Pemasangan Solar Panel Apakah Perlu Izin? Inilah Syarat Instalasi Solar Panel yang Perlu Diketahui

Discussion in 'General Discussion' started by Muhammad Rizam, Jun 30, 2023.

  1. Muhammad Rizam

    Muhammad Rizam New Member

    Joined:
    Nov 10, 2015
    Messages:
    45
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    6
    Pemasangan solar panel apakah perlu izin? Jawabannya, tentu saja perlu. Mengapa demikian? Sebab terdapat syarat dan aturan pemerintah yang harus diikuti untuk menentukan boleh atau tidaknya seseorang memasang solar panel.

    Perlu diketahui bahwa sistem jaringan solar panel dibagi menjadi 3, yakni on grid yang terhubung dengan jaringan PLN, off grid yang tidak terhubung dengan PLN dan hybrid yang merupakan sistem on grid dengan baterai sebagai backup.

    Bedanya, apabila Anda membangun solar panel di wilayah yang tidak terjangkau PLN, maka Anda bisa memasang sistem off grid tanpa harus mendapatkan izin. Namun, jika Anda memasang sistem on grid dan hybrid, maka sudah pasti Anda harus meminta izin PLN.

    Pemasangan Solar Panel Apakah Perlu Izin?
    Kemudian muncul pertanyaan apakah alasannya harus memerlukan izin terlebih dahulu sebelum memasang solar panel? Padahal pemasangan menggunakan uang pribadi. Maka jawabannya adalah karena adanya aturan pemerintah yang menentukan demikian.

    Berikut adalah beberapa alasan mengapa memerlukan izin PLN terlebih dahulu sebelum menginstal solar panel di rumah Anda.

    1. PLN Memastikan Daya Solar Panel Sesuai
    Dalam hal ini, terdapat aturan dasar yakni daya yang dihasilkan dari sistem solar panel harus lebih kecil ketimbang daya yang terdaftar ke PLN. Contohnya seperti, jika rumah Anda memiliki daya PLN 6600 Watt, maka Anda hanya boleh memasang solar panel berdaya kurang dari 5500 Watt Peak.

    2. PLN Memberikan Exim Meter
    Ketika meminta izin terkait pemasangan solar panel, PLN nantinya akan memberikan exim meter. Exim sendiri merupakan singkatan dari export dan import. Yang berarti apabila pada siang hari produksi listrik solar panel lebih besar dari penggunaan, maka daya listrik tersebut akan diekspor ke jaringan PLN begitu pula sebaliknya.

    3. PLN Mencatat Tabungan Listrik
    Apabila Anda merupakan orang yang lebih sibuk beraktivitas di luar dan jarang di rumah pada siang hari, maka daya listrik yang diproduksi solar panel akan ditabung di jaringan PLN. Anda bisa mengeceknya di exim meter. Jadi Anda tidak perlu merasa rugi karena tabungan daya tersebut bisa Anda gunakan di malam harinya.

    Syarat Apa Saja yang Diperlukan Untuk Memasang Solar Panel?
    Berikut ini adalah beberapa syarat yang wajib Anda penuhi sebelum memasang solar panel.

    1. Izin Pemasangan Solar Panel
    Seperti yang sudah dibahas sebelumnya bahwa pemasangan solar panel harus mendapatkan izin dari pihak PLN terlebih dahulu. Namun, Anda juga bisa memasang solar panel dengan sistem off grid, dengan catatan wilayah Anda tidak terjangkau PLN.

    2. Penempatan Solar Panel
    Solar panel wajib dipasang di tempat yang terbuka untuk mendapatkan cahaya matahari. Tidak boleh tertutupi apapun, misalnya seperti pepohonan atau bahkan bangunan. Selain itu, panel juga harus dipasang pada atap yang kokoh dan stabil.

    3. Posisi Solar Panel
    Apabila rumah Anda berada di bawah garis khatulistiwa, maka solar panel harus diposisikan menghadap utara dengan kemiringan 15 hingga 20 derajat. Hal ini agar solar panel bisa mendapatkan intensitas cahaya matahari dengan maksimal.

    4. Instalasi Kabel
    Kabel listrik yang digunakan untuk menyambungkan solar panel ke sistem kelistrikan rumah harus terbuat dari bahan yang tahan cuaca dan panas. Agar tidak terjadi kebocoran yang bisa menyebabkan kebakaran, pastikan untuk memasang perlindungan tambahan pada kabel.

    5. Kapasitas Daya Listrik
    Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, Anda hanya bisa memasang solar panel dengan daya listrik yang lebih kecil ketimbang daya yang terdaftar di PLN.

    Semoga pertanyaan Anda terkait pemasangan solar panel apakah perlu izin atau tidaknya sudah terjawab melalui penjelasan di atas. Pastikan juga untuk memenuhi persyaratan tersebut sebelum memasang solar panel system di rumah Anda.
     
Loading...

Share This Page