Pemicu Terjadinya Penyakit Jantung Koroner pada Usia Muda

Discussion in 'Health & Medical' started by Reza Ahmad, Aug 20, 2019.

  1. Reza Ahmad

    Reza Ahmad Member

    Joined:
    Apr 3, 2018
    Messages:
    126
    Likes Received:
    5
    Trophy Points:
    18
    Penyakit jantung adalah penyakit serius yang juga merupakan penyebab kematian tertinggi bukan hanya di Indonesia, melainkan juga di dunia. Salah satu jenis penyakit jantung yang umumnya terjadi ialah penyakit jantung koroner (PJK), jenis penyakit jantung ini seringkali dianggap sebagai penyakit karena bertambahnya usia seseorang.

    Namun, pada dasarnya penyakit jantung koroner pada usia muda pun bisa dialami. Sebab penyakit jantung disebabkan karena kesehatan yang tidak dijaga, apalagi jika tidak pernah cek kesehatan jantung ke dokter.

    Seorang mantan pesepak bola Indonesia, Erik Dwi Ermawansyah yang meninggal dunia pada usia yang masih tergolong sangat muda, yaitu 22 tahun. Hal ini membuktikan bahwa penyakit jantung koroner pada usia muda bisa saja terjadi.

    Berdasarkan pada Riset Kesehatan Dasar Kementerian kesehatan Republik Indonesia di tahun 2013, penyakit jantung koroner ini mencapai 12,1 % dari tingkat populasi. Hal ini menunjukkan bahwa tidak sedikit masyarakat Indonesia yang mengalami penyakit jantung koroner ini. Dan sekitar 39% dari hasil tersebut merupakan kelompok usia muda yang usianya kurang dari 44 tahun.

    Penyakit Jantung Koroner pada Usia Muda

    Salah satu mengapa penyakit jantung koroner pada usia muda bisa terjadi dikarenakan gaya hidup yang tidak sehat, ada pun beberapa pemicu lainnya, yaitu :

    Malas Berolahraga.
    Obesitas.
    Merokok.
    Konsumsi Alkohol.
    Kolesterol tinggi.
    Tekanan darah tinggi.

    Untuk tips sehat lainnya, bisa klik disini. Thanks
     
Loading...

Share This Page