanya ketekunan serta keuletan Anda melakukannya.

    Dan yang paling penting lagi adalah pengaturan keuangan atau manajemen dalam bisnis catering Anda. Pastikan susunan organisasi sudah tepat sehingga tidak ada kerjaan yang lambat akibat tanggung jawab satu dua orang yang kurang. Finansial dalam sebuah usaha adalah salah satu yang sangat riskan, salah saja Anda menentukan pasti akan berimbas pada usaha yang sedang Anda bangun.

    Nah, itulah penjelasan mengenai cara atau tahapan yang perlu Anda perhatikan dalam pembangunan sebuah bisnis catering. Nasi kuning sendiri sangat fleksibel digunakan dalam segala bentuk acara, dari mulai syukuran, tunangan, ulang tahun ataupun lainnya. Secara otomatis lebih banyak kemungkinan bisnis jasa catering nasi kuning Anda akan berjalan lancar dan sukses dipasaran. Tetap konsisten terhadap rasa dan juga pelayanan yang diberikan kepada para pelanggan.

    Sumber : Mikhayla Catering
     
  2. daarelhijrah

    daarelhijrah New Member

    Joined:
    Apr 26, 2020
    Messages:
    36
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    6
    keren artikelnya,
    menambah inspirasi utk menulis juga

    thanks ya
     
  3. Fatah

    Fatah New Member

    Joined:
    Sep 3, 2016
    Messages:
    19
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    3
    Artikelnya mantap gan, saat ini di Indonesia bisnis kuliner emang lagi menjamur banget. Jadi flashback jualan spaghetti di sekolah, harga pelajar rasanya enak pula hehe:D
     
  4. mikailhaykal

    mikailhaykal New Member

    Joined:
    Jul 18, 2020
    Messages:
    10
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    Makasih informasinya kak, saya juga usaha catering nasi kotak, menu nasi kuning bisa jadi inspirasi produk baru buat usaha catering saya.
     
Loading...

Share This Page