Pemanfaatan Gelombang Ultrasonik Pada Industri

Discussion in 'General Discussion' started by Linda Nur Wakidah, Jan 23, 2019.

  1. Linda Nur Wakidah

    Linda Nur Wakidah Member

    Joined:
    Aug 29, 2017
    Messages:
    133
    Likes Received:
    17
    Trophy Points:
    18
    Pemanfaatan Gelombang Ultrasonik Pada Industri - Di zaman yang serba modern seperti sekarang ini, gelombang bunyi telah dimanfaatkan dalam banyak hal. Manusia sendiri dapat mendengar bunyi dengan frekuensi 20 Hz - 20.000 Hz, dibawah atau diatas tersebut maka kita tidak dapat mendengarnya.

    [​IMG]

    Gelombang bunyi yang banyak dimanfaatkan adalah delombang bunyi ultrasonik dengan frekuensi diatas 20.000 Hz. Pemanfaatan tersebut banyak digunakan pada berbagai bidang, salah satunya adalah pada bidang industri. Berikut adalah beberapa contoh pemanfaatan gelombang ultrasonik pada industri :

    1. Kacamata tunanetra

    Gelombang bunyi ultrasonik dapat digunakan untuk membuat kacamata tunanetra, kacamata ini mempunyai cara kerja sama halnya dengan cara kelelawar dalam menentukan jarak benda di depannya.

    2. Mendeteksi retak pada struktur logam

    Dengan memanfaatkan scanning ultrasonik maka kita dapat mengetahui retak pada logam maupun struktur logam, hal ini banyak digunakan untuk mendeteksi retak pada pesawat terbang yang tentunya akan membahayakan penerbangan itu sendiri.

    Scanning ultrasonik ini akan mendeteksi keberadaan retak pada pesawat terbang dan jika ada retakan dalam logam maka pantulan ultrasonik dari retakan akan dapat dideteksi. Kemudian retakan ini akan diperiksa dan diperbaiki sebelum pesawat itu terbang. Alat yang digunakan untuk pendeteksian ini adalah ultrasonic flaw detector / alat pendeteksi keretakan.

    3. Mencuci benda dengan ultrasonik

    Benda seperti berlian dan bagian atau komponen mesin biasanya sangat sukar dibersihkan dengan menggunakan spon kasur atau detergen keras, gelombang ultrasonik ini akan menghasilkan getaran frekuensi tinggi dari ultrasonic.

    Getaran frekuensi ini dapat dimanfaatkan untuk merontokkan kotoran dari suatu objek dengan mencelupkannya dalam suatu cairan sama seperti kita mencuci pada mesin cuci. Gelombang ultrasonik ini selanjutnya akan dikirim melalui cairan hingga menyebabkan cairan bergetar dengan sangat kuat dan getaran cairan ini akan merontokkan kotoran yang menempel pada objek tanpa harus menggosok kotoran itu dengan keras.

    4. Survei geofisika

    Gempakan Bumi atau ledakan dahsyat akan mengeluarkan gelombang bunyi yang dapat menempuh perjalanan yang sangat jauh melalui Bumi dan selanjutnya getaran - getaran ini akan dicatat oleh seismograf di berbagai tempat di permukaan Bumi.

    Catatan - catatan ini dapat digunakan untuk mendeteksi, menemukan lokasi dan mengklasifikasikan gangguan - gangguan atau untuk memberikan informasikan tentang struktur Bumi. Pantulan gelombang - gelombang bunyi yang melalui lapisan - lapisan batuan Bumi bisa digunakan oleh ahli geofisika bersama ahli geologi. Gelombang suara tersebut digunakan untuk mendeteksi lapisan - lapisan batuan yang mengandung endapan - endapan minyak atau mineral - mineral berharga.
     
  2. Dudu

    Dudu Guest

    Informasi bermanfaat sekali, sangat menambah wawasan *akhirnya*
     
  3. Linda Nur Wakidah

    Linda Nur Wakidah Member

    Joined:
    Aug 29, 2017
    Messages:
    133
    Likes Received:
    17
    Trophy Points:
    18
    hehe makasih sudah berkunjung kak
     
Loading...
Similar Threads - Pemanfaatan Gelombang Ultrasonik
  1. Dadan rusdan
    Replies:
    19
    Views:
    1,310

Share This Page