Pemeriksaan Lab untuk deteksi dini Diabetes

Discussion in 'Health & Medical' started by maulana9407, Aug 1, 2017.

  1. maulana9407

    maulana9407 Member

    Joined:
    Jul 14, 2017
    Messages:
    31
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    8
    [​IMG]
    Apa saja sih gejala dan juga tipe dari diabetes ? Dan pemeriksaan laboratorium apa saja yang perlu kita lakukan untuk mendeteksinya?

    Diabetes merupakan salah satu penyebab kematian tertinggi di dunia, bahkan di Indonesia. Diabetes mellitus merupakan penyakit yang ditandai dengan tingginya kadar gula darah, hal tersebut disebabkan oleh adanya gangguan pada ekresi insulin atau gangguan kerja insulin maupun keduanya. Tubuh pasien yang menderita diabetes mellitus tidak dapat memproduksi atau tidak dapat merespon hormon insulin yang dihasilkan oleh organ pankreas, sehingga kadar gula darah meningkat dan menyebabkan komplikasi jangka pendek maupun jangka panjang pada pasien tersebut. Oleh karena, penting bagi itu untuk dapat mendeteksi secara dini penyakit Diabetes mellitus atau biasa dikenal juga dengan nama kencing manis. Perlu kita ketahui, penyakit ini mempunyai berbagai gejala yang dapat dibagi menjadi dua kategori, yaitu :

    I. Gejala diabetes klasik ( Gejala yang khas )
    1. Sering buang air kecil dan jumlah yang banyak ( Poliuria ):
      Meningkatnya frekuensi kencing ini disebabkan oleh kadar gula dalam darah yang berlebihan, sehingga merangsang tubuh untuk mengeluarkannya melalui ginjal bersama air dan kencing. Gejala banyak kecing ini seringkali pada waktu malam hari, yaitu saat kadar gula dalam darah relatif tinggi.
    2. Adanya perasaan haus yang terus menerus ( Polidipsi ):
      Hal ini merupakan reaksi tubuh akibat dari meningkatnya frekuensi buang air. Untuk menghindari kekurangan cairan (dehidrasi), maka secara otomatis akan timbul rasa haus atau kering yang menyebabkan meningkatkan keinginan untuk terus minum selama kadar gula dalam darah belum terkontrol baik.
    3. Banyak makan (Polipagia):
      Merupakan gejala klasik diabetes yang tidak begitu menonjol. Hal ini disebabkan oleh berkurangnya cadangan gula dalam tubuh yang dikarenakan tubuh tidak dapat mengolah gula, meskipun kadar gula dalam darah tinggi. Sehingga demikian, tubuh berusaha untuk memperoleh tambahan cadangan gula dari makanan yang diterima.
    Selain ketiga gejala diatas, terdapat gejala lain yang juga dapat disebabkan oleh diabetes, yaitu antara lain terjadinya penurunan berat badan tanpa di ketahui penyebabnya dan timbulnya rasa letih yang tidak dapat dijelaskan sebabnya.

    II. Gejala diabetes non klasik ( Gejala yang tidak khas )
    • Kesemutan di tangan dan kaki
    • Mudah terinfeksi
    • Disfungsi ereksi




    [​IMG]

    Tipe diabetes
    Berdasarkan artikel dari WHO, terdapat dua tipe diabetes dimana 90% dari penderita diabetes merupakan penderita diabetes Tipe II. Berikut ini perbedaannya:

    1. DM tipe I insulin dependent diabetes:
    Tipe I atau diabetes yang bergantung pada insulin. Tubuh mereka tidak memproduksi insulin dan karenanya suntikan insulin secara teratur dibutuhkan untuk memelihara gula darah yang normal. Timbul pada usia anak – anak dan remaja dan harus terapi menggunakan suntik insulin.

    2. DM tipe II non-insulin dependent diabetes
    Tipe II atau diabetes yang tidak bergantung pada insulin. Tubuh penderita diabetes tipe II dapat memproduksi sejumlah insulin, tetapi itu jumlahnya tidak mencukupi atau cacat. banyak menyerang pada usia produktif di akibatkan oleh gaya hidup. Yang terpenting adalah kita harus mengenal secara dini gejala dari diabetes mellitus secara dini dan jangan lupa chek kadar gula darah anda sekarang juga. Lebih baik mencegah dari pada mengobati.

    Jenis Pemeriksaan Diabetes Mellitus :
    Untuk melakukan deteksi dini diabetes, terdapat pemeriksaan laboratorium yang pada umumnya dilakukan yaitu sebagai berikut:

    • Glukosa Puasa
    • HbA1c (A1c)
    • Urine Lengkap / Rutin
    Sedangkan untuk mengetahui biaya pemeriksaan masing-masing, Anda dapat langsung mengetahuinya dengan menggunakan layanan dari Pesanlab. Anda tinggal memilih jenis pemeriksaan yang anda inginkan, lalu pilih dan bandingkan harga pemeriksaan tersebut di banyak laboratorium terpercaya seperti Prodia, Kimia Farma, Gunung Sahari, Biotest, Pathlab, Parahita, Liderlab, CAYA dan Primadia.
     
    Last edited by a moderator: Aug 2, 2017
  2. rosyad

    rosyad Active Member

    Joined:
    Dec 30, 2016
    Messages:
    1,109
    Likes Received:
    84
    Trophy Points:
    48
    Kebanyakan link live kang, ntar malah di matikan semua loh.
     
  3. maulana9407

    maulana9407 Member

    Joined:
    Jul 14, 2017
    Messages:
    31
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    8
    maaf kang, oke nanti saya edit kang
     
Loading...

Share This Page