Peluang Usaha Kopi yang Menggiurkan

Discussion in 'Health & Medical' started by Laura Sayang Kopi, Oct 12, 2016.

Tags:
  1. Laura Sayang Kopi

    Laura Sayang Kopi New Member

    Joined:
    Oct 12, 2016
    Messages:
    2
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    Sasaran bisnis kopi cukup luas. Mulai tingkat remaja yang suka duduk-duduk dijalan, eksekutif kantoran, orang-orang kaya, kebanyakan dari mereka sangatlah senang untuk menikmati secangkir kopi sambil mengobrolkan kegiatan mereka.

    Kelompok ekonomi ke bawah semisal supir serta pegawai biasa juga hobi menikmati kopi sambil membahas topik yang mereka inginkan, misalnya tentang berita nasional. Setidaknya terdapat sebelas hal yang sebaiknya anda pertimbangkan untuk memasuki usaha kopi. Perhatikan baik-baik 11 indikator di bawah ini.

    1. Sasaran Pemasaran
    Anda harus berpikir dengan baik siapa target pasar anda.
    • Siapa target utama bisnis kopi ini?
    • Berapakah pemasukannya?
    • Seperti apa pendapat mereka semua berkenaan dengan cita rasa suatu kopi?
    • Golongan apakah mereka?
    • Anak sekolah, pekerja bangunan, pemuda tongkrongan yang gemar main di angkringan, pegawai perusahaan, atau golongan maniak kopi?
    Menyelidiki target pasar sangat membantu anda dalam memetakan langkah yang akan dilaksanakan. Contohnya tempat yang strategis, atau harga yang sesuai untuk kopi anda.

    Apabila biaya yang anda punya sedikit namun sasaran pasar anda ialah kelas tengah ke atas, anda dapat mencari sahabat atau donatur yang ingin mendanai usaha kopi anda.

    Teknik termudah menemukan donatur ialah dengan cara menghadiri kegiatan-kegiatan lomba bisnis plan yang diadakan oleh berbagai organisasi. Jika juara, anda bisa memperoleh pembiayaan secara gratis.

    2. Tempat Usaha Kopi
    Anda harus menentukan lokasi yang paling strategis untuk merintis bisnis kopi. Lokasi merupakan penentu keberhasilan di dalam perjalanan bisnis. Seumpamanya saja anda mau menggunakan strategi kedai kopi sederhana, baiknya anda menentukan tempat yang dekat dengan khalayak ramai.

    Demikian pula jika anda ingin mengonsep strategi usaha kopi di kafe. Sebaiknya untuk memilih tempat yang dekat dengan sekolah tinggi, toko, sekolah, perkantoran, dan lain sebagainya. Jangan membuat kedai kopi mewah di wilayah pasar tradisional yang sangat kumuh, pelanggan anda mustahil akan suka pada kopi tersebut karena harganya mahal.

    Demikian pula, baiknya jangan membuka usaha kopi sederhana di pusat kota. Pengunjung yang berhenti di daerah situ tidak untuk tertarik untuk melirik kedai kopi anda.

    3. Menentukan Supplier
    Ini adalah hal yang penting, yang biasanya di anggap kurang penting. Bila anda berbisnis kopi untuk sasaran pasar golongan ekonomi bawah. Anda janganlah bingung mencari supplier, di pasar sangat banyak penjual kopi. Mulai dari yang menjual kopi arabika, jual kopi hijau, dan jenis kopi lainnya.

    Berbeda lagi kalau target anda ialah golongan ekonomi ke atas. Apabila anda ingin memiliki omset jutaan perharinya, anda harus menarget pasar kopi ini. Konsumen anda rela mengeluarkan biaya yang mahal, oleh sebab itu mereka tepat untuk mendapat kopi terlezat yang tidak tertandingi.

    Anda bisa saja pergi ke berbagai lokasi untuk menemukan kopi yang pas. Lakukanlah, yang demikian ialah biaya penelitian yang sebaiknya anda usahakan.

    4. Rancangan Bisnis
    Konsep pertama untuk usaha kopi sangatlah dibutuhkan sebagai landasan perjalanan usaha kopi yang akan anda geluti. Dengan memiliki konsep yang baik, maka anda bakal ringan di saat mengelola usaha kopi ini. Rasa kopi yang nikmat sangatlah cocok pada jiwa masyarakat secara merata, anda pun bisa merancang skema usaha kopi ini.

    5. Khasiat Kopi
    Begitu banyak manfaat kopi yang baik untuk tubuh. Seperti penghambat berbagai penyakit, seperti kanker payudara, jantung kronis, diabetes, migrain, dll. Pengetahuan baiknya anda kuasai agar lebih mengenal bagian menarik dari kopi ini, dilengkapi aroma unik, kopi dapat menjadi favorit bagi masyarakat.

    6. Menu Kopi
    Tidak kalah penting bagi anda memulai bisnis kopi dengan merencanakan menu ragam kopi yang anda hidangkan. Tersedianya berbagai jenis kopi, maka akan memiliki makna unik tentang usaha kopi anda.

    Contohnya dengan menyediakan menu kopi yang dilengkapi berbagai macam rasa, hal tersebut akan menambahkan kenikmatan yang memikat jika anda menambahkan menu kopi dengan rasa tramisu.

    7. Pegawai
    Anak buah pun menentukan arah bisnis anda, maka dari itu bukan salahnya jika anda menentukan anak buah yang tidak jauh dengan hidup anda serta mereka yang masih mempunyai ikatan rekan dengan anda.
    Faktor di atas akan menentukan kematangan, serta potensi diri mereka. Begitu juga dengan konsep bagi karyawan juga hendaknya anda hadirkan.

    Dengan strategi anak buah yang sesuai, seperti seragam dan bentuk keramahan pada pelanggan, yang demikian itu akan memberikan kesan tersendiri dari sebagian besar pembeli pada bisnis kopi anda.

    8. Izin Bisnis
    Perizinan bisnis sangat urgen untuk memastikan keresmian bisnis yang anda lakukan. Perlu anda ketahui, dengan izin, maka anda bakal semakin mudah di dalam memulai atau mengembangkan usaha kopi anda.

    9. Servis Menyenangkan

    Senantiasa menyediakan servis segar dan memuaskan akan sangat membantu anda dalam mengelola bisnis. Hal tersebut akan menjadi sisi positif yang cukup sulit untuk didapatkan oleh pembeli dari usaha kopi lainnya.

    Jadikan bisnis kopi anda menjadi sebuah bisnis yang memiliki etika, karena hal ini bakal menyebabkan respon yang baik dari para pelanggan. Ditambah servis yang bagus dan menyenangkan, anda juga harus mementingkan kebersihan dari tempat yang anda tempati sebagai usaha kopi tersebut.

    10. Konsep Ampuh
    Bukan masalah jika anda mempunyai konsep tambahan untuk menjalankan bisnis kopi anda. Contohnya dengan melengkapinya dengan berbagai jenis makanan yang lezat sebagai teman sambil menikmati kopi. Jika demikian konsumen bakal semakin dimanjakan dengan hal yang baik.

    11. Strategi Penjualan
    Anda mampu melakukan teknik pemasaran internet atau non online. Bila anda telah melaksanakan konsep bisnis non online, jadi anda bisa memanfaatkan sosial media untuk mempromosikan bisnis kopi anda secara online. Sehingga akan bertambah banyak yang mengenal usaha kopi yang anda lakukan.
     
  2. nafisapartner

    nafisapartner Member

    Joined:
    Dec 31, 2015
    Messages:
    111
    Likes Received:
    12
    Trophy Points:
    18
    Kopi jessica ada gha .. wkwkwk
     
    katon likes this.
  3. katon

    katon Active Member

    Joined:
    Nov 19, 2015
    Messages:
    1,217
    Likes Received:
    91
    Trophy Points:
    48
    Bukan kopi jessica bro,, kopi bang otto ajah,,,
     
Loading...

Share This Page