Pendaftaran Merek Online, Begini Caranya

Discussion in 'General Business' started by bagas35, Jun 28, 2018.

  1. bagas35

    bagas35 Member

    Joined:
    Feb 8, 2018
    Messages:
    56
    Likes Received:
    5
    Trophy Points:
    8
    [​IMG]


    Berurusan dengan instansi pemerintah memang kerap menghadirkan 1001 persoalan yang tak kunjung tuntas. Mulai dari banyaknya dokumen yang harus disiapkan, prosedur yang panjang dan rumit, sampai antrean tidak berujung di kantor pelayanan publik. Termasuk saat Anda hendak mengurus pendaftaran merek dagang. Rasa enggan untuk bersusah-susah mengurus keperluan administratif ini kadang menguat, apalagi melihat setumpuk dokumen atau antrean panjang. Padahal, mendaftarkan merek dagang memberikan lebih banyak keuntungan bagi bisnis Anda.


    Pertama, Anda perlu mengetahui syarat apa saja yang harus dipenuhi untuk mengajukan permohonan pendaftaran merek dagang. Baca dan pahami sampai terinci, lalu siapkan dokumen yang diperlukan. Anda harus mengerti, sejatinya setiap prosedur administratif di instansi pemerintah tidaklah serumit yang dikira. Dengan catatan, Anda bisa mematuhi dan menjalankan setiap langkah dengan teliti.


    Apalagi, sekarang Anda juga bisa melakukan pendaftaran merek online. Namun, sebelum sampai ke situ, coba cek lagi merek yang hendak Anda ajukan. Lakukan penelusuran merek, bisa dengan pencarian mandiri di Google atau laman resmi Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual melalui https://pdki-indonesia.dgip.go.id/. Jika masih merasa repot, Anda bisa menggunakan jasa konsultan HKI yang terdaftar resmi guna membantu pengurusan pendaftaran merek dagang usaha.





    Pendaftaran Merek Online, Begini Caranya

    Setelah Anda mendapatkan hasil dari penelusuran merek, maka Anda perlu mempersiapkan syarat berikut.


    Persyaratan yang harus dipenuhi

    Dokumen yang harus disiapkan adalah:

    · Formulir permohonan pendaftaran merek (dua rangkap), bisa diakses secara online melalui laman berikut

    · Bukti pembayaran pendaftaran merek;

    · Label merek sebanyak tiga lembar, ukuran paling kecil 2x2 cm, paling besar 9x9 cm;

    · Surat pernyataan kepemilikan merek;

    · Surat kuasa jika dikuasakan;

    · Bukti prioritas jika prioritas.

    Catatan khusus yang perlu diperhatikan:

    · Jika label merek yang dilampirkan merupakan bentuk karakteristik dari merek itu, lengkapi dengan visual dan deskripsi klaim perlindungan.

    · Jika label merek berupa suara dan tidak dapat ditampilkan dalam wujud notasi, label merek yang dilampirkan berbentuk sonogram.

    · Jika label merek berupa hologram, lengkapi dengan tampilan visual dari berbagai sisi..


    Tahapan mendaftarkan merek dagang secara online
    Untuk melakukan pendaftaran merek online, begini caranya.

    1. Permohonan secara online melalui laman resmi Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual.

    2. Pemohon mengisi formulir secara online.

    3. Unggah dokumen yang diminta sesuai persyaratan.

    4. Ikuti prosedur sesuai instruksi yang tertera.

    Namun, pengisian formulir secara online atau e-filling baru bisa dilakukan oleh beberapa pihak dan belum bisa diakses langsung oleh pemohon. Pihak yang berwenang mengaksesnya terdiri dari Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM seluruh Indonesia, Sentra HKI perguruan tinggi (satu akun untuk satu perguruan tinggi), dan konsultan HKI yang sudah terdaftar resmi.





    Peran Penting Konsultan HKI

    Jika Anda memilih menggunakan jasa konsultan HKI, langsung saja mengeceknya di daftar Pangkalan Data Konsultan Kekayaan Intelektual. Konsultan yang resmi terdaftar jelas mempunyai keahlian yang spesifik, terutama dalam pengurusan hak kekayaan intelektual, antara lain paten, desain industri, dan merek dagang. Keberadaannya pun dilindungi dalam UU No. 15 tahun 2001 tentang Merek. Dalam undang-undang tersebut, yang disebut kuasa adalah konsultan HKI, bukan pihak lain seperti broker. Anda tidak dapat mengalihkan pengurusan ini pada orang lain kecuali konsultan HKI resmi.


    Menggunakan jasa konsultan seperti ini tentu bisa memudahkan Anda karena tidak perlu repot mengurus semuanya sendiri. Konsultan HKI akan menindaklanjuti setiap perkembangan dalam tahapan yang telah dilakukan, baik untuk pendaftaran merek manual maupun pendaftaran merek online. Mulai dari penolakan terhadap merek, ada tidaknya sanggahan, pengajuan banding, sampai semua proses selesai dilakukan.

    Baca juga: Manfaat jika mendaftarkan merek/brand usaha anda

    Mengingat merek merupakan aset terbesar dalam usaha Anda, ada baiknya jika pengurusan ini diawali dengan memilih konsultan HKI yang tepat dan tepercaya. Dengan memilih konsultan yang tepat, maka pengurusan merek dagang usaha bisa berjalan lancar dan bisnis Anda semakin berkembang.
     
Loading...

Share This Page