Pendakian Gunung Slamet Via Rute Bambangan Purbalingga

Discussion in 'Tourism' started by rendika Iswandi, Sep 22, 2016.

  1. rendika Iswandi

    rendika Iswandi Member

    Joined:
    Apr 13, 2016
    Messages:
    159
    Likes Received:
    19
    Trophy Points:
    18
    [​IMG]
    Gunung Slamet seperti yang telah banyak diketahui, bahwasanya merupakan sebuah gunung dengan memiliki puncak tetinggi di Jawa Tengah. Bahkan puncak slamet tercatat pula menduduki posisi ke-2 setelah puncak Semeru, sebagai gunung tertinggi di Pulau Jawa.

    Jalur pendakian Gunung Slamet via Bambangan merupakan route terpendek Jalur Slamet yang paling populer dan paling sering di daki. Jalur Bambangan terletak di Dukuh Bambangan Desa Kutabawa Kecamatan Karangreja, kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah.

    Gunung Slamet merupakan sebuah gunung berapi dengan memiliki ketinggian puncak sekitar 3428 mdpl, yang tercatat pernah meletus pada tahun 1999 dan 2009. Untuk dapat mendaki gunung slamet terdapat beberapa rute atau jalur pendakian yang dapat ditempuh. Diantaranya ialah melalui jalur Guci Tegal, jalur Jurangmangu, jalur Baturraden, jalur Kaliwadas Brebes, jalur Kaligua Bumiayu, jalur Dukuhliwung, jalur Bambangan dan jalur Dipajaya yang baru dibuka pada tahun 2013. Akan tetapi dari semua jalur yang ada, rute Bambangan merupakan jalur terfavorite bagi para pendaki yang ingin mendaki ke puncak slamet. Pasalnya jalur ini merupakan jalur tersingkat karena sudah berada hampir diketinggian sekitar 1502 mdpl. Oleh karena itu pada 17/08/2016, saya mencoba membulatkan tekat agar dapat menginjakkan kaki pada puncak tertinggi di Jawa Tengah, dengan menggunakan jalur ini. Dengan tujuan untuk dapat menikmati segala keindahan panorama alamnya yang masih sangat asri dan dapat melihat langsung kaldera atau kawah besar pada puncaknya. Terlebih lagi dengan bertepatan Hari Kemerdekaan Indonesia, dan rasanya ingin sekali mencoba merayakannya di atas puncak slamet.

    Jika kamu berdomisili di Jakarta, seperti halnya saya. Kamu dapat menggunakan jasa kereta api dengan tujuan Stasiun Pasar Senen-Stasiun Purwokerto. Setibanya di Stasiun Purwokerto, kamu dapat melanjutkan perjalanan menuju Terminal Purwokerto dengan menggunakan bis ataupun angkutan umum berwarna orange. Setelah diterminal tersebut, kamu dapat mencari bis dengan tujuan Purbalingga Serayu. Kamu dapat katakan saja pada kondekturnya, untuk dapat mengantarkan kamu ke jalur pendakian gunung slamet via Bambangan. Setelah sampai di Serayu, kamu dapat melanjutkan perjalanan menuju pos pendakian Bambangan, dengan menggunakan ojek/angkutan desa.

    Singkat cerita, setibanya kamu pada basecamp pendakian Bambangan, kamu diharuskan membayar simaksi terlebih dahulu sekitar Rp. 5000/orang. Setelah itu akan ada sedikit arahan dari rangger dan usahakan catat semua koordinat yang akan dilalui. Tahapan ini dinilai sangat penting, dikarenakan untuk mendaki gunung slamet via Bambangan akan melalui jumlah pos yang cukup banyak hingga mencapai 9 pos pendakian. Setelah sekiranya semua telah siap, dikarenakan matahari sudah mulai tinggi, maka tepat pada pukul 11.00 siang saya bergegas untuk memulai perjalanan mendaki gunung slamet. Rasa gugup dan semangat, bercampur padu dalam diri ini kian membuat jantung berdebar rasanya. Tujuan pertama selepas dari basecamp ialah untuk menuju Batas Perhutani. Perjalanan dimulai dengan menyusuri jalan setapak berupa tanah dan terbilang masih sedikit landai, kemudian banyak didapati tumbuhan sayur-mayur yang ditanam oleh para warga petani sekitar. Setibanya di batas perhutani, terdapat sebuah warung kecil yang dapat dimanfaatkan sebagai tempat untuk melepas lelah. Untuk mendaki gunung slamet sebetulnya terdapat warung pada pos ke 1, 2, 3 dan 5. Namun untuk pos ke-5, warung memang agak jarang dibuka. Mungkin hanya sewaktu-waktu bila waktu pendakian sedang ramai. Tak perlu membawa air yang berlebihan, karena jika mau kamu dapat membelinya di warung tersebut, namun tentulah dengan harga yang berbeda.

    [​IMG]
    [​IMG]


    Jalur Pendakian Via Bambangan

    BASECAMP – POS 1 Pondok Gembirung Setelah beberapa menit dari basecame pendaki akan menemui sebuah Gapura selamat datang Bagi pendaki Gunung Slamet. dari sinilah perjalanan dimulai. Tak jauh dari gerbang itu pendaki harus berlok ke kanan dan mensyusuri ladang penduduk. Tak lama kemudian pendaki akan memasuki pintu hutan dengan tanaman mayoritas Pohon Pinus. Jarak menuju pos 1 (Pondok Gembirung) masih harus ditempuh sekitar 1,5 jam dari sini.

    POS 1 – POS 2 Pondok Walang Trek dari pos 1 menuju Pos 2 (Pondok Walang) lumayan cukup menanjak. Tapi dengan rimbunnya pohon dan jarak yang tidak kurang dari 1 Kilometer, membuat jalur ini tidak terlalu sulit untuk dilalui. Lahan cukup datar di kanan dan kiri jalur pendakian untuk bisa mendirikian beberapa tenda.

    POS 2 – POS 3 Pondok Cemara Dari Pos 2 jalanan kembali menyempit kanan-kiri banyak semak-semak. Ketika hujan jalan di trek ini akan menjadi cukup licin. Sekitar satu jam perjalanan kita akan sampai ke pos tiga.

    POS 3 – POS 4 Pondok Samaranthu
    Trek masih didominasi vegetasi hutan di kanan kiri. Di Pos empat ini sangat jarang untuk camp. Tempat ini juga terkenal angker, Samaranthu artinya adalah hantu tidak terlihat.

    POS 4 – POS 5 Samyang Rangkah Mendekati Di pos ini pendaki dapat mengambil air di tempat yang tidak jauh dari podokan pos. Di pos ini kita bisa memanfaatkan pondok yang terbuat dari seng sebagai tempat istirahat, tentu kalau belum penuh oeleh pedaki yang lain.

    POS 5 – POS 6 Samyang Jampang Jarak dari pos 5 ke pos 6 hanya 30 menit saja. Biasanya pendaki akan langsung menuju ke pos tujuh yang jaraknya tidak jauh lagi.

    POS 6 – POS 7 Samyang Kendil Pos tujuh ini adalah tempat favorit untuk mendirikan tenda. Ada sebuah gubuk di pos 7 ini. Jarak dari pos ini menuju puncak sudah tidak jauh lagi sekitar 2 Jam perjalanan.

    POS 7 – POS 8
    Pos ini tempatnya sedikit terbuka dengan kemiringan yang curam. sebaiknya langsung menuju ke pos 9 (Plawangan/Batas Vegetasi). Namun kalau mau lebih nyaman sebaiknya camp di pos 7

    Pos 8 - Pos 9 (Plawangan)
    Hanya berjalan sekitar 15 - 30 menit untuk bisa mencapai di pos 9 (batas vegetasi). muat sekitar 6 tenda ukuran 3 orang. Tempatnya sedikit terbuka hanya dengan beberapa tanaman saja. ketinggian pos 9 ini adalah 3250 Mdpl. Untuk ke puncak tinggal membutuhkan waktu sekitar 1 jam.

    Puncak Slamet/ Bibir KawahPerjalanan selanjutnya akan menjadi lebih berat, Dari batas vegetasi jalur menuju puncak adalah batuan dengan kemiringan yang sangat curam. Setelah sampai di ujung jalur, untuk menuju ke kawah adalah dengan berbelok ke kiri menuruni sisi lereng. dari sini Dari puncaknya pendaki bisa melihat Gunung Sindoro, Gn Sumbing, Gn Merapi, Gn Merbabu. Yang harus diperhatikan adalah bahwa batas aman di puncak adalah sampai jam 10 siang. Karena ketika siang hari kabut akan menyulitkan pendaki, terutama ketika turun menuju batas vegetasi.

    Melihat segala yang tersaji, membuat bibir kotor ini mengucap ribuan rasa syukur terhadap Sang Pencipta. Seraya mengingat perjalanan panjang yang telah dilalui, seakan mengingatkan diri ini untuk tetap berjuang, walaupun ada kalanya disaat jatuh. Pada moment tersebutlah dituntut untuk belajar lebih memahami diri sendiri dan berusaha untuk bangkit kembali. Kehidupan memanglah diibaratkan sebagai roda besar, yang terus berputar. Berputar dan bergerak kemudian berlabu pada sesuatu yang disebut dengan tujuan. Dalam perjalanan hidup, terkadang membuat diri ini merasa bingung untuk mengambil jalan, namun dilema tersebut janganlah lantas membuat diri ini tenggelam, kemudian takut untuk mencobanya. Karena melalui proses tersebut, maka niscaya Tuhan akan membukakan pintu rejekiNya. Tetap semangat dan terus melangkah kedepan adalah kunci utama untuk menuju kesuksesan hidup. Kamu dapat juga membaca secara detail pendakian gunung slamet.

    source Pendakian Gunung Slamet Via Jalur Bambangan
     
  2. aa online

    aa online Member

    Joined:
    Oct 10, 2015
    Messages:
    606
    Likes Received:
    48
    Trophy Points:
    28
    Google+:
  3. Rista aulia

    Rista aulia Member

    Joined:
    Jul 21, 2016
    Messages:
    147
    Likes Received:
    15
    Trophy Points:
    18
    MEndaki memang asik juga yah, kalau ada kesempatan mau kesana ah
     
  4. dankerzrazib

    dankerzrazib Member

    Joined:
    Sep 22, 2016
    Messages:
    75
    Likes Received:
    3
    Trophy Points:
    8
    mantap gan, selagi masih muda terus aja piknik.
    pas udah datang waktu sibuk mah susah malah dikira kurang piknik :p

    well, kalo lagi senggang ngapain aja nih?selain piknik..:D
    untuk menambah pulsa dan kantong agan,
    boleh klik dimari gan,
    cuma bermodalkan sosmed agan bisa nambah manfaat untuk hp dan kantong agan.
    daftar jadi buzzer untuk pengguna sosmed dan merchant untuk pelaku UMKM.
     
  5. rendika Iswandi

    rendika Iswandi Member

    Joined:
    Apr 13, 2016
    Messages:
    159
    Likes Received:
    19
    Trophy Points:
    18
Loading...

Share This Page