Penderita Anemia ; Segera Hindari Makanan Ini!

Discussion in 'Health & Medical' started by Aisy Nabilla, Apr 5, 2018.

  1. Aisy Nabilla

    Aisy Nabilla Member

    Joined:
    Sep 6, 2017
    Messages:
    35
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    8
    Anemia merupakan penyakit dimana penderitanya kekurangan hemoglobin di dalam tubuh. Mudah lesu, lelah dan sering pusing merupakan gejala dari penyakit yang satu ini. Bagi Anda yang menderita penyakit ini tentunya sering disarankan oleh dokter untuk mengonsumsi suplemen penambah darah atau mengonsumsi obat herbal tertentu.

    Sebenarnya, terdapat makanan tertentu yang harus Anda hindari, lho. Penderita anemia ; yuk, simak makanan yang harus Anda hindari berikut ini!

    1. Mie instan

    [​IMG]
    Anda termasuk orang yang gemar mengonsumsi mie instan? Memang makanan yang satu ini sangat menggiurkan, ya. Bagi Anda penderita anemia, seger hindari kebiasaan mengonsumsi mie instan ya. Pasalnya, tingginya kandungan zat pengawet dan perasa buatan dalam mi instan membuat makanan yang satu ini pantang dikonsumsi oleh penderita anemia. Selain rendah gizi dan serat, kebiasaan memakan mie instan juga terbukti dapat menghambat proses pengikatan nutrisi dalam tubuh. Inilah yang akhirnya membuat anemia Anda bertambah parah.

    2. Gorengan

    [​IMG]

    Selain dikenal murah, gorengan juga digemari banyak orang karena rasanya yang gurih dan lezat. Namun, tahukah Anda bahwa di balik kelezatannya, ternyata gorengan mengandung bahaya -terutama bagi para penderita anemia? Ya, karena diproses dengan cara digoreng (deep fried), makanan yang satu ini terbukti dapat memicu terhambatnya aliran darah, menurunkan kualitas keping darah merah, hingga meningkatkan kadar lemak jahat dalam tubuh. Mengerikan, bukan?

    3. Minuman beralkohol

    [​IMG]

    Pantangan anemia yang selanjutnya adalah minuman beralkohol. Nyatanya, asupan alkohol berlebih terbukti tidak hanya dapat menurunkan jumlah sel darah merah yang sehat, namun juga turut memicu penyumbatan aliran darah ke otak.

    4. Sayuran pahit

    [​IMG]

    Tentunya Anda tak heran dengan berbagai khasiat sayuran pahit seperti manfaat pare dan manfaat daun pepaya . Namun, bagi Anda penderita anemia sebaiknya hindari terlebih dahulu sayuran pahit ini, ya. Penyebabnya tidak lain karena konsumsi sayuran tadi malah akan membuat energi tubuh menurun. Dampaknya, Anda akan semakin merasa lemah dan lesu.

    5. Makanan bercita rasa masam

    [​IMG]

    Selain meningkatkan risiko kambuhnya penyakit maag, konsumsi makanan bercita rasa masam -seperti cuka, nanas, mangga muda, dll- terbukti dapat menurunkan nafsu makan. Jika hal ini dibiarkan terus belanjut, maka tubuh akan kekurangan asupan zat besi yang notabene merupakan salah satu zat penting dalam pembentukan sel darah merah yang sehat.


    Itu tadi 7 makanan yang harus dihindari oleh penderita anemia. Semoga bermanfaat!
     
  2. Amilashaliha

    Amilashaliha Member

    Joined:
    Apr 10, 2017
    Messages:
    211
    Likes Received:
    27
    Trophy Points:
    28
  3. insyirah.hadi01

    insyirah.hadi01 Member

    Joined:
    Mar 21, 2018
    Messages:
    85
    Likes Received:
    6
    Trophy Points:
    8
    lah ane baru tau kalo penderita anemia ga boleh makan gorengan
     
Loading...

Share This Page