Pembersihan Kolong Bawah Mobil Yang Efisien Dan Bersih Maksimal

Discussion in 'Otomotif' started by Galih Pradipta, Nov 9, 2018.

  1. Galih Pradipta

    Galih Pradipta Member

    Joined:
    Dec 21, 2017
    Messages:
    47
    Likes Received:
    5
    Trophy Points:
    8
    Cuci Bagian Bawah Kolong Mobil | Saat sedang mencucikan mobil, kadang mendatangi cuci mobil yang hanya konsentrasi membersihkan unsur bodi mobil saja. Tanpa mencuci bagian bawah kolon mobil. Kalau unsur bawah mobil kotor, memang tidak terlihat. Akan namun bagian ini ada komponen urgen yang butuh di jaga kebersihannya. Disaat membasuh mobil, usahakan pun membersihkan kolong mobil atau unsur bawah mobil. Hal ini bermanfaat untuk mengasuh bagian bawah mobil. Di samping itu, dengan mencuci bagian bawah mobil, otomatis akan dapat melihat situasi kolong mobil. Biasanya sesudah dibersihkan, bakal terlihat kolong mobil keropos atau kolong mobil berkarat atau penyebab kolong mobil bunyi berisik, atau kolong mobil penyok.

    [​IMG]
    Pada unsur bawah mobil yang butuh di jaga kebersihannya memang banyak. Kaki-kaki mobil, sistem rem mobil, suspensi mobil, sistem kemudi dan tergolong pula sistem transmisi unsur bawah mesin. Itu seluruh komponen urgen bagian bawah kolong mobil. Bila musim hujan sudah tiba, bagian-bagian tersebut rentan terhadap karat dan terbungkus lumpur jalanan bila tidak dipertahankan kebersihannya. Jikalau sesudah menerabas banjir dan hujan dengan mobil, usahakan segera kerjakan cuci mobil unsur bawah.

    Mencuci mobil dengan sekalian mencuci bagian bawah kolong mobil. Setidaknya sebulan sekali membawa mobil ke lokasi cuci mobil hidrolik. Setelah itu, petugas cuci mobil bakal menyemprotkan air bertekanan tinggi ke unsur bawah kolong mobil untuk mencuci kotoran yang menempel. Simpel kan.

    Bagi yang di wilayah domisilinya tidak ada lokasi cuci mobil hidrolik, dapat menggunakan tips mencuci bagian bawah kolong mobil pada tulisan ini. Cara membersihkannya dapat dilakukan sendiri di ketika sedang membasuh mobil dirumah.

    Saat cuci mobil sendiri, semprotkan air bertekanan di sela-sela gril dan lubang udara bumper mobil supaya kotoran yang menempel di dalamnya jadi rontok. Bersihkan sela-sela bumper unsur dalam dengan sikat. Gunakan sikat nylon yang mempunyai gagang panjang guna memperluas jangkauan. Jikalau masih tidak cukup yakin bakal kebersihan, pakai jari tangan untuk mengecek kembali dengan teknik merogohnya.

    Sedangkan untuk mencuci area selama ban, putar tidak banyak roda ke arah luar guna mempermudah akses ke kaki-kaki mobil. Lalu semprotkan air bertekanan sampai kotoran pada rontok. Sembari disemprotkan air, dapat juga di tolong membersihkan dengan sikat nylon bergagang panjang.

    Setelah seluruh bagian tersemprot air, segera dapat mencuci mobil dengan spons yang telah diairi cairan shampo mobil. Dalam mencuci, hati-hati dengan sensor yang terpasang di unsur bawah kolong mobil.

    Untuk mencuci dek atas ban. Bisa dilaksanakan dengan kain lap saja (pada unsur ini telah ada lapisan anti karatnya). Di samping itu, cuci pun velg dan ban mobil supaya tampir bersih. Beri perhatian eksklusif pada sudut pertemuan bodi mobil. Pakai sikat nylon guna meyakinkan kotoran rontok.

    Sedangkan guna bagian spatboard, bumper mobil, dan kaki-kaki belakang, dilaksanakan hal yang sama dengan cara pengerjaannya itu diatas. Saran saya, ketika proses mencuci bagian bawah kolong mobil, periksa pun karet kaki-kaki mobil. Cek kondisinya.

    Saya sendiri lebih suka membasuh mobil sekaligus mencuci bagian bawah kolong mobil sendiri. Hal ini disebabkan saya dapat mengecek situasi komponen mobil bila terjadi karat, penyok, robek, aus atau baut hilang. Banyak manfaatnya kan. Selamat membasuh mobil.
     
Loading...

Share This Page